[SELESAI] KRS 24, Benar Apa Gak Ya???

salam semangat…
waktu saya lihat krs online, saya bisa mengambil krs maks 24, tapi setelah saya konsultasi ke dosen PA, pihak fakultas, dan kajur mengatakan bahwa sebaiknya saya hanya mengambil krs berdasarkan paketan saja.
padahal ketika saya mendengar cerita teman-teman saya yang kuliah di fakultas lain seperti FIS yang seangkatan dengan saya (2009), mereka bisa mengambil krs 24.
sebenarnya kebijakan dari FMIPA sendiri itu bagaimana???apa benar tulisan maksimal 24 krs itu hanya sebagai simbol saja, atau memang benar adanya???
terima kasih atas perhatiannya….

12 tanggapan untuk “[SELESAI] KRS 24, Benar Apa Gak Ya???

  1. saya mahasiswa fis um angkatan 08.
    sebenarnya masalah ini perlu d cermati karena setelah saya mendengar keluh kesah dari teman2, banyak yang sudah mendaftar 24 sks tetapi ketika krs sudah dtutup dan krs tersebut di ketahui oleh phak fakultas/ jurusan, maka pihak tersebut langsung menghapus salah satu mata kuliah tanpa melakukan konfirmasi kpd mahasiswa yang dihapus, padahal pada saat kami (mahasiswa) menyusun sks pada semester 5 maka kami juga telah menyusun untuk semester 6
    misalnya
    saya mengambil mata kuliah a1 (mata kuliah ini yang biasanya dhapus karena setelah dhapus maka jumlah sks menjadi 20) otomatis nanti saya akan mendapatkan a2 padahal mata kuliah tersebut sampai a4, tetapi jika dhapus maka saya akan mengulang tahun depan dan otomatis masa kuliah kami akan bertambah 1 tahun untuk mengejar mata kuliah a4.
    yang ingin saya tekankan mohon pihak2 tersebut jangan melakukan hal2 yang dapat merugikan mahasiswanya, kalau memang perlu dhapus maka beritahukan kpd mahasiswa yang bersangkutan agar mahasiswa tersebut dapat memilh mata kuliah apa yang dhapus.
    terima kasih.

  2. kalau menurut sya,,,
    sanggup tidak nya kita menempuh 24sks tu di kembalikan kpd tiap individu …
    yang terpenting adalah kita ttp bisa mendapatkan hak kita sebagai mahasiswa …
    mohon kebijaksanaannya …

  3. saya mahasiswa fakultas MIPA,
    sebenernya saya ingin sekali mendapatkan hak saya,mengambil 24 sks.Namun,banyak sekali larangan-larangan.

    alasannya takut tidak bisa mempertahankan IP.

    tapi,setelah mendapatkan keterangan dari Bapak Johanis Rampisela,seolah-olah ada titik terang.

    pertanyaannya adalah :

    1. Bisakah sekarang saya menambah sks menjadi 24 sks?
    2.Apa yang harus kami lakukan jika mendapat tentangan lagi.

    maaf bila ada pihak-pihak yang tersinggung

  4. saya hanya ingin memberi saran. sebenarnya qt mahasiswa tidak perlu menyusahkan diri dengan mengambil 24 sks, menurut pengalaman saya, 22 sks saja saya kuwalahan apalagi 24. skarang qt hitung, qt bs lulus bila sudah menempuh 144 sks, itupun sudah ditambah dengan skripsi 6 sks, jd sebelum skripsi qt harus menempuh 138 sks, kalau qt mengambil 21 sks/smester saja qt kalikan 7 semester maka qt sudah dapat 147 sks padahal yang kita butuhkan yaitu 138 sks dan 9 sks lainnya bs qt gunakan untuk mengulang mata kuliah yang kebetulan nilainya kurang, dan pada semester 8 qt bisa menyusun skripsi tanpa mengikuti kuliah lg.
    demikianlah saran saya semoga bisa menjadi bahan pertimbangan.
    trima kasih


  5. UM telah menerbitkan buku Pedoman Akademik UM Tahun 2010 yang merupakan pegangan bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan. Dalam buku tersebut dicantumkan bahwa mahasiswa berhak memprogram 24 sks jika memenuhi persyaratan indeks prestasi dan sks yang direncanakan. Tidak ada persyaratan bahwa harus disetujui oleh Dosen PA/Ketua Jurusan/Ketua Program Studi. Juga tidak ada pengecualian untuk FMIPA atau FE.

    Untuk melaksanakan Pedoman Pendidikan tersebut, Divisi Perangkat Lunak sudah mengubah aplikasi pengisian KRS sehingga KRS bisa berisi 24 sks.

    Kemungkinan besar keputusan tentang 24 sks yang tidak sesuai dengan buku Pedoman Akademik 2010 disebabkan karena pejabat/dosen/karyawan belum membaca Pedoman Akademik Tahun 2010.

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

  6. Pada umumnya, fakultas selain MIPA: sks=js, sehingga 24 sks sama dengan kuliah 24 jam seminggu. Bila rata2 kuliah perhari 6 jam maka kuliah cukup 4 hari saja. Bila ditambah dengan tugas mandiri dan tugas terstruktur 2 js per sks cukuplah waktu untuk mengerjakan semua tugas 2js x 24sks selama seminggu. Tapi di MIPA, kimia misalnya, 2 sks berarti 3-4 js, apalagi mata kuliah teori yang ada praktikumnya, bisa2 3 sks menjadi 6 js atau 1 sks bisa 3 js. Coba hitung berapa jam yang dibutuhkan mahasiswa perminggu dan tugas mandirinya untuk 24 sks? belum lagi dalam 1 semester ada 3 praktikum: kapan buat jurnal praktikumnya? mempelajari prosedur praktikum? Memahami teori yang relevan? mempersiapkan pra-tes? laporan praktikum?………………Mampu 24 sks?

    herunata, dosen jurusan kimia, FMIPA

Komentar ditutup.