syamsul

Syamsul hadi a.k.a marem

6 tanggapan untuk “Yuk Kita Hidupkan Forum UM

  1. @mbl1nk

    Wah ga tahu saya kalo sekarang dimoderasi segala. Soalnya saya daftar da lumayan lama. Waktu itu se ga ada sistem moderasi.

    Semoga dibaca oleh adminnya deh..

    dan semoga pula segera ada follow up ya..
    Jaya UM

  2. Mau join aja njlimet, masa harus dimoderatori. Untuk forum dengan user yang masih sedikit lebih baik memakai auto verify system di dalam e-mail. Ketika user setelah mendaftar kemudian mendapatkan balasan lalu bisa segera menulis dalam forum. Jika harus menunggu moderator akan membuat pendaftar baru tidak segera dapat menulis dihari itu juga kecuali admin sedang lembur mode on.
    Kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa juga relatif masih rendah*, lebih baik menggunakan template forum yang memiliki fitur Bahasa Indonesia.

    Trimakasih sebelumnya.

  3. @Johanis Rampisela

    Ya pak Jo, lain ladang memang lain belalang.. 🙂

    Alexa dan menurun lo pak sekarang terlihat 78607, dari 77987.

    Kalo boleh tahu apakah situs UM juga memakai analisis Google analytic, kalo misalkan ya.. di situ bisa dideteksi error 404 (page not found).. logikanya kalau banyak terdapat error page akan semakin memperburuk SEO dan trust di mata google, yahoo an the others.

    Akibatnya trafic yang datang ke UM akan didominasi oleh referal site atau Direct aja. Idealnya kunjungan unique visitor melalui search engine akan sangat memperbagus um.ac.id.

    kunjungan dari masyarakat dunia ke um.ac.id bisa dikatakan dari 2 aspek:
    1. Masyarakat internal UM
    2. masyarakat eksternal UM

    Masyarakat intern UM bisa digerakkan dengan propaganda yang selama ini sudah dan sedang digiatkan.

    Sedangkan mendatangkan pengunjung eksternal dibutuhkan off page dan on page yang optimal guna mendapatkan posisi dari keyword pada search engine. Sehingga jutaan informasi yang ada di website UM pun akhirnya bisa menjadi sasaran dari user-user yang haus akan informasi..

    walhasil, peringkat website pun secara otomatis akan terdongkrak naik.

    kalo berminat jadi administrator gimana ni pak caranya.

    terima kasih pak atas balasannya..

    salam

    syamsul

  4. Mungkin berlaku pepatah: “LAIN PADANG LAIN BELALANGNYA, LAIN LUBUK LAIN IKANNYA”. Situs Brawijaya tidak memberi fasilitas untuk memberi komentar sehingga Forum Brawijaya ramai. Situs UM membuka komentar untuk setiap subdomainnya sehingga Forum UM sepi. Mungkin subdomain-subdomain ini bisa dipandang sebagai “forum-forum kecil” di mana kita bisa berdiskusi.

    Kalau melihat perkembangan indikator Webometrics maka UM akan menempati peringkat yang lebih baik dari saat ini (31 Juli 2009: 13 Indonesia), sedangkan Brawijaya kelihatannya akan mundur peringkatnya (31 Juli 2009: 10 Indonesia).

    Kalau melihat perkembangan peringkat Alexa maka UM akan bergerak dari peringkat 77.973 ke peringkat 46.728. Brawijaya bergerak dari peringkat 30.272 ke peringkat 34.295.

    Kalau melihat kedua indikator ini dan nilai positif penambahan subdomain situs (disarankan oleh Isidro F. Aguillo, Cybermetrics Lab) maka arah yang sekarang kelihatannya sudah sesuai.

    Disisi lain, karena terbatasnya kemampuan SDM yang dimiliki UM, maka forum UM tidak dirawat. Apakah ada yang berniat menjadi administratornya? Jika ada yang berminat bergabung maka kami sangat berterima kasih.

Komentar ditutup.