[SELESAI] Sekuriti UM

Ada apa dengan sekuriti UM?

Banyak orang mengeluhkan tentang sikap mereka yang terkadang kurang ramah khususnya kepada mahasiswa.

Pertama masuk um saya pikir satpam di sini bakal ramah seperti yang saya temui di sma saya dulu, tapi ternyata tidak seperti itu, mereka malah terkesan seperti sok kuasa dan mengatur. Pada awalnya saya masih menghargai mereka, tapi lama-kelamaan tidak ada perubahan. Satu hal yang sangat tidak saya sukai adalah, ketika semua polisi tidur di UM dihilangkan, kemudian dipasang rambu-rambu, saya melihat ada orang yang mengendarai sepeda motor layaknya di sirkuit balap, dan orang tersebut mengenakan seragam bertuliskan “security” di punggungnya. Saya sangat menyayangkan hal itu.

Kalau boleh saya sedikit bandingkan dengan satpam di kampus lain rata-rata ramah dan paling tidak mereka tersenyum pada saat disapa oleh mahasiswa. Tetapi satpam di UM tidak tersenyum sedikitpun bahkan melihat kami mahasiswa. mungkin mereka lebih keras dari pada sekuriti di markas TNI.

Menurut saya itu mungkin saja terjadi karena sebagian mahasiswa memang kurang bisa menghargai satpam di sini, demikian juga sebaliknya. Maka marilah kita, mahasiswa, hargailah mereka satpam di kampus kita tercinta ini. kemudian bagi para satpam, hargailah juga kami mahasiswa UM ini.

Jika kita semua saling menghargai, tidak akan ada hal yang tidak nyaman di lingkungan UM ini.

3 tanggapan untuk “[SELESAI] Sekuriti UM

  1. Mungkin perlu penguatan dan penyegaran kembali tentang tugas pokok dan fungsi Satpam di UM. Memang agak sulit mengiplemnetasikan Satpam yang ramah, sopan, dan sekaligus tegas dalam menegakkan peraturan, tapi hemat kami perlu dicoba.

  2. Sehubungan dengan peningkatan pelayanan kepada publik dan pencitraan UM, memang SATPAM UM selain ada pelatihan keterampilan dalam melaksanakan tugas dalam bidang keamanan juga perlu diberikan keterampilan brand personality, dan keterampilan hubungan dengan masyarakat (humas), seperti: performance (penampilan) dalam berpakain dinas, keramahan, dan teknik berkomunikasi yang baik, karena Satpam sebagai ujung tombak dalam memberikan layanan komunikasi langsung kepada publik terdepan (saat tamu atau publik akan masuk ke UM). Oleh karena itu pimpinan pihak unit kerja terkait masukan ini perlu diimplementasikan. Semoga Satpam semakin disegani, ramah, murah senyum, dan profesional.

Komentar ditutup.