Prasyarat PMDK UM

Ass.Wr.Wb. Panitia PMDK

Saya baca kembali beberapa prasyarat ikut PMDK Reguler UM tahun-tahun lalu “RANKING KELAS MINIMAL 25 % TERBAIK”. Apakah PMDK Reguler tahun ini juga mensyaratkan seperti itu? Dasarnya apa? Bgmn dengan SMAN 1 Malang yang “Favorit” apakah disamakan dengan SMA lain yang “TIDAK FAVORIT”? Mestinya UM punya ALAT SELEKSI sendiri yang bisa menjaring calon terbaik, jangan memangkas hak siswa begitu saja. Itu deklarasi yang tidak damai.
Sebelumnya saya haturkan Trima kasih atas penjelasaannya.

73 tanggapan untuk “Prasyarat PMDK UM

  1. Assalamualaikum………………………
    saya ingin tanya mengenai PMDK prestasi UM???
    mulai persyaratan hingga peluangnya???
    saya kan ingin ambil jurusan Pend.Ing berapa daya tampung untuk PMDK prestasi Pen.Ing??
    saya mohon dibalas secepatnya !!!!!!!Dvia_smiley@yahoo.com

  2. saya sam nak sma..
    mau nanya kalau ikut pmdk di um ambil jurusan di P. biologi selain harus 25% terbaik di kelas, apakah ada serangkaian tes lagi yang harus di ikuti oleh pserta yang memilih jurusan tersebut ? kalau ada apa saja serangkaian tes tersebut ?
    mohon di balas lewat email saya..

  3. RISA SISWA SMA.GMN ?IPK UM BRAPA?ADAKAH PELUANG KERJA SETELAH PASCA SARJANA NTAR ATAU MUNGKIN LANGSUNG JADI GURU STLAH TEST CPNS GT?BERIKAN INFORMASI TENTANG SARJANA PENDIDIKAN SELENGKAP LENGKAP NYA…..

  4. saya desita siswa sma. Saya berniat msuk k UM FMIPA lewat jalur PMDK, mw tanya daya tampung FMIPA yg fisika berapa ya? trus di brosur tu dijelaskan biaya awal masuk kuliah, pa tu sudah hrga mutlak? boleh gag kalau misalnya minta keringanan biaya?mhon sgra balas ke email sya, trimakasih sebelumnya…

  5. sya mau tnya…..bagaimana kl tdk mdpat pringkat dlm hal prestasi kokulikuler tetapi cuma peserta saja dan itu pun sudah dpt piagam……apa harus melampirkan srat ktrangan dari kepala skolah??..blas d email saya segera……

  6. sya mau tnya…..bagaimana kl tdk mdpat pringkat dlm hal prestasi kokulikuler tetapi cuma peserta saja dan itu pun sudah dpt piagam……apa harus melampirkan srat ktrangan dari kepala skolah??..

  7. Mohon informasi daya tampung setiap jurusan di Universitas Negeri Malang sehingga dapat menjadi pertimbangan Siswa kami. Trims

  8. 5apH saya mau tanya apakah g da cra lain wat PMDK mskipn g termasuk dlm 25% peringkat terbaik d klas???
    N lok da jurusan paja?
    thankz……….

  9. eHM…saya adalah salah satu siswa sma.saya ingin tanya.gmn syarat spesific jk msuk di teknik kimia melalui jalur pmdk?trimakasih..

  10. assalamu’alaikum…..
    maaf saya mega siswa sma. saya mau tanya apa saja sih yang harus disertakan klau mau ikut PMDK prestasi d’UM. mhon jwabannya

  11. askum………………………..
    gn sy seorg ank SMA yg insya Allah melnjtkn study d UM pi untk info seleksi mahasiswa baru 2010/2011 kq lom da yah.pa saya yang kurang tahu…………?

  12. syarat PMDK hrs t’masuk slah 1 25% t’baik di kls.
    seandainya tdk me2nuhi syarat tsbt, tpi punya sertifikat seni/OR tngkat prov,
    bgaimna kmungkinan ditrimanya? mksih.

  13. Assalamualaikum.
    Mw tnya nic, ktanya d UM persyaratan melampirkan piagam min.tingkt provinsi? Ap tdk ble menyertakan piagam tgkt kabupaten?

  14. mohon dijelaskan secara rinci jalur masuk um (pmdk), apakah asal sekolah tidak diperhitungkan? apakah harus memiliki prestasi lain selian 25% terbaik di kelas? apa saja yang diperhitungkan dalam pmdk?
    mohon dibalas ke email saya, terima kasih. smantaners

  15. saya ingin bertanya, bagaimana jika memiliki peringkat 25% terbaik di kelas,tetapi tidak memiliki prestasi di kabupaten?
    apakah bisa mengikuti PMDK UM?tapi memiliki beberapa sertifikan jurusan dari SMK?
    mohon balas ke email saya.terima kasih

  16. asalamualaikum

    saya mau tanya jika saya di SMA mengmbil jurusan IPA tapi saya ingin melanjutkan di um fak.sastra inggris..
    bisa nggak saya ikut jalUr PMDK?dan bagaimana persyaratan ,,,dan tesnya?

  17. mau tanya,
    PMDK UM 2010 di buka pendaftarannya??
    persyaratannya apa saja?
    kalau mau ambil jurusan pend. Bahasa inggris ada tesnya apa tidak??
    dan kalau ada pelaksanaannya kapan??

  18. bagaimana persyaratan pmdk prestasi di um? apakah harus memiliki prestasi lain selain peringkat 25% terbaik di kelas?kapan pmdk prestasi 2010 bi buka?
    mohon di balas ke email.terima kasih
    hari waluyo guru sma 3 darul ulum jombang/ alumni FE UM 2003

  19. maaf!!!!!!!!!!!!!!!mau tanya kira daya tampung pmdk um 2010 berapa!!!!tolong kirimin secepatnya!!!Melvin_namara@yahoo.com

  20. assalamualaikum…
    saya ingin bertanya,bagaimana persyaratan pmdk prestasi di um? apakah harus memiliki prestasi lain selain peringkat 25% terbaik di kelas?kapan pmdk prestasi 2010 bi buka?
    mohon di balas ke email.terima kasih
    mahardika rahmawati,siswa sman 2 pare kediri

  21. kapan siy info2 dr UM ad????????????
    kasi info yng lengkab donxs????????
    pmdk,snmptn,pendftaran kapan dibuka??????
    universitas yang laen az uda ngsi info yg lengkab…..
    masa UM lum siy…
    I NEED U UM,!!!!!!!!!!!!!!!

  22. ko’ lm bgt c info tntg pmdkx??? sy jg hfzh yg kmrn jg prnh krm e-mail. jgn lp ya krm info pmdkx scptx k almt sklh sy. n tlpn sklh sy (0372) 81211. please…… infox! trz q jg juara umum d sklh n juara OSN tgkt kab. n finalis tgkt prvns. bgmn dgn hal ini apa bs msk kualifks…..??? tlg jg krm infox kl bs d almt e-mail sy. key……!!!

  23. Assalamualaikum

    nama saya faizah.salah satu pelajar di MAN3 KEDIRI
    saya mw nanya tentang pmdk um,….syarat untuk mengikuti PMDK tu pa?N tolong pihak dari mahasiswa um berkunjung di man 3 kdri……..n bagaimana informasi beasiswa disana?apakah banyak peluang untuk mendapatkanya bagi kalangan yang pas-pasan?sebelumnya makasih……n mohon segera di balas.

  24. beh bisa gak tha ngasih syarat2 pmdk nya yg lbih LENGKAP

    aku budrek dewe buka web nya um lha gak da syarat2nya pmdk

  25. Betul ibu sekolah yang tidak mendapat undangan harus mengajukan permohonan dengan menyertakan profil sekolah. Atau dapat mengikuti jalur PMKB (Penelusuran Minat dan Kesempat Belajar) . Dalam jalur ini semua sekolah boleh mendaftar walaupun tidak mendapat undangan . Secara garis besar tentang ketentuan atau persyaratan dapat dilihat di web.Salam

    Mimin N

  26. Assalamu’alaikum Bu Mimin…
    Saya dosen FE mau bertanya bagaimana untuk sekolah di luar propinsi yang kualitasnya bagus dan siswanya berminat mendaftar PMDK akan tetapi sekolah tersebut tidak mendapat undangan dari UM? apakah sekolah tersebut harus mengirim surat permohonan agar mendapat undangan mengikuti seleksi PMDK. Terima kasih Bu Mimin.
    wassalam

  27. Saudara Michael jadwal penerimaan hahasiswa baru yang telah dilengkapi dengan garis besar persyaratan dan beberapa penjelasan sudah dimuat di web. Mohon yang ada di file saudara dapat diganti dengan yang baru ini.Salam

    Mimin Nurbintarti

  28. @Johanis Rampisela
    Bapak J.Rampisela yang baik.
    Kami setuju ide Bapak “penentuan level sekolah secara nasional dalam hal kemampuan siswa sebenarnya sudah bisa dilakukan pemerintah dengan mengumumkan rata-rata hasil yang dicapai oleh nilai ujian nasional siswa per sekolah.”. Berarti ada Level/perbedaan antar SLTA. Tapi kenapa yach UM kok memPRASYARATKAN ranking 25% terbaik di kelasnya untuk SEMUA SLTA/TIDAK DIBEDAKAN?. Mudah-mudahan tahun ini tidak begitu. Kalau Bapak bisa masuk di “Forum Panitia PMDK” tolong usulkan penghapusan prosentase itu dan silahkan diseleksi berdasarkan alat seleksi UM. Itu wewenang UM. Terimakasih Bapak

  29. Penjaringan PMDK di UM dilakukan dengan memboboti nilai rapor berdasar bidang studi dan juga bobot sekolah yang diperoleh dari pihak lain yang cukup kredibel (maaf saya tidak bisa menyebutkan apa kriteria dan lembaganya karena (masih) merupakan rahasia dapur). Kriteria bobot sekolah mampu membedakan sekolah yang bermutu dan tidak. Jadi jika ada dua sekolah memberi nilai 9 maka nilai ini akan ternormalisasi berdasar tingkat bobot sekolah masing-masing.

    Mulai tahun ini masih digodog metode baru pembobotan sekolah dengan memasukkan indikator formal yang dimiliki sekolah tersebut, misalnya tingkat akreditasi, status sekolah (SSN, RSBI, atau SBI), nilai UN, serta hasil belajar semester awal mahasiswa UM dari sekolah tersebut.

    Tentang pada kenyataannya hasil belajar PMDK lebih rendah mungkin ada faktor lain atau kasus khusus. Artinya kalau ada kasus seorang atau beberapa mahasiswa PMDK hasil belajarnya lebih rendah belum tentu digeneralisasi bahwa semua mahasiswa PMDK seperti itu.

    Yoyok Adisetio Laksono (Fisika UM)

  30. Rabu, 7 Januari 2010, saya menghadiri rapat yang menyangkut PMDK UM. Posisi 25% terbaik hanyalah salah satu persyaratan untuk bisa dipilih dan faktor sekolah favorit tentu akan dipertimbangkan.

    Saya teringat buku Daun-daun Berserakan yang berisi kumpulan karangan Andi Hakim Nasution yang saya baca 20 tahun yang lalu. Beliau adalah pencetus PMDK yang diterapkan di IPB Bogor. Menurut beliau PMDK berhasil di IPB dan rata-rata tidak berhasil di tempat lain karena namanya dipakai tetapi “roh”-nya tidak diterapkan. Salah satu syaratnya adalah mahasiswa PMDK harus diberi penyesuaian selama 2 semester barulah dikumpulkan dengan yang non-PMDK. Beliau berpendapat bahwa banyak mahasiswa PMDK memiliki bakat yang sangat baik tetapi belum diasah karena itu diasah barulah disejajarkan dengan mahasiswa lain. Prestasi-prestasi mahasiswa PMDK kemudian dijadikan bahan untuk pemeringkatan sekolah dan akan menentukan jumlah mahasiswa yang akan diterima dari sekolah tersebut untuk tahun berikutnya.

    Pemikiran tentang memeringkat sekolah dengan cara ini telah saya sampaikan beberapa bulan lalu pada saat berdiskusi dengan Subag PE. Pada rapat kemarin hal ini juga telah mulai dipertimbangkan.

    Ide: penentuan level sekolah secara nasional dalam hal kemampuan siswa sebenarnya sudah bisa dilakukan pemerintah dengan mengumumkan rata-rata hasil yang dicapai oleh nilai ujian nasional siswa per sekolah.

  31. Trima ksih Michael

    Itu hitungan matematika Mich. banyak orang sudah tahu kalo yang itu. Tapi, bagaimana dengan LEVEL SEKOLAH (misal SMAN1 yang diakui masy “SANGAT BERMUTU” yang salah satu faktor penentu masuknya UAN SMP yang SANGAT BAGUS) ? klo siswa rangking 26% ke bawah TIDAK BOLEH MENDAFTAR. Padahal seandainya dia masuk di SMA “KURANG BERMUTU” (swasta/negeri) bisa jadi ranking 1 Lho !!!! Maklum saya tidak tahu alat seleksi PMDK (hanya berdasarkan ranking kelas atau yang lain). Yang saya ingat pernah mendengar cerita dosen UM ternyata ngajar mhs PMDK lebih sulit drpd mhs SMPTN/UMPT yang nasional itu lho, hasil belajar mhs pmdk jauh kurang bagus drpa mhs SMPTN/UMPT. dan tidak ada korelasi signifikan antara ranking di SMA dengan hasil belajar di UM. mhn penjelasan yang bukan matematika (umar, lulusan ikip malang)

  32. jadi rangking di skolah gak jamin. buktinya saya dulu gak pernah dapet rangkink di sma, tapi IP ku slalu di atas “3 koma”.
    (mahasiswa FIK)

  33. Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru UM tahun 2010 dapat dilihat juga di pengumuman, terima kasih.

  34. Nama saya M.alfhi risyandi, siswa dari SMAN 1 KDG (kal-sel), saya mau nanya dan ingin membrikan saran. pertama, kapan ya PMDK UM diadakan, N tol0ng segera beritahu saya tentang waktu plaksanaan & syrt untuk ikut PMDK,
    saya ingin memberikn saran agar yg ikut PMDK tdk usah diliat dari ranking karena menurut saya itu tdk Efektif. . . Karena mungkin saja pihak yg brsngktan bisa melakkn penipuan,. . Dan saran saya lagi sebaiknya diliat dari Nilai rata-rata raport saja. . . .

  35. Assalamualaikum…
    Nama saya Ririn, siswa SMAN 3 KEDIRI..
    Saya mau tanya PMDK Universitas Negeri Malang tahun ini kapan akan dimulai?
    Dan apa saja syarat-syarat yang diajukan khususnya untuk jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA..
    Saya mohon adanya info ke sekolah saya mengenai PMDK Universitas Negeri Malang,sekian terimakasih..

  36. Assalamualaikum

    Saya Fitri Khaula Siswi SMA N 3 Jombang
    Saya mau tanya kalau persyaratan PMDK UM jurusan Ilmu Keolahragaan itu apa saja dan apabila mencantumkan piagam prestasi di bidang olahraga itu mempengaruhi apa tidak????Pendaftaran dibuka kapan,Formulir dapat ambil dimana????????

  37. namaq hafizah awalia. q sklh d SMAN 1 taliwang, ksb, NTB. q mau nx kpn c dlksnkn PMDK tuk periode 2010-2011. kl dah da ryax tlg dkbrn ya! trz pa ja prsyrtnx? kl dah ada infox tlg kbrkn k no tlpn sklh sya (o372)81211 n almtx d taliwang, ksb. truz oh ya…sya juga msk prgkt 3 bsr d sklh n apkh dgn prgkt trsbt sdh msk kualfks. n tlg krmkn no cp yg bs dhbngi tuk mslh ni???? trims ats bntwanx n tlg krm cpt infox!!!!!

  38. assalamu’alaikum…

    saya pelajar dari MAN 3 KOTA KEDIRI,
    saya mau tanya kapan pmdk 2010 akan dibuka? ,
    saya mohon undangan pmdk ke sekolah kami,
    makasih sebelumnya………

    saya tunggu balasannya..

    wassalamu’alaikum..

  39. saya mau tanya,apa persyaratan pmdk ad yg tidak boleh cacat fisik?trus bgaimana kalu pke nilai ujian nasional bukan pake rapor..tolong dijawab secpatny,,,trmakasih,sya tggu tiap hari blasany

  40. saya mau tanya apa pmdk itu ad persyaratan yg tdk menerimasiswa yg cacat fisik?trus klu pake hasil tes ujian nasional bsa gag?tolong dijwb secepatnya.terimakasih

  41. ass…
    apakah ada jalur pmdk berbeasiswa di um dan apa saja jurusannya?mohon balasanya..
    wass

  42. assalamu’alaikum
    saya siswi dari SMAN 1 Kandangan,
    PMDK UM dibukanya kapan ya?
    syaratnya apa saja?
    bisa gag kalau sekolah kami minta brosur dari UM?
    terima kasih, wassalamu’alaikum

  43. Ass. Wr. Wb saya siswi dari MAN I Tulungagung mau tanya kapan info PMDK UM dilaksanakan? kemudian jurusan apa saya yang membuka jalur PMDK? Sekaligus saya meminta info persyaratannya. terima kasih.
    Wass. Wr. Wb

  44. assalamualikum.
    persyaratan pmdk jur mipa bidang fisika tuh gmn?
    soalnya ada nilai matematika dan kimia pernah dapat 6.
    apa masih bisa kira2 ikut pmdk yg saya maksud td?

  45. Assalamualaikum.

    Saya dyah dari SMAN 8 Banjarmasin.
    Kapan pendftaran PMDK UM tahun 2010 dibuka?

    Bisakah sekolah kami dikirimkan undangan untuk mengikuti PMDK?

  46. @ivanary

    25% ranking kelas terbaik, menurut logika saya begini:

    Misalnya, dalam satu kelas ada 32 siswa:
    25% x 32 siswa = 8 siswa

    Jadi, 25% ranking kelas terbaik adalah siswa peringkat 1 sampai dengan 8 di kelasnya.

    Mohon koreksi dari Ibu Mimin bila saya salah.

    Salam,
    Michael (Mahasiswa FS UM)

    “Selamat Tahun Baru”

  47. persayaratan PMDK di UM menrut saya sudah bagus dibandingkan dengan universitas-universitas lain dengan jurusan atau fakultas yang sama////

  48. PMDK UM untuk geografi kapan dibukanya??? Persyaratannya apa aja???
    Geografi udah masuk fakultas Sosial khan….

  49. lwat jlur sistem online,,bgaimana proses pmbayarannya…..terimakasih..
    Rezha ( SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG )

  50. gimana y persyaratanya untk msk ke UM,,,,????
    KPN PMDK Di buka,,,???/
    25% mKSDX gMN,,,????

    TERIMA KASIH,,,,,

  51. Ass.wr.wb.
    kapan y jalur SBBM/PMDK di buka???trus syarat2 SBBM/PMDK thn ni gmn caranya???
    TRIMAKASIH SEBLMNYA….
    Wass.wr.wb.

  52. Penerimaan mahasiswa baru UM pada tahun 2010 ada beberapa jalur yaitu SBBM (Seleksi Beasiswa Bidik Misi), PMDK ( Penelusuran Minat dan Kemampuan), PMKB ( Penelusuran Minat dan Kesempatan Belajar, PPK ( Penelusuran Prestasi Khusus), SMNPTN dan jalur Seleksi Masuk Program Diploma dan Sarjana I dan II. Saudara bisa mengikuti jalur seleksi yang paling cocok dengan situasi dan kondisi saudara. Jadwal dan persyaratan masing-masing jalur seleksi dalam waktu dekat ini bisa dilihat di situs UM. Terimakasih, salam.

  53. kapan PMDK UM di buka ?
    apakah Formulir PMDK jga di kirim ke SMA.N 2 Muara Enim (SUMATRA SELATAN) ?
    misal PMDK UM telah dibuka apa saja persyaratan untk bisa Msk UM ?
    dan apa mksd dari “RANGKING KELAS MIN 25 % TERBAIK ?

    SEBELUMYA SAYA UCAPKAN MOHON MAAF ATAS BANYAK YA PERTANYAAN YG SAYA AJUKAN DAN SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH.

  54. Trima ksih Bu Mimim N (Kabag Pend. dan Kerj)

    Tapi, bagaimana dengan LEVEL SEKOLAH (misal SMAN1 yang diakui masy “SANGAT BERMUTU” yang salah satu faktor penentu masuknya UAN SMP yang SANGAT BAGUS) ? klo siswa rangking 26% ke bawah TIDAK BOLEH MENDAFTAR. Padahal seandainya dia masuk di SMA “KURANG BERMUTU” (swasta/negeri) bisa jadi ranking 1? Maklum saya tidak tahu alat seleksi PMDK (hanya berdasarkan ranking kelas atau yang lain). Yang saya ingat pernah mendengar cerita dosen UM ternyata ngajar mhs PMDK lebih sulit drpd mhs UMPTN, hasil belajar mhs pmdk jauh kurang bagus drpa mhs SNAMPTN. mhn penjelasan matur salangkong

  55. kapan info jlur pndaftaran pmdk dimulai. dan bagaimana dngan sistem online yg ada di UM.Terimakasih.. Rezha(pelajar SMA kelas XII IPA)

  56. bila tidak termasuk juara 3 besar kelas tapi nilainya di atas 75 gimana untuk masuk pmdk?trus klo g’ masuk pakek jalur apa?terutama fakultas sastra jurusan b.inggris??plis balezzzzz

  57. Waalaikumsalam.
    Persyaratan akademik untuk mendaftar PMDK UM tahun 2010 tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Salah satunya adalah pada kelas XII semester 1 siswa termasuk dalam peringkat 25% terbaik di kelas. Sedangkan untuk dapat diterima sebagai mahasiswa UM ada beberapa faktor yang menentukan antara lain nilai rapor,pilihan Program Studi, hasil tes uji ketrampilan/tes kusus dan keketaatan persaingan. Demikian penjelasan sementara yang bisa saya berikan, atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih. semoga anda termasuk salah satu calon yang sukses dalam mengikuti seleksi masuk UM. Terimakasih, salam.

    Mimin Nurbintarti ( Kabag Pendidikan dan Kerjasama )

Komentar ditutup.