Beranda > 1-Informasi > TANYA-JAWAB SNMPTN 2010

TANYA-JAWAB SNMPTN 2010

30/04/2010

Tanya-jawab SNMPTN 2010

  1. Kapankah pendaftaran SNMPTN Tahun 2010 dimulai?
    Pendaftaran Bagi lulusan tahun 2008, 2009, dan Ujian Nasional Utama 2010, pendaftaran secara online dilaksanakan mulai tanggal 2 Mei 2010 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 31 Mei 2010 pukul 16.00 WIB. Bagi lulusan Ujian Nasional Ulangan tahun 2010, pendaftaran online dilaksanakan mulai tanggal 10 Juni 2010 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal  12 Juni 2010 pukul 16.00 WIB. Bagi lulusan tahun 2008 dan 2009 dianjurkan mendaftar tanggal 2 – 12 Mei 2010.
  2. Bagaimana mekanisme pembayaran SNMPTN 2010?
    Calon peserta membayar biaya ujian melalui Loket/ATM/Internet Banking Bank Mandiri dengan membawa kartu identitas calon peserta yang berupa salah satu dari: KTP/ SIM/ Paspor  Indonesia/ Kartu Keluarga/ Kartu Pelajar. Khusus bagi yang menggunakan paspor sebagai identitas diri, pembayaran hanya dapat dilakukan melalui Loket atau Internet Banking. Pembayararan dapat dilakukan mulai tanggal 2 Mei 2010. Ketika melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan nomor kartu identitas calon peserta dan memilih kelompok ujian yang dikehendaki (IPA/IPS/IPC).
  3. Jika saya ingin melakukan pembayaran biaya pendaftaran SNMPTN 2010 melalui ATM atau Internet Banking, berapa nomor rekening Bank Mandiri? Bagaimana prosedur pembayaran jika saya ingin membayar melalui kantor cabang?
    Mekanisme pembayaran uang pendaftaran SNMPTN sama halnya dengan proses pembayaran tagihan listrik, telepon, internet, dan lain-lain secara online melalui bank. Untuk membayar uang pendaftaran, anda tinggal datang ke ATM atau kantor cabang Bank Mandiri dan mengikuti prosedur pembayaran yang ada, atau anda juga bisa melakukan pembayaran melalui internet banking Bank Mandiri. Prosedur demikian tidak memerlukan informasi nomor rekening.
    Tatacara pembayaran langsung di Bank Mandiri :
    (1) Peserta datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat;
    (2)Mengisi Nama, Nomor Identitas, kelompok ujian, nomor telepon rumah/ HP dalam formulir FFO 079 (formulir setoran, transfer, kliring, dan collection form);
    (3) Membayar biaya mengikuti ujian kepada teller sesuai dengan kelompok ujiannya; dan
    (4) Menerima Bukti pembayaran yang berisi  nomor identitas dan PIN SNMPTN.
  4. Bagaimana mekanisme pendaftaran SNMPTN 2010?
    Pendaftaran secara online dilakukan melalui internet dari manapun melalui website di http://www.snmptn.ac.id. Tutorial tatacara pendaftaran dapat diunduh (download) melalui website SNMPTN 2010 mulai tanggal 17 April 2010.
  5. Apakah pendaftaran SNMPTN 2010 dapat dilakukan selain melalui mekanisme online?
    Pendaftaran SNMPTN 2010 hanya dapat secara online.
  6. Apakah siswa lulusan sebelum tahun 2008 (2007, 2006, 2005, dst) dapat mengikuti SNMPTN Tahun 2010?
    Salah satu persyaratan mengikuti SNMPTN 2010 adalah lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2008, 2009 dan 2010. Jika anda lulus sebelum tahun 2008 (2007, 2006, 2005, dst) berarti anda tidak diperkenankan mengikuti SNMPTN 2010.
  7. Apakah ada program BMU (Beasiswa Mengikuti Ujian) pada SNMPTN 2010 ini?
    Bantuan Mengikuti Ujian (BMU) bagi peserta SNMPTN 2010 tidak ada lagi, karena dana bantuan tersebut sudah dialihkan dalam program Kemendiknas yang lain yaitu Beasiswa Bidik Misi 2010 yang mempunyai tujuan yang sama untuk membantu calon mahasiswa berprestasi yang tidak mampu. Mengenai prosedur dan persyaratan Beasiswa Bidik Misi dapat ditanyakan melalui SLTA masing-masing atau dapat mengunjungi situs :
    http://www.depdiknas.go.id/content.php?content=file_download&linkname=Beasiswa%20BIDIK%20MISI%20&id_cat=20100111153712.
  8. Apakah siswa yang pada saat di SMA berada di jurusan IPA bisa mengikuti SNMPTN dengan mengambil kelompok ujian IPS atau IPC atau sebaliknya?
    Setiap peserta dapat mengikuti kelompok Ujian IPA, IPS atau IPC, dan tidak harus sesuai dengan jurusan SMA/MA/SMK/MAK yang bersangkutan.
  9. Apakah siswa lulusan dari sekolah Internasional atau home schooling dapat mengikuti SNMPTN 2010? Bagaimana dengan Paket C?
    Salah satu persyaratan mengikuti SNMPTN 2010 adalah lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2008, 2009 dan 2010. Dengan demikian lulusan sekolah internacional dan yang setara dapat mengikuti SNMPTN 2010 dengan syarat telah lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Bagi yang mengikuti Program Paket C dapat mengikuti SNMPTN 2010 namun namun nanti pada saat ujian anda harus membawa rapor SMA dari Kelas 1-3.
  10. Bagaimana tata cara memilih program studi? Apakah dimungkinkan untuk memilih program studi di wilayah yang berbeda dari tempat tinggal? Apakah tempat ujian merupakan criteria penerimaan mahasiswa baru?
    Peserta ujian dapat memilih program studi di setiap PTN di luar wilayah tempat peserta melakukan pendaftaran (lintas wilayah). Tempat ujian bukan merupakan kriteria penerimaan, sehingga peserta ujian tidak perlu mengikuti ujian di tempat program studi atau Universitas yang menjadi pilihannya. Peserta dapat memilih tempat ujian yang terdekat.

    Tata cara pemilihan program studi adalah sebagai berikut : program studi di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu program studi kelompok IPA dan IPS. Setiap peserta kelompok ujian IPA harus memilih maksimal dua program studi kelompok IPA. Setiap peserta kelompok ujian IPS harus memilih maksimal dua program studi kelompok IPS. Setiap peserta kelompok ujian IPC dapat memilih maksimal tiga program studi dengan syarat : minimal satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS. Urutan pilihan program studi merupakan prioritas pilihan. Peserta yang memilih hanya satu program studi, diperbolehkan memilih program studi dari PTN di wilayah manapun. Peserta yang memilih dua program studi atau lebih, salah satu program studi yang dipilih harus program studi dari PTN yang berada dalam wilayah tempat peserta melakukan pendaftaran (Wilayah I, II, III, atau IV). Pilihan program studi yang lain boleh dipilih dari PTN di wilayah lain.

  11. Apakah lokasi ujian SNMPTN di wilayah yang berbeda dengan program studi/universitas pilihan?
    Lokasi ujian SNMPTN dapat berbeda dengan program studi/universitas pilihan.
  12. Daftar program studi beserta kodenya? Apakah terdapat informasi passing grade masing-masing program studi?
    Daya tampung dan jumlah peminat program studi dari semua PTN dapat dilihat di website SNMPTN: http://www.snmptn.ac.id. Informasi passing grade tidak dapat diberikan karena menjadi kewenangan dan kerahasiaan masing-masing PTN.
  13. Kapankah waktu pelaksanaan ujian SNMPTN 2010?
    Ujian Tulis meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 16 dan 17 Juni 2010. Sementara, Ujian keterampilan dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Juni 2010 oleh perguruan tinggi yang mempunyai program studi keolahragaan dan atau kesenian.
  14. Apa saja yang diujikan dalam pelaksanaan SNMPTN 2010?
    Jenis ujian pada SNMPTN 2010 dibedakan menjadi dua jenis yaitu ujian tulis dan ujian ketrampilan. Ujian Tulis meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) yang meliputi :

    1. Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
    2. Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.
    3. Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
  15. Salah satu materi yang diujikan adalah Ujian Ketrampilan? Bagaimana bentuk ujian ketrampilan dan mekanisme pendaftarannya?
    Peserta ujian yang memilih program studi Keolahragaan dan/atau program studi Kesenian diwajibkan mengikuti Ujian Keterampilan. Peserta Ujian Keterampilan dapat mengikuti ujian di PTN yang menjadi pilihannya atau dapat mengikuti ujian di PTN terdekat yang menyelenggarakan Ujian Keterampilan yang sama dengan program studi di PTN yang menjadi pilihannya. Pelaksanaan Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Juni 2010, di setiap PTN yang memiliki program studi Keolahragaan dan/atau program studi Kesenian. Biaya Ujian Keterampilan sebesar Rp.150.000,00 per peserta per ujian ditanggung oleh peserta dan dibayarkan kepada PTN yang melaksanakan Ujian Keterampilan tersebut. Peserta yang memilih dua program studi Keolahragaan dan program studi Kesenian diwajibkan mengikuti ujian keterampilan di kedua program studi tersebut.
  16. Bagaimana caranya untuk mendapat buku panduan peserta dan tutorial pendaftaran SNMPTN 2010?
    Buku panduan peserta dan tutorial pendaftaran SNMPTN 2010 dapat diunduh (download) pada www.snmptn.ac.id.
  17. Bagaimana cara untuk mengetahui informasi lokasi/tempat ujian SNMPTN 2010?
    Informasi lokasi/tempat ujian SNMPTN 2010 akan diberikan pada saat melakukan proses pendaftaran online. Informasi lokasi/tempat ujian yang lebih detil (lokasi, sektor, dan ruangan) juga akan tercetak pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran. Anda juga dapat menghubungi Panitia Lokal terdekat untuk mengetahui informasi lokasi/tempat ujian yang lebih jelas.
  18. Kapan hasil ujian SNMPTN 2010 akan diumumkan?
    Hasil ujian SNMPTN 2010 diumumkan melalui website http://www.snmptn.ac.id.  dapat diakses mulai pukul 00.00 tanggal 17 Juli 2010. Apabila terjadi perubahan tanggal pengumuman akan diberitahukan melalui website dan/atau media massa.


SILAHKAN BERTANYA


MELALUI KOMENTAR PADA TULISAN INI

Kategori:1-Informasi Tag
  1. Okky Muharam
    03/06/2010 pada 19:08 | #1

    Pak….saya salah memasukan foto….apa bsa dganti??

  2. Johanis Rampisela
    02/06/2010 pada 18:03 | #2

    PENGUMUMAN PESERTA YANG MINTA BANTUAN DAN HASILNYA
    1. Nama: Izatun Fauzia Tamrin sudah diperbaiki menjadi Izatun Fauziah Tamrin
    2. Nama: WILLY FITRA HEDRIA sudah diperbaiki menjadi WILLY FITRA HENDRIA
    3. Nama: situ nur aziezah syabani sudah diperbaiki menjadi SITI NUR AZIEZAH SYABANI
    4. Nama: Dzul Fahmi Adib silahkan login dan ubah Lokasi ke Malang (Wilayah III)
    5. NOMOR IDENTITAS Dony Imanta Ginting tidak bisa diganti.
    6. NOMOR IDENTITAS ANGGA FAHELLA tidak bisa diganti.
    7. Nama febrina nur rahmah, 5 mata pelajaran sudah diganti menjadi 6

    Semoga berguna dan menenangkan hati dan siap menghadapi ujian. Semoga berhasil.

  3. siti nur
    02/06/2010 pada 17:30 | #3

    @Johanis Rampisela

    nama saya sudah benar pak. terima kasih banyak ya pak.
    tadi saya sudah ke UI dan UNJ, tapi mereka bilang tidak bisa dirubah. padahal sudah pasrah. terima kasih sekali lagi. :D

  4. Johanis Rampisela
    02/06/2010 pada 16:50 | #4

    @willy
    Semoga berhasil diterima di perguruan tinggi yang diinginkan. :)

  5. willy
    02/06/2010 pada 14:57 | #5

    nama saya udh bener pak,
    makasi banyak ya pak. .

  6. Johanis Rampisela
    02/06/2010 pada 12:00 | #6

    @mimi
    Alamat salah tidak masalah Mbak. Tidak perlu diganti. Persiapkan diri menghadapi ujian.

  7. mimi
    02/06/2010 pada 11:57 | #7

    pak sya pada saat mengisi identitas saat pendaftaran salah mengisi kan alamat,gimana pak?

  8. Johanis Rampisela
    02/06/2010 pada 10:35 | #8

    @willy
    Sabar Mas Willy … Panitia Pusat banyak kerjanya (melayani seluruh Indonesia) … sekali lagi sabar ya …

  9. willy
    02/06/2010 pada 10:00 | #9

    Pak, sudah saya cek berkali-kali situsnya, tp blum berubah jg nama saya, di situsnya masih tertulis WILLY FITRA HEDRIA,,
    saya betul-betul kuatir bermasalah di PTN jika saya lulus,,
    apa tak ada masalah di PTN nya pak?

  10. willy
    02/06/2010 pada 9:39 | #10

    oh, jadi saya tinggal sering-sering mengecek di situs snmptn jika ada perubahan ya pak,

    terimakasih atas do’a dan bantuannya ya pak,. .

  11. Johanis Rampisela
    02/06/2010 pada 9:15 | #11

    @sinta
    Sebenarnya Blog ini untuk mereka yang mendaftar ujian di Panlok Malang. Tolong tuliskan nama yang benar, nama yang salah dan nomor peserta supaya bisa kami bantu informasikan ke Panitia Pusat.

  12. sinta
    02/06/2010 pada 9:07 | #12

    nama saya sinta, saya seorang pelajar di medan,
    apa saya bisa mengganti nama peserta saya yang salah melaui blog ini pak?
    Apa blog ini khusus anak malang saja?

  13. Johanis Rampisela
    02/06/2010 pada 8:13 | #13

    @willy
    Selama belum ada kabar di Blog ini maka pakai yang lama. Kalau sudah ada kabar, cetak yang baru, dan pakai yang baru.

    Selamat ujian, semoga berhasil diterima di perguruan tinggi yang diinginkan. :)

  14. willy
    02/06/2010 pada 8:11 | #14

    terima kasih atas bantuannya pak,
    jd kalau ujian nanti sebaiknya saya pakai nama yang tercetak di kartu Ujian (WILLY FITRA HEDRIA), atau menggunakan nama saya yg sebenarnya (WILLY FITRA HENDRIA)?

  15. Johanis Rampisela
    02/06/2010 pada 7:29 | #15

    @willy
    Hari ini mestinya sudah bisa berubah. Tidak perlu kuatir, salah nama satu huruf itu tidak membuat Sdr tidak bisa ikut tes atau gagal tes. Sama sekali tidak masalah.

  16. willy
    02/06/2010 pada 6:35 | #16

    @Johanis Rampisela
    kira-kira data saya akan berubah dalam waktu berapa lama pa?

  17. Johanis Rampisela
    01/06/2010 pada 20:34 | #17

    @Annash

    Sdri memilih ujian di Wilayah I dan pilihan I dan pilihan II di Wilayah I juga. BISA dan sudah BENAR.

  18. 01/06/2010 pada 20:32 | #18

    @yuni saya mengikuti ujian di wilayah I.
    Apa itu bisa?
    Memilih 2 ptn tpi dr wilayah yang sama?

  19. Johanis Rampisela
    01/06/2010 pada 20:28 | #19

    @siti nur
    Sudah kami kirim permintaan koreksi ke Panitia Pusat. Tidak usaha takut. :)

  20. siti nur
    01/06/2010 pada 20:27 | #20

    pa,mohon balasannya segera. saya takut. :( terimakasih dan maaf sebelumnya.

  21. siti nur
    01/06/2010 pada 20:26 | #21

    pa, saya salah menuliskan nama. apa masih dirubah? mohon bantuannya.

    nama : SITI NUR AZIEZAH SYABANI
    nomor identitas : 3276066702920002

    mohon dengan sangat pa bantuannya. terima kasih

  22. Johanis Rampisela
    01/06/2010 pada 20:10 | #22

    @willy
    Sudah kami kirim permintaan koreksi ke Panitia Pusat.

  23. willy
    01/06/2010 pada 20:05 | #23

    nama : WILLY FITRA HEDRIA
    no ID : 1571020904920001
    nma saya yg bner WILLY FITRA HENDRIA,
    Mohon dgn sangat bntuan ny. .

  24. willy
    01/06/2010 pada 19:45 | #24

    nma peserta snmptn sya salah, apa masih bisa d rubah???
    Mohon bantuan ny. .

  25. kusnandir
    31/05/2010 pada 23:12 | #25

    saya kusnandir dari sma ‘ komunitas homeschooling ‘ yang akan mengikuti ujian paket c bulan
    juni ini ( tgl 22 – 25 juni ) apakah bisa mengikuti SNMPTN 2010, terimakasih atas jawabannya

  26. Johanis Rampisela
    31/05/2010 pada 17:42 | #26

    @aryani
    Mohon maaf, perubahan prodi tidak dibolehkan.

  27. aryani
    31/05/2010 pada 15:45 | #27

    nama : retno aryani
    no identitas :3201034712900001

    pak, saya mau tnya,
    saya kan ambil ipc, tpi pas daftar online cuma ada 2 pilihan,
    trz saya ambil dua-duanya prodi ipa.
    masih bisa di ubah tidak ?

  28. Johanis Rampisela
    31/05/2010 pada 13:50 | #28

    @febri
    Sudah kami kirim, tinggal menunggu hasilnya. Besok atau lusa, silahkan masuk untuk melihat hasilnya.

  29. febri
    31/05/2010 pada 13:49 | #29

    nma lengkap : febrina nur rahmah
    nmor identitas : 3571016402920002
    kalo udah di benerin trus gmna pak? log in lagi?

  30. 31/05/2010 pada 9:09 | #30

    @Annash
    Anda mengikuti ujian di wilayah mana? UPI dan UNPAD keduanya berada di wilayah I, kalau Anda mengikuti ujian di wilayah berbeda maka salah satu pilihannya harus PTN yang berada di wilayah Anda mengikuti ujian SNMPTN.

  31. syarahdita fransiska rani
    31/05/2010 pada 8:03 | #31

    iya pak,sudah.amin..
    terimakasih buat bantuan dan doanya

  32. Johanis Rampisela
    31/05/2010 pada 7:57 | #32

    @syarahdita fransiska rani
    Jangan lupa memusnahkan kartu yang lama dan cetak yang baru. Semoga sukses dan diterima di perguruan tinggi yang diinginkan.

  33. syarahdita fransiska rani
    31/05/2010 pada 7:51 | #33

    namanya sudah berubah pak!terima kasih banyak ya :)

  34. syarahdita fransiska rani
    31/05/2010 pada 7:14 | #34

    terima kasih sebelumnya pak.tapi setelah itu apa yg akan terjadi?apa ada pemberitahuan atau bagaimana?

  35. Johanis Rampisela
    31/05/2010 pada 7:04 | #35

    @syarahdita fransiska rani
    Data nama Sdr sudah kami kirim ke Panitia Pusat. Harap tunggu maksimal 1 jam.

  36. syarahdita fransiska rani
    31/05/2010 pada 7:01 | #36

    nama lengkap saya syarahdita fransiska rani,pada saat input data saya menulis syarahdia fransiska rani.Nomor identitas saya 9937331480.Apakah bisa diproses pak? mohon bantuannya..

  37. syarahdita fransiska rani
    31/05/2010 pada 6:58 | #37

    saya mengalami kesalahan penulisan nama pada saat mendaftar online SNMPTN.Apa yg harus saya lakukan?

  38. Johanis Rampisela
    30/05/2010 pada 18:33 | #38

    @febri
    Tidak perlu daftar lagi. Kalau mau diperbaiki datanya, tolong beri nomor identitas dan nama lengkap serta yang perlu diperbaiki.

  39. febri
    30/05/2010 pada 17:04 | #39

    slmat sore pak…
    sya mau tanya, kalo salah nulis jumlah mapel uan gmna ya? apa perlu daftar lagi?
    soalnya kemarin saya nulis 5 mapel pdahal seharusnya 6 mapel.
    terimakasih sebelumnya…

  40. Johanis Rampisela
    30/05/2010 pada 16:44 | #40

    @mulyani
    Tuliskan nomor identitas dan nama lengkap, akan kami minta ke Pantia Pusat untuk memperbaiki.

  41. mulyani
    30/05/2010 pada 15:15 | #41

    thanks b4 buat pak Johanis Rampisela

  42. mulyani
    30/05/2010 pada 15:13 | #42

    ketika kesalahan penulisan/pengetikan nama pada kartu snmptn, yang seharusnya mulyani menjadi mulyaini, nama yang kita tulis pada saat ujian nama yang salah tersebut atau nama yang asli ? tolong di balas .

  43. mulyani
    30/05/2010 pada 14:34 | #43

    bagaimana cara memperbaiki kesalahan penulisan nama pada saat mendaftar ??? pada saat mendaftar saya buat mulyaini, sedangka aslinya mulyani. apakah itu akan memiliki pengaruh kedepannya?? tolong balas ke email sy ya… thanks b4

  44. Johanis Rampisela
    29/05/2010 pada 22:01 | #44

    @vebry
    @fitri

    Silahkan tuliskan nomor identitas dan nama lengkap serta kasus yang dihadapi akan kami bantu penyelesaiannya atau segera ke Panitia Lokal terdekat. Panitia Lokal Malang di Gedung A3 Lantai 1 UM.

  45. fitri
    29/05/2010 pada 21:04 | #45

    mau tanya pak..
    saya sudah sampai tahap akhir.. Konfirmasi Data Borang..
    tapi data yang telah saya isi pada tahap sebelumnya
    di konfirmasi kenapa jadi kosong semua..data tidak tampil..
    pertanyaan saya hampir sama dengan vebry,.

    apa yang harus saya lakukan..
    terima kasih..

  46. vebry
    29/05/2010 pada 15:25 | #46

    assalmu’alaikum,,

    pak ,,saya sudah pernah log in, tetapi belum mengisi data lalu logout,,dan besoknya login lagi untuk mengisi data, tetapi pada saat konfirmasi akhir data tersebut tidak keluar,

    mohon pencerahannya..

  47. Johanis Rampisela
    29/05/2010 pada 9:27 | #47

    @tio
    Coba dibicarakan dengan Bank Mandiri tempat Saudara membeli PIN.

  48. tio
    29/05/2010 pada 8:56 | #48

    saya tisna kusuma jordy , pelajar..
    maaf saya mw tanya,, saya sudah membeli pin untuk snmptn ipa,, dana sy blum mndftar online apa kah sy bisa mrubah pin saya ke ipc ?
    atau saya hrus membli pin baru?
    trimaksih !

  49. Johanis Rampisela
    29/05/2010 pada 5:44 | #49

    @hafidz
    Boleh. SKHU boleh digunakan sebagai pengganti ijazah pada saat ujian. Semoga sukses.

  50. hafidz
    28/05/2010 pada 21:48 | #50

    aslkm, sya clon pserta snmptn 2010, ingin menanyakan ttang apa yang harus dibawa pada saat tes? kalau ijazah blum kluar, jadi pakah skhu bisa digunakan?

  51. 28/05/2010 pada 21:48 | #51

    @Annash
    Boleh.

  52. 28/05/2010 pada 16:46 | #52

    Apakah boleh memilih 2 ptn yang berbeda.
    Misalnya.
    Pil 1:upi
    pil 2:unpad.
    Karena saya memilih dua ptn berbeda?
    Mohon dijawab.

  53. meilisa
    28/05/2010 pada 15:21 | #53

    saya meilisa siswa sma yang akan mengikuti snmptn 2010, saya mau tanya sewaktu mendaftar online saya salah menuliskan nama yang seharusnya MEILISA menjadi MEILSA,,
    apakah saya dapat mengikuti ujian snmptn tsb,,?? dan jika bisa apakah jika saya lulus identitas saya akan diragukan karena penulisan di pendaftaran online yg telah saya cetak berbeda dg nama di ijazah,,????

    mohon jawaban dan sarannya
    terima kasih …

  54. Johanis Rampisela
    27/05/2010 pada 20:45 | #54

    @winda
    Boleh.

  55. winda
    27/05/2010 pada 20:44 | #55

    boleh gak pilihan 1 ma 2 snmptn 1 universitas yg sama,..???

  56. Johanis Rampisela
    27/05/2010 pada 19:09 | #56

    @Lilik
    Boleh

  57. Lilik
    27/05/2010 pada 19:08 | #57

    Sy alumni sma thn 2008. Apakah msih bsa jika mendaftar lbh dari tgl 12 mei. Trma ksih. . .

  58. Johanis Rampisela
    26/05/2010 pada 13:43 | #58

    @Tata
    Salah pilih jurusan tidak bisa diganti, perlu beli PIN baru.

  59. Tata
    26/05/2010 pada 13:42 | #59

    saya tata sisswa sma yang akan mengikuti snmptn 2010
    saya mau tanya sewaktu saya memlih program jurusan ada kesalahan
    padahal bukti pendaftaran sudah saya cetak
    bagaimana solusinya ya ?

    terimakasih

  60. Johanis Rampisela
    26/05/2010 pada 13:05 | #60

    @heldy
    Website pendaftaran online SNMPTN berjalan normal, relatif selalu bisa diakses. Kalau Sdr tidak bisa masuk mungkin karena gagal pada “Sambungan Aman”. Coba baca http://suara.um.ac.id/?p=2191 untuk mengatasinya.

  61. 26/05/2010 pada 13:04 | #61

    @heldy
    Tolong dijelaskan masalah yang Anda alami sehingga panitia bisa segera membantu jalan keluarnya mengingat waktu yang semakin dekat dengan penutupan (31 Mei, pkl 16.00 WIB), apabila posisi Anda di Malang dan sekitarnya silahkan Anda datang ke Help Desk SNMPTN lokal Malang, kampus UM, atau menghubungi call center 08041 450 450

  62. heldy
    26/05/2010 pada 10:41 | #62

    massss…..
    kenapa sampe sekarang mo pendaftaran online gak bisa bisa…..
    padahal udah bayar di bank mandiri….?

  63. dewi
    24/05/2010 pada 12:59 | #63

    iya maksih informasinya….

    maaf saya kebayakan tanya..sekali lagi saya minta maaf

  64. 24/05/2010 pada 11:59 | #64

    @dewi
    Sudah saya jawab pertanyaannya, lihat jawaban saya tanggal 23 Mei 2010.
    Saya anjurkan jangan membayar di tanggal terakhir, kalau bisa dilakukan tanggal 10 Juni 2010 lebih baik.

  65. dewi
    24/05/2010 pada 10:36 | #65

    klo mau bayar daftar snmptn di bank mandiri bagi lulusan ujan ulangan itu tanggal berapa?????

    mohon dijawab…terimakasih

  66. 24/05/2010 pada 8:02 | #66

    @dewi
    Boleh yang penting foto tampak muka

  67. dewi
    24/05/2010 pada 7:39 | #67

    saya mau tanya lagi foto buat daftar SNMPTN tuw pa boleh nggak pake seragam sekolah???

    tolong di jawab terima kasih

  68. dewi
    24/05/2010 pada 7:37 | #68

    terima kasih atas informasinya….

  69. yuni
    23/05/2010 pada 16:43 | #69

    @dewi
    Bagi lulusan Ujian Nasional Ulangan tahun 2010, pendaftaran online dilaksanakan mulai tanggal 10 Juni 2010 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 12 Juni 2010 pukul 16.00 WIB, semoga Anda sukses

  70. dewi
    23/05/2010 pada 10:57 | #70

    saya dewi siswa sma yang masih nunngu pengumuman kelulusan ujian ulangan.sayamau tanya, kalau beli pin di mandiri yang masih belum da pengumuman ujian ulangan. waktunya apa sama dengan anak – anak yang lulus barusan???Dan pndftaran bagi ujian ulangan kapan????

    terimakisih dan mohon di jawab.

  71. yuni
    22/05/2010 pada 21:00 | #71

    @sukmayudha (status:camah)
    tidak masalah, semoga sukses!!

  72. sukmayudha (status:camah)
    22/05/2010 pada 20:53 | #72

    pak saya ingin bertanya, apakah nama identitas waktu mengisi form pendftaran online hrs menggunakan huruf besar semua? soalnnya waktu saya mengisi form pendaftaran ol saya menuliskan nama identitas Sukmayudha P P dan tidak memakai huruf besr smua, apakah hal itu tidak apa2? terus apa penulisan singkatan 2 nama itu bila tidak disatukan tdk apa-apa….? mohon segera dijawab’_’

  73. 22/05/2010 pada 16:33 | #73

    @bayu
    tidak apa-apa, selamat menyiapkan diri mengikuti ujian SNMPTN, semoga sukses!!

  74. bayu
    22/05/2010 pada 10:03 | #74

    sy psrta snmptn 2010,,,sy sudah dftar dan yg saya mau tanyakan apakh pakai kartu plajar saat mnuliskan no identitas tidak apa2 karna saya tifdak memiliki ktp,sim,pasport,maupun kk

  75. Johanis Rampisela
    21/05/2010 pada 12:04 | #75

    @citra
    Tidak akan dipermasalahkan, Mbak. Semoga sukses.

  76. citra
    21/05/2010 pada 8:16 | #76

    pak maaf saya mau menanyakan masalah mengisi nilai kelulusan kemarin kan saya dari SMK saya kemarin ujian nasional 4 mata pelajaran nilai keseluruhan mata pelajaran saya 30,75 tetapi karena disana pilihannya angka bulat semua kalo saya memilih 31 apa akan sipermasalahkan . terima kasihh :)

  77. Johanis Rampisela
    20/05/2010 pada 9:07 | #77

    @citra, @amelia
    Tidak akan dimasalahkan kalau ada 1-2 huruf kesalahan penulisan.

  78. amelia
    20/05/2010 pada 8:31 | #78

    jika terjadi kesalahan penulisan nama , apakah tidak mendapat masalah saat pengecekan identitas ?

  79. citra
    20/05/2010 pada 8:26 | #79

    maaf pak saya mau menanyakan lagi tapi nanti sewaktu saya test kan ada pengecekan identitas diri apa kesalahan penulisan 1 huruf nama saya akan dipermasalahkan
    mohon jawabannya pak makasih pak :)

  80. citra
    20/05/2010 pada 8:11 | #80

    terima kasih pak Johanis Rampisela atas informasinya :)

  81. Johanis Rampisela
    19/05/2010 pada 22:40 | #81

    @citra
    Kesalahan menulis satu huruf pada nama tidak masalah.
    Persiapkan diri dengan baik itu menghadapi ujian. Nilai ujian yang sangat menentukan. Semoga sukses.

  82. citra
    19/05/2010 pada 20:25 | #82

    saya mau nanya saya daftar SNMPTN secara online tetapi dalam pengisian nama saya,saya salah 1 huruf . gimana ya ? di permasalahkan tidak ya ?
    terimakasih :)

  83. Johanis Rampisela
    15/05/2010 pada 16:24 | #83

    @Akhmad muntaha
    Saat ini sudah tidak bisa diubah lagi. Nanti diubah kalau sudah diterima.

  84. Akhmad muntaha
    14/05/2010 pada 17:30 | #84

    kalo salah mengisikan Mata Pelajaran dan Jumlah Nilai apa masih bisa dibenarin ya???

  85. 14/05/2010 pada 13:16 | #85

    @nadia
    Tidak bisa melakukan perbaikan dan formulir tetap berlaku walau hanya dengan satu pilihan prodi saja.

  86. 14/05/2010 pada 11:33 | #86

    saya calon peserta SNMPTN 2010.
    kalau terjadi kesalahan dalam pengisian formulir online,,,apa formulir itu sudah tidak bisa di edit ulang??karena saya lupa tidak memasukkan pilihan prodi ke 2.
    kl pilihan prodinya hanya satu,apa formulir itu berlaku?
    mohon jawabannya

  87. za
    14/05/2010 pada 10:11 | #87

    trus klo untuk tempat tesnYa ndiri…gpp ta meskipun tetap dg universitas sebelumnya?????

  88. Johanis Rampisela
    13/05/2010 pada 21:24 | #88

    @za
    Kalau mendaftar baru sebaiknya memakai Nomor Identitas berbeda (kalau sebelumnya KTP, yang kedua sebaiknya pakai SIM).

    Kalau mendaftar baru dengan cara di atas maka databaru sama sekali tidak ada kaitannya dengan data lama.

    Kalau mau daftar baru, ya harus bayar lagi. Karena itu jangan mengisi data sembarang (perhatikan bahwa sudah ada tulisan peringatan berkali-kali agar data yang diisi benar).

  89. za
    13/05/2010 pada 19:13 | #89

    kalau mendaftar baru apa gag mempengaruhi data yang sebelumnya sudh sya kirimkan ke pihak universitas yg akan sya tempati bwt tes nanti………..???
    soalnya sya takut ad data yang double (data yg sblmnya ud sya krimkan atau yg salah dan data yang akan sya masukkan wktu daftar onL nanti)
    berarti sya bayar Lge dunk k.Bank?????

  90. Johanis Rampisela
    13/05/2010 pada 7:53 | #90

    @za
    Kalau terlalu banyak data yang diisi sembarang (mengapa?), sebaiknya Sdr mendaftar baru saja.

  91. za
    13/05/2010 pada 7:09 | #91

    masalahnya itu paz saya bayar ke bank saya nunjukin kartu keluarga (KK) buat ngisi panloknya bukn KTP krn saya blum ngurus…Lah waktu daftar online kemaren kan di suruh ngisi nma ortu,trus jumlah saudara,pekerjaan ortu,penghasilan ortu dll,,saya ngisinya itu gak sesuai am KK tsb,,,kata pegawai bank nya kan kLO tes nanti KK tsb harus di bawa soalnya bwt bukti….dan yang saya takuti data saya yang salah (gag sesuai dg KK) udh terkirim ke pihak universitas yang akan saya Tempati bwt tes nnti.
    truzz bgmn ini apakah saya daftar Lge?????

  92. Johanis Rampisela
    13/05/2010 pada 6:32 | #92

    @za
    Bawa Tanda Bukti Pendaftaran, Kartu Identitas, dan Ijazah pada saat ujian sehingga bisa menunjukkan bahwa Sdr memang orang yang berhak atas Tanda Bukti Pendaftaran tersebut.
    Tidak perlu mendaftar lagi.

  93. za
    12/05/2010 pada 19:27 | #93

    mw tanya aq udh nyetak kartu peserta snmptn tpi ad yang salah paz aq ngisi identitasny
    gk sesuai am kartu identitas yang di pakai saat melakukan pembayaran di bank
    truz gmN… aq udh terlanjur dftar online,,,
    bisa gk byar Lge k.bank dn dftar online lagi??????

  94. 11/05/2010 pada 7:33 | #94

    @lhutfi
    Ya benar, setiap peserta dapat mengikuti kelompok Ujian IPA, IPS atau IPC, tidak harus sesuai dengan jurusan SMA/MA/SMK/MAK yang bersangkutan, tetapi sesuai dengan pilihan prodinya pada kelompok IPS atau IPA.

  95. 11/05/2010 pada 7:07 | #95

    Apa benar anak IPS bisa masuk jurusan IPA tanpa melalui tes IPC?

    trima kasih

  96. dian andika
    06/05/2010 pada 19:00 | #96

    oh ya…
    passing gradenya bwt pgsd berapa ya?
    cz nyari g ketemu…

  97. dian andika
    06/05/2010 pada 18:52 | #97

    oh jd ikut IPC ya …
    thx

  98. 06/05/2010 pada 7:51 | #98

    @dian andika
    Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang S1 UM ditawarkan melalui jalur SNMPTN kelompok IPS, silahkan dilperiksa dengan lebih teliti

  99. 06/05/2010 pada 7:48 | #99

    @dian andika
    Dian Andika, program studi pgsd-UM di snmptn ada, daya tampung 30 mengikuti kelompok ujian IPS

    552063 Pend. Guru Sekolah Dasar * 30 2037

  100. 05/05/2010 pada 23:10 | #100

    maaf mau tanya
    snmptn di um jurusan pgsd kok g ada ya ?
    apakah memang tidak ad?

  101. 05/05/2010 pada 15:13 | #101

    @irfan fauzi
    Info peneriman mahasiswa baru dan biayanya tersedia di web UM, silahkan arahkan cursor Anda ke profili di tampilan halaman depan, maka akan tersedia informasi yang Anda perlukan

  102. indra syiaful irwanto
    05/05/2010 pada 11:53 | #102

    asalamualaikum ,saya mau tanyak apa saja persyaratan untuk ikut jalur SNMPTN ?
    dan bagaimana cara pembayaran nya trus satu lagi apakah pendaftaran melalui internet

  103. irfan fauzi
    04/05/2010 pada 13:33 | #103

    saya lulusan barusan. saya mau mendaftar ke um, tapi bingung rincian biayanya…kalau saya ingin masuk lewat spms berapa? dan bila snmptn berapa? tolong dikirim ke email saya,saya akan sangat berterimakasih.

  104. 04/05/2010 pada 7:38 | #104

    @geovani
    Persyaratan SNMPTN: (1) Lulus Ujian Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2008.2009,2010; (2)Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses beljar mengajar di perguruan tinggi; (3) Tidak buta warna bagi yang memilih program studi tertentu. Progaram studi yang dimaksud dapat dilihat pada daftar program studi di setiap PTN yang ditandai dengan tanda (*)

  105. agnes junior
    04/05/2010 pada 2:36 | #105

    tRIma kasih atas infOx. . muDAH2n brGUna bUAT saYA dan caLOn mahasiswA YG laiN. . ‘saYA Mau tanYA selain jalur SNMPTN dan PMDK apKAH ada jALUR lain MAsuk perguruaan TINGGI negri?

  106. geovani
    03/05/2010 pada 18:34 | #106

    apa saja syarat snmptn?

  107. wahyu
    03/05/2010 pada 1:20 | #107

    sy wahyu thn ini lulus smk,sy mau msk kul jurusan teknik,kr2 brp biaya smuanya yg hrs sy siapkan utk smester pertama ini?? klu bs sy mau msk negeri tp klu gak bs swasta jg gak apa2.. sy mhn kirax kakak bs beri sy masukan utk sy spy.mksih sy tggu jwbnx

  108. 30/04/2010 pada 14:20 | #108

    Terima kasih informasi SNMPTN nya.

  109. yuni
    29/04/2010 pada 22:37 | #109

    @angga panca alam
    Pendidikan teknik elektro UM baru ikut SNMPTN tahun 2010, untuk itu data peminat tahun 2009 belum ada.

  110. angga panca alam
    29/04/2010 pada 21:02 | #110

    saya angga panca siswa smk yang akan mengikuti snmptn 2010
    saya mau tanya, apakah semua prodi UM yang terterra di web resmi snmptn 2010 itu S1? lalu saya melihat daftar prodi pend. tek elektro UM di web resmi snmptn 2010 itu untuk peminat tahun lalu tidak terisi atau kosong apa itu benar?
    atau pend. tek elektro baru diikutkan snmptn th ini makanya tahun kemarin ga ada peminatnya?

    terima kasih

Komentar ditutup