[SELESAI] Soal SKM-SPMK, mohon jawaban.

Yth. Pihak berwenang UM.

Saya adalah mahasiswa semester 8 jurusan Sastra Inggris. Hari ini (05/01/11) saya agak kecewa ketika ingin mengurus surat keterangan mahasiswa (SKM) dan surat pernyataan masih kuliah (SPMK).

Pada saat saya mengurusnya ke RR, saya terkejut karena salah satu pegawai (siswi magang) mengatakan kalau saya tidak bisa membuat SKM dan SPMK dalam waktu 1 semester. Petugas tersebut mengatakan saya hanya bisa membuat salah satunya. Saya ingin mengkonfirmasi apakah hal tersebut benar adanya.

Kalau tidak benar, alangkah lebih baik kalau siswa magang tersebut diberikan pembekalan dan pembimbingan yang lebih baik. Hal tersebut sedikit bertentangan dengan pengalaman saya sebelumnya yang bisa membuat SPMK sekaligus SKM dalam 1 semester, bahkan beberapa kali.

Kalau hal tersebut benar bahwa saya bisa mengurus salah satunya dalam 1 semester, maka saya rasa hal ini akan menyulitkan beberapa mahasiswa yang benar-benar membutuhkan keduanya. Mahasiswa seperti saya, sebagai contoh, yang merupakan anak seorang guru, memerlukan SPMK untuk syarat penerimaan tunjangan bulanan. Alhasil saya harus mengurus pembuatan SPMK setiap semester. Namun di sisi lain, saat saya sedang berjuang melamar beasiswa ke luar negeri, saya juga membutuhkan SKM sebagai salah satu prasyarat beasiswa. Dalam hal ini, jika peraturan 1 semester 1 surat memang benar adanya, maka saya harus siap dengan resiko: kehilangan kesempatan melamar beasiswa karena tidak bisa membuat SKM (karena terlanjur membuat SPMK), atau orang tua saya akan kehilangan tunjangan selama 6 bulan karena saya memilih membuat SKM, bukan SPMK.

Dalam hal ini, saya mempertanyakan dukungan dari pihak universitas terhadap mahasiswa. Mohon jawaban yang sejelas-jelasnya. Terima kasih.

Aan Prastya.

2 tanggapan untuk “[SELESAI] Soal SKM-SPMK, mohon jawaban.

  1. @Mimin Nurbintarti
    Terima kasih bu Mimin penjelasannya. Pasalnya saya sangat kecewa, saya sampai mengulang pertanyaan kepada siswa tersebut, namun dengan tidak ramah langsung menjawab TIDAK tanpa penjelasan. Saya sangat membutuhkan SKM teraebut cepat Bu, karena batas pengiriman lamaran hari Senin depan dan saya harus mengirimnya Sabtu pagi minggu ini.
    Ibu bisa membantu langsung membuatkan SKM saya? Saya mengurus tanggal 5 kemarin dan akan selesai besok tanggal 7. Nama saya Aan Frisca D. Prastya, dari Pend. Bahasa Inggris.
    Terima kasih Bu Mimin

  2. @ Aan Prastya
    Apa yang ditulis mas Aan benar, bahwa SPMK dan SKM itu berbeda fungsinya. Jadi mahasiswa boleh mengurus kedua-duanya. Mohon maaf apabila kami (khususnya anak magang) kurang memuaskan dalam memberikan pelayanan. Kami akan terus berusaha untuk memberikan layanan yang baik. Terimakasih atas masukan yang diberikan.

    Kabag PK
    Mimin

Komentar ditutup.