Memakai Baju Batik

Dalam perjalanan menuju ke kantor kami melihat siswa-siswi, karyawan-karyawati negeri maupun swasta memakai baju batik, menurut salah satu ibu guru yang sempat kami tanya beliau mengatakan kalau ini dalam rangka batik Indonesia diakui sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO.

Kami karyawan di Universitas Negeri Malang memakai baju batik pada setiap hari jumat dan sudah berlangsung lama lebih dari lima tahun yang lalu mungkin sejak ada kesadaran penggunaan produksi dalam negeri.

Ketika PKPT mahasiswa baru UM, ada beberapa fakultas yang mewajibkan maba memakai baju batik, nah berarti selama ini warga Kampus UM sudah turut  melestarikan warisan budaya luhur bangsa Indonesia.

11 tanggapan untuk “Memakai Baju Batik

  1. Jika pagi hari Jum’at dan Sabtu lihat ke Jalan Gede, mereka dah wajib pake batik bahkan sebelum tahun 1993. Itu sekolah bermurid mayoritas (maaf) nonpri, apa ga malu?

  2. saya sangat setuju sekali, tiap haripun juga gak ada masalah….karena dg cara inilah kita akan mencintai dan memakai asli produk indonesia.

  3. bagus sekali idenya , selayaknyalah kita melestarikan batik Indonesia, kalau bisa bukan hanya dosen atau pegainya saja yang pakai batik di UM pada hari jum’at kalau bisa mahasiswanya juga pakai batik, supaya mereka juga mencintai dan melestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia

  4. Pada hari Jumat, 9 Oktober 2009, tulisan “Memakai Baju Batik” disertai dengan 4 komentar yang pertama (obi s.d. dian) telah dicetak dan disampaikan pada Prof. Suparno, Rektor UM.

  5. Disosialisasikan aja pemakaian batik tiap hari Jum’at untuk seluruh civitas UM.
    Biar kompak begitu.
    Untuk batiknya sendiri bisa beli model terbaru atau pesan ke Jurusan Tata Busana.

  6. ehmmmm….q setuju banget klo kita kuliah pakai batik…selain ikut melestarikan n bangga,so kita juga bisa cari inspirasi…..khususnya buat temen2 tata busana dengan semakin banyak model n motif batik yang dipakai temen2, temen2 TI (TaBus) bisa mengembangkan ide2 untuk membuat suatu karya yang bagus banget n di pamerkan dech……

  7. ia, saya setuju. jika kita semua warga um ikut melestarikan warisan tsb, termasuk bapak rektor terutama yang harus memberikan contoh secara kontinyu kpd semua warga UM sehingga lambat laun akan terbentuk karakteristik yg melestarikan kebudayaan batik di UM yg kita cintai.

  8. batik mmg wrisan kbudayaan indonesia….. jgn smp di klaim ngr lain….
    qt hrus mlstarikan batik tersebut… saya pny usulan ni,gmn klo rektor qt jg menginstruksikan agr mahasiswa stiap hri jum’at memakai batik.pasti tambah sip…..

Komentar ditutup.