Persaingan Bandwidth di Elektro

Setelah adanya kebijakan memblokir akses ke situs-situs jejaring sosial, you tube, ziddu, 4shared, megaupload, dan lain-lain saya cukup senang sekali karena akses internetnya jadi cukup lancar dan tidak mengganggu aktifitas download saya, dimana kegiatan download saya bisa mencapai 1-3Mbps.  Tetapi sejak bulan Oktober, saya merasa kecepatan akses internet saya menurun, kegiatan download saya rata-rata menjadi 30-60Kbps. Kemudian saya mencari tahu apa penyebabnya dengan berkeliling di sekitar area hotspot Elektro-TIK.

Setelah saya berkeliling, ternyata sudah banyak para pengguna di Elektro yang mengetahui cara mengakses situs-situs yang telah diblokir oleh PTIK (saya pikir cuma saya yang tahu, jadi kurahasiakan sedalam-dalamnya. Hehehe.. ^^V peace for P.Mul and P.Heru). Selain itu, jumlah laptop dan user online juga semakin banyak mengingat dari prodi Pendidikan Teknik Informatika, semua mahasiswa wajib punya laptop. Rata-rata banyaknya user yang online bisa mencapai 40 user lebih di setiap jamnya mulai pukul 07.30-16.00. Otomatis, akses internet jadi terasa lambat dan kebiasaan lama teman-teman muncul kembali, yaitu menggunakan software-software untuk menyerang IP user lain  dengan tujuan memperoleh bandwidth lebih besar. Bagaimana dengan kondisi di Fakultas/Jurusan lainnya ya? Apakah mengalami hal yang sama?

7 tanggapan untuk “Persaingan Bandwidth di Elektro

  1. Seperti apapun yang kita lakukan untuk membuat fasilitas dari UM ini bermanfaat AKAN SIA-SIA, jika…..masing-masing person dari kita sendiri masih belum mempunyai kesadaran untuk menggunakannya secara baik, baik disini mungkin menurut versi saya adalah (menggunakannya untuk memberikan sesuatu yang mempunyai nilai imbal balik yang positif untuk UM sendiri), sangat disayangkan apabila fasilitas ini masih disia-siakan untuk ini, itu saja.

    Perlu anda baca selengkapnya di http://www.fisika.um.ac.id/Blog-Fisika/Blog-Umum/Freehotspot-dari-UM-sudah-tepat-sasarankah.html

  2. Kalau semua mahasiswa turut menyumbangkan dana untuk BandWidth Internet kampus, kenapa harus ada “Yang kuat berkuasa dan yang lemah tertindas”,
    seharusnya di tiap Fakultas atau unit diberikan alokasi yang fix agar antar unit tidak saling mempengaruhi dan terpengaruhi.
    Misalnya jumlah di Fakultas “A” batasi saja BandWidth nya 1 MB, persoalan Fakultas lain “rakus” BandWidth ya biarkan saja, hal ini dengan tujuan agar Fakultas yang tidak bisa “mencuri” proteksi pemblokiran tidak ikut jadi korban para “pencuri” proteksi.
    Pengalaman saya selama ini selaku pengelola WebSite Fakultas, cukup kesulitan ketika meng-UpLoad data untuk WebSite Fakultas, akhirnya saya meng-UpLoad-nya Sore setelah jam Kantor (boros waktu).
    Jadi “Adil” bukan berarti pembagian yang sama rata (share), tapi seharusnya dialokasikan sesuai dengan proporsi jumlah pengguna dan kepentingannya.
    Terima kasih.

  3. Sebenarnya baik juga memberikan akses dengan bandwidth tertentu untuk tiap jurusan dengan memperhatikan jumlah pengguna. Tapi hal itu butuh pendalaman lebih lanjut mengingat kita semua adalah sama, yaitu warga UM yang hak-haknya juga sama. So ndak mau dunk lo’ aksesnya dibatasi dengan alasan-alasan yang belum disepakati bersama. Apalagi kalau ada yang mendapat akses “selancar” sampai ber”MegaBit-MegaBit”. temannya disisain apa???…
    think share…

  4. Seharusnya pembagian BANDWITH ke tiap-tiap jurusan memperhatikan jumlah maksimal pengakses di jurusan tersebut. Di elektro jumlah pengakses sangat banyak. Pada saat “rush hour” di ruang hotspot bisa mencapai 30an lebih laptop yang “online”. Semoga ini bisa dijadikan bahan masukan bagi pihak yang terkait.

  5. harap maklum … namanya aja gratis, segala cara ditempuh supaya dapat mencapai tujuan, nyedot bandwidth dll, mungkin kalo sudah punya akses sendiri di rumah/kos-kosan kondisi seperti ini tidak akan terjadi, he he he

    kalo sudah ada akses 24 jam yang bukan nebeng kampus, saya yakin pasti bingung sendiri apa yang mau didownload, karena ujung-ujungnya pasti mikir nambah kapasitas Harddsik, karena menurut pengalaman saya sendiri, dalam 1 malam saja 10-15Gb bisa didownload dengan mudah. Kalo 1 bulan berapa Giga?

Komentar ditutup.