Demokrasi ala Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM)

Demokrasi dalam sebuah negara Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi, karena banyak kegiatan demokrasi yang sudah terjadi dan sering kita saksikan. Namun bagaimana soal demokrasi di dalam Universitas? Mungkin jarang kita dengarkan, tetapi ada dan terjadi setiap akhir tahun. Dalam organisasi mahasiswa kita mengenal Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas, BEM Universitas, Dewan Mahasiswa Fakultas (DMF), dan DMF Universitas.

Jika di ibaratkan sebuah negara, organisasi mahasiswa ini sama dengan sebuah negara kecil yang sedang melaksanakan kegiatan demokrasi. Bagaimana dengan petugas KPU? Tentu ada, dan petugas KPU dilantik oleh Pimpinan Fakultas. Salah satu potret kegiatan demokrasi mahasiswa adalah di Fakultas Teknik UM yang dimana salah satu kegiatannya adalah penyampaian visi dan misi Calon Ketua dan Wakil BEM FT UM.


Contoh kegiatan diatas tidak hanya sebagai bentuk kegiatan politik, namun juga proses pembelajaran dan bekal bagi mahasiswa untuk terjun di masyarakat pada masa yang akan datang. Selamat berdemokrasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM).

Dedi Mukhlas

I Like Technology for Education | Master Konsultan Internet Pendidikan