Saran Untuk meng-online-kan Hasil Pelatihan Workshop Pengembangan Website

Workshop Pengembangan Web Based Learning di LP3 UM

29 April 2009

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar kegiatan Workshop Pengembangan Web Based Learning Tahap II. Kegiatan tersebut berlangsung Selasa, 28 s.d 30 April 2009. …

Selengkapnya baca di http://um.ac.id/news/2009/04/155/ dan http://berkarya.um.ac.id/2009/04/

Seingat saya UM masih mengejar Webometric dan UM punya gudang data yang demikian melimpah dan sampai saat ini berupaya untuk memperkaya website.

Kembali lagi

Dengan adanya pelatihan yang diikuti lebih dari 50 dosen yang ikut serta ambil bagian.. menghasilkan kurang lebih 50 website para dosen yang siap online..

Mengapa tidak online sampai sekarang?

Padahal UKM digalakkan untuk membuat blog, Nah yang siap diupload ko ga diupload?

Ada apa? kan hampir 1 tahun

Bukannya kalau diupload malah akan semakin memantapkan posisi di webo?

Padahal kalo saya hitung sekitar 50 dosen yang bisa menyelesaikan blognya.

Saya juga sampai kemarin masih ditanya: “Mana pak hasilnya kok belum online?”

Bayangkan 50 blog dosen….

(seingat saya Pak Jo juga menjadi pemateri di pelatihan tersebut)

Syamsul Hadi

Alumni Sastra

syamsul

Syamsul hadi a.k.a marem

8 tanggapan untuk “Saran Untuk meng-online-kan Hasil Pelatihan Workshop Pengembangan Website

  1. @zainal
    UM TIDAK MENGEJAR PERINGKAT WEBOMETRICS.

    UM setuju dengan inisiatif Webometrics yaitu Open Access Inisiative. Inisiatif ini menginginkan agar perguruan tinggi membuka diri dan memberikan informasi kepada masyarakat melalui websitenya.

    UM berusaha melakukan hal tersebut dengan mengisi website UM dengan informasi tentang skripsi, tesis, disertasi, pidato guru besar, berita-berita, pengumuman-pengumuman, dll. Webometrics kemudian mengadakan pemeringkatan PT berdasarkan indikator yang diperoleh dari website. Hasil pemeringkatan Webometrics merupakan ukuran bagi UM, sejauh mana UM telah melakukan anjuran Webometrics tentang Open Access Initiative.

    Terima kasih.

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

  2. @Muladi
    Salam
    Terima kasih atas tanggapannya pak. Mohon dimengerti kalau muncul tulisan ini. Semata karena saya ingin memperkaya website UM dengan keberadaan website para dosen yang belum terupload. Mengapa karena saya sendiri ikut membantu penyelesaian dari website para Bapak/Ibu dosen.
    Akhirnya adalah dengan keberadaan website tersebut bisa memperkaya website induk (http://um.ac.id)
    Kalaupun terjadi kerancuan apakah akan diikutkan di LP3 (yeng berdiri sendiri), saya kurang tahu pastinya. Tapi merujuk master itu diserahkan ke TIK tentunya akan diikutkan di http://um.ac.id

  3. Salam,

    Hasil workshop sudah diserahkan ke Pusat TIK namun baru bisa di-upload beberapa saat yang lalu. Kenapa lama sekali? Salah satunya karena situs LP3 di luar situs UM sehingga perlu diperjelas pengelolaannya dan pengelolanya. Upload sudah dilakukan sejak beberapa minggu yang lalu dan prosesnya sedang berlangsung. Lihat di pusatbelajar.um.ac.id. Terimakasih.

    Terimakasih.
    Muladi
    Kepala Pusat TIK

  4. Yang saya maksud ditawarkan ke LP3 adalah hasil pekerjaan Bapak/Ibu dosen seperti yang Pak Syamsul maksudkan. Jika memang masternya sudah diserahkan ke Pusat TIK, saya belum dapat kabar. Nanti saya periksa karena seharusnya melalui Ketua Divisi Perangkat Lunak.

  5. Bukan yang itu pak..
    Hasil kerjaan para Bapak/Ibu Dosen yang siap dionlinekan, misalnya menjadi:
    Namadosen.um.ac.id
    kan masternya sudah diserahkan ke TIK?

    Kalo masalah pemindahan itu mudah saja pak, yang terpenting kan para Bapak/Ibu dosen segera bisa mempunyai blog yang sudah mereka desain. Plus, UM juga otomatis mempunyai subdomain sebanyak jumlah dosen yang menyerahkan hasil kerjaannya..

  6. Sewaktu pelatihan sudah ditawarkan ke LP3 untuk menempatkannya di website UM tetapi sampai saat ini belum ada perkembangan.

    LP3 juga sudah membuat website baru di luar http://um.ac.id. Sayang sekali bahwa karya resmi UM disimpan bukan di website UM. Mudah-mudahan LP3 segera migrasi ke website UM.

Komentar ditutup.