Saran untuk Forum UM

Setelah membaca tulisan dari Sdr. Syamsul yang berjudul “Yuk Kita Hidupkan Forum UM”, saya tergerak untuk memberikan saran yang mungkin dapat membantu untuk meningkatkan kiriman di forum UM. Sebelum penyampaian saran, saya ingin memberikan gambaran singkat mengenai forum UM.

Forum UM untuk kali pertama ada di internet pada 30 Oktober 2008 dengan alamat http://forum.um.ac.id. Saat ini (1 November 2009) , forum ini memiliki  57 anggota (anggota terakhir mendaftar pada 24 Juli 2009) dengan jumlah kiriman 192 buah dalam 29 topik diskusi.

Berdasarkan data di atas, forum UM masih dapat dikatakan sebagai forum yang sepi. Untuk itulah perlu adanya pembenahan forum supaya forum dapat menjadi agak ramai. Saran yang saya  ajukan (beberapa saran merupakan kesimpulan dari komentar yang ada) adalah sebagai berikut.

1. Penambahan Ruangan Forum
Saat ini forum UM hanya memiliki 6 ruang forum, yaitu: Situs UM, Open Source, Info Teknologi, Software, Hardware, Desain Grafis/Animasi. Keenam ruang forum yang sudah ada tersebut adalah forum yang berkaitan dengan TIK, padahal belum tentuk setiap anggota memiliki minat di bidang itu. Oleh karena itu, perlu adanya ruang forum lain –sesuai minat anggota– yang mendampingi ruang forum yang ada. Berhubung kita belum mengetahui minat anggota, maka sementara ini pihak adminitrator dapat membuat ruang bebas. Di ruang tersebut, anggota dapat berdiskusi apapun asal sopan. Dari diskusi-diskusi yang ada nantinya, kita dapat petakan untuk membuat ruangan baru.  

2. Pengangkatan Wakil Administrator
Berhubung administrator forum UM saat ini tidak hanya bertugas mengurusi forum UM, maka administrator perlu dibantu wakil administrator. Bila nantinya forum dapat berkembang dengan baik, perlu diangkat moderator.

3. Pemberian Izin Menulis untuk Tamu
Selama ini untuk membuat tulisan di forum, pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu. Sebaiknya pengunjung yang belum terdaftar diberi kesempatan pula untuk menulis di ruang-ruang tertentu karena bisa jadi mereka belum mengerti prosedur pendaftaran untuk menjadi anggota forum. Memang hal ini berisiko menimbulkan spam dalam forum, tapi spam dapat dibersihkan oleh administrator maupun moderator.

4. Penambahan Bahasa Indonesia
Saat ini petunjuk pada forum masih menggunakan bahasa Inggris. Sebaiknya pengguna forum diberi pilihan untuk menggunakan petunjuk dalam bahasa Indonesia. Untuk phpBB saya yakin sudah ada yang menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

5. Perubahan Tampilan
Tampilan forum yang menarik dapat mendorong pengunjung mengakses forum secara berkelanjutan. Akses yang berkelanjutan dapat membuat pengunjung tergoda untuk menulis di forum. Untuk mengetahui apakah tampilan sudah menarik dapat dibuat jajak pendapat kecil-kecilan di forum.

Demikianlah beberapa saran dari saya untuk forum UM. Semoga saran saya berguna untuk pengembangan forum UM.

Malang, 1 November 2009

Salam,
Michael

 

 

 

 

 

 

3 tanggapan untuk “Saran untuk Forum UM

Komentar ditutup.