Pendaftaran Matakuliah via Internet

Pertama.

Pendaftaran/Modifikasi MK di Fakultas Sastra berlangsung mulai tanggal 25–29 Januari 2010, pada awal dimulainya kegiatan tersebut (Senin) terjadi berjubelnya Mahasiswa di Lab Komputer (tempat pendaftaran MK berlangsung) dan trafic data ke server di PTIK demikian padat sehingga banyak yang gagal/bermasalah.

Setelah Agak siang ada pemberitahuan dari PTIK bahwa Pendaftaran/modifikasi MK bisa dilakukan lewat Internet (siakad.um.ac.id), semenjak itu antrian panjang (berjubel) tidak terjadi lagi di Lab Komputer karena mahasiswa bisa melakukan modifikasi dari manasaja via internet.

Saya sebagai petugas yang melayani kegiatan tersebut sangat lega, yang semula saya harus lari-lari melakukan cek jalur komunikasi data (FS-PTIK) karena banyaknya keluhan, pada hari kedua (selasa) saya agak santai.

Terima kasih PTIK, semoga sistem ini semakin dikembangkan dan sempurna.

Yang kedua

Pada tanggal 26 Januari 2010 saya mencoba mengakses situs UM, yang muncul adalah Account Suspended.

Apa yang sekiranya terjadi di WebHosting-nya?

Suspended

Mohon Informasinya, terima kasih

Fa’ul, Pegawai, Fakultas Sastra UM.

fa'ul

Kasubbag Tenaga Administrasi UM

21 tanggapan untuk “Pendaftaran Matakuliah via Internet

  1. Sblmnya trmh kasi kpd UM Yg tlh brubah dlm plyanan kpd mahsiswa, tp jujur klw difakults ekonomi meski ud ad via internet dlm sistm KRS msh ttp j bnyk matkul yg tdk dkluarkn shg skhir btas mdfksi KRS via internet shg hr brkutnya mdfikasinya lwt TU jd smw mhasiswa berjubel agr bs mmodif krs-nya dan tu jg ptgs TU yg mlayani sdkit shg bnyak mhsiswa yg tdk terlayani smpe kmren sorepun byk mhsiswa yg blem mendptkn matkul.. pokoknya ttp j kyk thun kmrn msh njlimet n ruwet.

  2. @Muhammad Arifin

    Kami sangat bahagia atas kemudahan-kemudahan yang dirasakan oleh mahasiswa/i karena adanya KRS Online. Mewakili para programmer, saya menyampaikan terima kasih atas penghargaan Sdr, sangat jarang mereka-mereka ini menerima pujian, biasanya hanya kritikan-kritikan atas kesalahan yang terjadi. Sekali lagi terima kasih.

  3. Sebelumnya terima kasih kpd um karena sudah memfasilitasi mahasiswa dlm pendaftaran matakuliah on line. Saya dan kawan2 lainnya udah bisa mendaftar di mana aja dan memudahkan kami sehingga kami tidak perlu mengantri lg di lab. komputer. Mksh UM…..!

  4. terima kasi atas kemudahannya…
    dengan adanya siakad.um.ac.id kami tidak harus berlama-lama mengantri hanya untuk memodifikasi jadwal MK baru…
    di mana saja kami dapat mengakses dengan mudah,.
    trs terang ini sangat membantu kami..
    apa Lagi FIK belum memiliki fasilitas ruang Komp untuk mengakses KHS maupun KRS..

  5. @Johanis Rampisela
    Membaca kalimat:

    “4. Enam bulan awal penyewaan dan pembuatan website UM didanai dari kantong pribadi sehingga tentu saja fasilitas yang dipilih disesuaikan.”

    Saya jadi heran, apa unit terkait “diam saja” dengan hal ini …????

  6. Eko Wahyu Setiawan :@michael investasi home server vs. VPS/dedicated server akan jauh lebih mahal karena 1 hal yg tidak bisa kita ingkari jika hidup di Indonesia: kapasitas bandwidth yang kita miliki.
    Beda jika kita pake dedicated server yang notabene sudah memiliki infrastruktur yang memadai.
    satu hal lagi, harap dibedakan antara IP dedicated yang diberikan oleh ISP (telkom, indosat, lintasarta) dengan IP dedicated yang diberikan oleh dedicated/virtual server provider.

    Memang ivestasi akan lebih besar, tapi kalau UM mampu mengapa tidak? Lebih baik dicoba dulu, kalau ITB bisa, UM saya yakin bisa 🙂 (optimistis)

  7. @michael
    investasi home server vs. VPS/dedicated server akan jauh lebih mahal karena 1 hal yg tidak bisa kita ingkari jika hidup di Indonesia: kapasitas bandwidth yang kita miliki.

    Beda jika kita pake dedicated server yang notabene sudah memiliki infrastruktur yang memadai.

    satu hal lagi, harap dibedakan antara IP dedicated yang diberikan oleh ISP (telkom, indosat, lintasarta) dengan IP dedicated yang diberikan oleh dedicated/virtual server provider.

    @Johanis Rampisela

    Pak Jo, memang semuanya butuh proses, tetapi proses ini kan juga menentukan penyelarasan antara pengembangan dan infrastruktur. Sehingga tindakan antisipatif dan preventif bisa dilakukan jauh sebelumnya.

    Saya rasa terms of service ini berlaku bagi semua shared hosting (berdasarkan yang saya alami sendiri sejak tahun 2007). Hostmonster, bluehost, hostgator, dll., semua menerapkan kebijakan yang sama. Ini saya ketahui pada saat dulu belajar main leecher, image hosting dan file hosting. Intinya untuk kebutuhan transaksi upload/download file, pasti akan melanggar TOS shared hosting.

    Belum lagi dengan istilah yang dikenal dengan “overselling” yang merupakan marketing gimmick saja, yakni perbedaan yang cukup signifikan antara yang ditawarkan oleh provider hosting dengan realita di lapangan.

    Mungkin webhostingtalk bisa dilirik sebentar, biar ada gambaran tentang bisnis perhostingan dengan segala macam trik trik marketingnya.

    Tapi terlepas dari semua itu, semua ini masih manusiawi, lha wong epson dan nokia saja pernah disuspend juga koq, he he he …

    Tetap semangat dan terus berkarya !!

    (semoga tidak spam lagi)
    ekowahyu
    fs-um

  8. @michael
    IP yang tidak dedicated berarti digunakan oleh banyak penyewa pada server yang sama. Jika dedicated maka hanya digunakan untuk situs tertentu sehingga akan bisa melayani lebih baik. IP dedicated memang juga direncanakan untuk memasang SSL untuk keperluan pendaftaran online, KKN Online, KHS online, dan KRS online.
    Terima kasih.

  9. Johanis Rampisela :
    @Yoyok Adisetio Laksono
    1. Beberapa bulan yang lalu, IP um.ac.id sudah dibuat dedicated, dan bandwidth server masih sangat banyak sisanya, sehingga untuk saat ini belum perlu dibuat beberapa host.

    Setelah saya membaca beberapa lama tentang IP dedicated, tampaknya IP dedicated tidak diperlukan untuk situs um.ac.id.
    Kegunaan IP dedicated hanya untuk hal berikut:
    – Memasang SSL Privat (Dibutuhkan untuk web toko online yang menerima kartu kredit, banking, dan web sejenis)
    – Mengizinkan FTP anonim
    – Ingin mengakses situs tanpa domain.

    Solusi terbaik memang seluruh data dipindah ke lokal (mengingat UM sudah memilikinya). Solusi lain adalah sewa VPS atau dedicated server (tapi hal ini mubadzir, analoginya sudah punya rumah sendiri, mau kontrak di tempat lain 🙂 )

    Salam,
    Michael
    (Mahasiswa FS UM)

  10. @Eko Wahyu Setiawan

    Mungkin Sdr perlu mengetahui lebih rinci beberapa hal sebelum menyatakan
    “plus, kalau dibaca dengan cermat terms of service semua hosting yang menawarkan layanan dengan embel-embel “UNLMITED” kejadian suspend seperti ini tidak akan terjadi.”

    Hal tersebut sebagai berikut:
    1. Pada awal kami akan membuat sebagai hosting perguruan tinggi, kami sdh berkonsultasi dengan webhosting dan mereka mengatakan tidak masalah dan bisa dipakai. Termasuk permintaan kami untuk menambah email lebih besar dari 5.000 akun.

    2. Pasal 7 ayat 3 yang Sdr baca saat ini, itu sudah diubah, bukan seperti bunyinya 1-2 tahun yang lalu. Ayat tersebut memang diubah oleh mereka setelah kasus, percakapan, dan protes kami pada mereka.

    3. Sudah dicoba untuk meminta fasilitas yang dedicated pada webhosting tetapi mereka tidak bisa menyediakan. Mereka mengatakan sebaiknya membuat hosting sendiri. Kami juga tidak ingin pindah ke hosting lain lagi, melainkan menunggu pindah ke hosting UM sendiri.

    4. Enam bulan awal penyewaan dan pembuatan website UM didanai dari kantong pribadi sehingga tentu saja fasilitas yang dipilih disesuaikan.

    Terima kasih.

  11. Eko Wahyu Setiawan :
    kayaknya kalo IPnya aja yg dedicated masih ada kemungkinan untuk suspend… kecuali semua servernya sudah dedicated…
    ekowahyu
    fs-um

    plus, sebenarnya kalau dibaca dengan cermat terms of service semua hosting yang menawarkan layanan dengan embel-embel “UNLMITED” kejadian suspend seperti ini tidak akan terjadi.

    terutama pasal 7 ayat 3 pada terms of service hostmonster yang berbunyi:

    03. Unlimited Hosting Space.
    HostMonster.Com does not set arbitrary limits on the amount of disk space a Subscriber can use for the Subscriber’s website, nor does HostMonster.Com charge additional fees based on an increased amount of storage used, provided the Subscriber’s use of storage complies with these Terms. Please note, however, that the HostMonster.Com service is designed to host websites. HostMonster.Com does NOT provide unlimited space for online storage, backups, or archiving of electronic files, documents, log files, etc., and any such prohibited use of the Services will result in the termination of Subscriber’s account, with or without notice. Accounts with excessive number of files negatively affect the performance of the server and HostMonster.Com may request that the number of files be reduced to ensure proper performance.

    Dan jangan lupa pula, CPU usage, memory usage, jumlah nodes dan sebagainya, semuanya membuat kata “UNLIMITED” menjadi tidak berlaku lagi….

    Beda jika yang digunakan adalah server dedicated (yg otomatis jauh lebih mahal daripada shared hosting), berapa kapasitas yang tertulis dapat digunakan semaksimal mungkin sesuai dengan yang ada pada spesifikasi.

    (maaf pake quote, ga bisa edit komentar soalnya)

    ekowahyu
    fs-um

  12. Saya dukung untuk host sendiri, biar tidak tergantung dengan pihak lain. Usul juga libatkan mahasiswa yang berminat untuk ikut menangani hal-hal teknis. Mereka biasanya tahan banting untuk lembur berhari-hari. Selain itu bisa memberi nilai tambah bagi mahasiswa.

    Saya ingat waktu puskom baru berdiri sebagai mahasiswa entah bagaimana dulu saya bisa ikut bantu-bantu dan sampai tidur di puskom. Waktu itu Kapuskomnya alm. P Lukman Hakim.

  13. @Yoyok Adisetio Laksono
    1. Beberapa bulan yang lalu, IP um.ac.id sudah dibuat dedicated, dan bandwidth server masih sangat banyak sisanya, sehingga untuk saat ini belum perlu dibuat beberapa host.

    2. Pembuatan host sendiri sudah dirintis sejak beberapa bulan lalu. Sebagian besar subdomain sudah dipindahkan ke host sendiri (servernya di kampus UM). Tinggal menunggu induknya dan email untuk migrasi ke host sendiri.

    Terima kasih.

  14. Saya usul

    (1) khusus untuk KRS dihost ke tempat lain tanpa domain, mungkin per fakultas punya host sendiri-sendiri sehingga bandwidth tidak menumpuk pada satu tempat.

    (2) membangun host sendiri sehingga tidak tergantung dengan orang lain. Saya ingat ITS dulu host sendiri walau awalnya lambat dan pelaksana admin mulai dari web server, firewall, dan lain-lain dilakukan oleh mahasiswa.

  15. UM.AC.ID suspended namun sejumlah subdomain yang sudah dilokalkan tetap berfungsi misalnya http://siakad.um.ac.id, fe.um.ac.id, carahidup.um.ac.id, musik.um.ac.id, software.um.ac.id, dll. Selama ini sudah semakin banyak yang dipindahkan ke server UM. TERIMA KASIH ATAS DUKUNGANNYA, PAK FA’UL.

  16. Untuk situs UM yang suspended hari ini disebabkan adanya masalah dengan batasan jumlah file di hosting. sudah kami atasi dengan melakukan migrasi beberapa subdomain untuk mengurangi jumlah file di server.

    Terima kasih

Komentar ditutup.