[SELESAI] Kecewa BEASISWA

Barangkali ini adalah suara kebanyakan mahasiswa yang gagal menerima beasiswa, bisa dianggap juga ini adalah emosi belaka.

tapi emosi ini mungkin sangatlah rasional, karena kami tidak dapat beasiswa karena tidak tahu kekurangan kami dimana..

salah seorang teman saya yang berkasnya dinyatakan kurang lengkap, pada akhirnya bisa dapat beasiswa, padahal saat mau melengkapi berkas beasiswa yang kurang lengkap itu, berkasnya dinyatakan hilang oleh pegawai kesma 🙁

teman saya yg IPKnya 3,8 dengan IP semester terakhirx 4,0 juga tidak dapat beasiswa, padahal berkasnya lengkap.

teman saya yang IPKnya dibawah 3,3 banyak yang dapat, beasiswa…

saya yang IPKnya 3,5, dengan IP semster ini 3,91, yang tahun kemaren dapat PPA, ternyata tidak dapat beasiswa, padahal berkas saya lengkap.

kalau ada yg bilang,” IP tinggi koq masih minta beasiswa?”, saya akan jawab: salah satu alasan saya berniat dan berjuang untuk dapat IP tinggi adalah untuk mendapat beasiswa, perjuangan untuk dapat IP semester ini 3,91 ternyata gagal dapat beasiswa untuk meringankan ortu membiayai kuliah….

Ya… kalau ditanggapi oleh pihak yang terkait, saya akan sangat senang sekali.

Riyan-mahasiswa FIP.

26 tanggapan untuk “[SELESAI] Kecewa BEASISWA

  1. Saya rasa beasiswa tidak hanya untuk orang yang memiliki IPK tinggi,, atau orang yg memilki prestasi luar biasa,, tapi beasiswa itu untuk orang yang bekerja luar biasa untuk mendapatkannya (Prof. Yohanes Surya),, ada orang yang memang ditakdirkan sangat cerdas dan selamat buat tmen2 yang termasuk golongan ini,. Kecerdasan itu sebenarnya jauh lebih berharga jika dibanding dengan beasiswa,, Namun mungkin kerja keras ataupun keinginan anda untuk mendapatkan beasiswa masih kalah dengan kerja keras dan keinginan orang2 yang kalah cerdas dengan saudara. tetap sabar,, masih ada banyak beasiswa yang menanti dan dengan IP yang dimikian tinggi InsyAllah peluang saudara sangat besar.. Dan kalau nanti sudah dapat beasiswa, yang terpenting adalah jangan lupa bersyukur,,

  2. @PAUSE START
    Trima kasih atas perhatian anda. Saya sarankan gunakan bahasa Indonesia yang baik ya. Tolong disampaikan kepada temanmu itu supaya mempunyai email. Kalau sudah lolos seleksi beasiswa sebaiknya disyukuri dan segera mempunyai email supaya informasi cepat sampai. Soal pencairan tunggu info berikutnya.
    Trima kasih.
    Salam.
    Fatmawati, Kabag Kemahasiswaan

  3. @rama
    Tanpa identitas jelas, dan kapan kasus anda tidak bisa diklarifikasi. Kami di Kemahasiswaan dan juga telah saya tanyakan ke pihak pengelola I-MHERE, tidak memproses apa yang anda keluhkan.
    Terima kasih.
    Salam.
    Fatmawati, Kabag Kemahasiswaan

  4. @Umam
    Terima kasih atas tulisan anda. Sayang sekali identitas penulis (nama lengkap dan NIM) tidak dicantumkan, sehingga saya tidak bisa memastikan apakah Saudara mahasiswa UM yang mendaftar beasiswa. Seharusnya media ini digunakan sebaik-baiknya untuk mendapatkan informasi yang dilandasi dengan tanggung jawab oleh penulisnya. Bukan sekedar menulis yang tidak disertai data-data akurat, yang membedakan media ini dari infotainment.
    Di dalam pengelolaan beasiswa, data yang dientry adalah data yang terukur dan tertulis. Data IPK, dientry dari KHS (juga dari TIK). Data penghasilan orang tua, dientry dari surat keterangan penghasilan dari instansi berwewenang yang ditandatangani pejabat ybs. Jumlah tanggungan orang tua, dientry dari fotokopi Kartu Keluarga. Semuanya berdasarkan dokumen fisik. Tentu sistem di komputer tidak akan bisa membaca jika IPK tertulis “IPK biasa2 saja” seperti pernyataan Saudara. Jika ditemukan terdapat perbedaan antara kenyataan di lapangan dengan dokumen yang diserahkan ke UM, sepenuhnya menjadi tanggung jawab mahasiswa/orang tua dan pejabat yang mengeluarkan keterangan tsb. Kami telah mengantisipasi terjadinya hal tersebut dengan pernyataan pada halaman ke-2 formulir permohonan beasiswa bahwa “Keterangan ini saya berikan dengan sesungguhnya dan benar, dst”. Form permohonan tersebut ditandatangani oleh mahasiswa sebagai pemohon, yang mestinya sudah tahu konsekuensinya.
    Demikian informasi saya, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membacanya.

    Terima kasih. Salam
    Fatmawati, Kabag Kemahasiswaan UM

  5. ASSLAMUALAIKUM
    SAYA mengajukan beasiswa I-MHERE pada awal di bukax dengan uang seadanya tatapi setelah lama dtunggu tenyata dtolak karena cover saya salah sedangkan uang saya sudah tidak cukup untuk menjilid lagi…..

    sebijaksananyalah sebuah lembaga pendidikan mengerti keadaan peserta didiknya…. bahwa akar permasalhannya bukan hanya benar ato salah tapi..
    juga berhubungan dengan masalah keuangan…

    saya mengajukan beasisw tersebut dengan pertimbangan saya mendapatkan dana utk skripsi…
    tetapi… malah dipersulit… TAPI INGSYALLAH YANG AKAN MEMBERI DANA BUKAN LEMBAGA PENDIDIKAN TERBESAR DI MALANG ,,, TETAPI YANG MENGUASAI LEMBAGA PENDIDIKAN DISELURUH DUNIA…. DAN PENDIDIK YG PALING BIJAKSANA.. -ALLAH SWT-

    smoga dng pengalaman dari saya para PUNGGAWA-PUNGGAWA UM bisa berempati lebih dalam pada permasalahn ANAK DIDIKNYA……

    TRIMA KASIH…

    WASSALM

  6. @PAUSE START
    ini adalah pesan dari shohib ayas..anak FT …
    nama shohib ayas = miftahul huda
    meminta kepada ayas untuk meminta informasi kapan sih sebenarnya beasiswa outreach turun..

    begitu.

    menggunakan email saya karena email shohib ayas alup…
    bukannya ayas dapat dobell lho…..
    ayas ikit snmptn dulu..

    mohon maaf ayas perjelas biar tidak salah paham lo

  7. @PAUSE START
    ini pesan dari teman saya__namanya miftahul huda FT..
    teman ayas meminta ayas untuk meminta informasi kapan cairnya…
    dan teman ayas mengunakan email ayas….

  8. Wah saya sedikit tercengang melihat keluhan saudara saya di FIP tsb. hmm,, jadi,,

    1. Seharus nya anda bersyukur sudah mendapat IP YANG BAIK…. WALAUPUN “Tidak
    mendapat beasiswa dari kampus”
    2. Perlu di ingat bahwa panitia Beasiswa tidak mengurusi 1/2 mhsswa aja,, ribuan……
    maklum donk kalau ada kejadian seperti itu
    3. Masak mendapatkan IP YANG SANGAT TINGGI hanya mencari beasiswa aja??? percuma
    kalau sekedar mencari IP saja, hanya buat mencari besiswa lagi
    4. banyak beasiswa lain yang bisa sampean usahakan seperti PKM, Kewirausaan DLL…
    5. Jangan hanya berEmosi, terima donk hal yang sudah terjadi, IP yg tinggi tentunya
    memiliki ketahan emosi yg tinggi juga donk,,
    6. Saudara bertanya apa kekurangan anda???? Hmm, anda kurang bruntung sobat, dewi
    Fortuna belum berpihak kpd sampean
    7. Banyak berdo’a donk,, jka berdoa kk blum dpet, y emang jln anda masih dstu n trus
    brusaha jangan emosi belaka,
    8. Sampean aja uda bisa kuliah itu suatu keberuntungan yg luar biasa sobat,
    9. Alhamdulilah beberapa thun berturut2 ayas mndapat beasiswa dg IP saya <3,5
    karena apa? krn kesungguhan ayas,,

    Cukup sekian sobat, tanks,,

  9. YA mungkin tahun depan dapat kok saudaraku….
    saya IPK 3,9 DI TEKNIK ALAHAMDULILLAH DAPAT

  10. pak…BEASISWA OTREACH KAPAN CAIR……DI MOHON AGAR CEPAT SEGERA UNTUK DAPAT DI CAIR KAN DENGAN SEGERA

  11. teman saya g aktif ormawa, IPK biasa2 aja, dan orang tua seorang wirausaha yang mampu (bisa dikatakan kaya). Kok bisa dpt besiswa BBM tahun ini?????? emng kriterianya apa sih??? apakah anak seorang PNS g’bs dpt beasiswa??? trima ksh..

  12. @ bu Fat : untuk UM tahun ini siapa dan dari fakultas mana saja yang menerima beasiswa djarum…

  13. setuju dng temn2,
    lebih baik kualisifikasi penerima beasiswa dicantumkan dng jLz dan terbuka,,
    tman2 sy bnyak yang berburuk sangka akan haL tersebut,,
    alhmdLLh, sy dpat beasiswa BBM
    kira2 kpn bisa cair dan berapa nominalnya?
    sy mau beli laptop untuk kuliah sy,,
    trm ksih atas jwabannya

  14. @Marda, saya hanya bisa memberikan informasi tentang beasiswa Djarum, sebatas yang saya ketahui. Dalam seleksi calon, UM diminta secara resmi (tertulis) untuk mengirimkan sejumlah calon. Selebihnya PT Djarum yang melakukan test dan menetapkan siapa yang lolos seleksi. Selain itu, PT Djarum juga membuka pendaftaran secara terbuka melalui website. Serangkaian kegiatan pembinaan yang dilakukan Beswan Djarum, langsung dikoordinasi oleh manajemen Djarum, dan kami tidak mendapatkan informasi kapan dan dimana pelaksanaannya.
    Demikian. Terima kasih.
    Salam.

  15. maaf sekedar tanya untuk beasiswa Djarum…
    kenapa kok kabar kabar nya biasa saja…
    padahl itu banyak diminati mahasiswa,,,
    dan untuk penerima beasiswa djarum tu sebenarnya sapa aja yang dari UM…
    mohon di beri keterangan,
    kok sama sekali gada publikasi masalah itu, padahl yang saya tau itu para penerima beasiswa djarum udah di lantik sejak november tahun lalu,,
    dan iseng iseng saya melihat di website universitas lain yang kebetulan ada penerima beasiswa djarumnya,, nama nama para penerima beasiswa djarum di cantumkan semua, baik di website, majalah universitas dan fakultas,,, dan pengumuman resmi dari Universitas,,, serta kegiatan apa aja yang telah dilakukan oleh para penerima beasiswa djarum langsung terpantau oleh universitas… terima kasih, dan mohon di beri keterangan…

  16. @rafly firdaus
    Pertanyaan anda bisa ditemukan jawabannya di SUARA KITA bulan Januari 2011, judul: Mahasiswa NR 2007-2009 Tak Berdaya.
    Terima kasih. Salam
    Fatmawati, Kabag Kemahasiswaan UM.

  17. cuma mau nanya, apakah beasiswa berlaku hanya buat mahasiswa reguler ??

    banyak suara yang mengatakan mahasiswa nonreg ga bisa dapat beasiswa, atau sulit dapat beasiswa?? kok bisa?????

    padahal banyak mahasiswa nonreg yang tergolong anak kurang mampu,,
    saya rasa kurang bijak sistem pembagian beasiswa yang ada di UM

  18. @all, terima kasih atas tulisan anda. Akan lebih bagus kalau yang menulis keluhan di sini mencantumkan identitas mahasiswa (nama dan NIM). Dalam rubrik ini saya telah menjawab pertanyaan yang substansinya kurang lebih sama, dalam SUARA KITA judul Beasiswa.
    Tidak mengapa, saya akan tulis lagi disini yang lebih lengkap. Seperti yang pernah saya informasikan sebelumnya, pendaftar beasiswa tahun 2011 sejumlah 6.272 orang (tahun 2010 sebanyak 4.411 orang); sedangkan alokasi beasiswa 2011 berjumlah 2.478 orang (tahun 2010 sebanyak 2.965 orang). Dari perbandingan pendaftar dan alokasi tersebut, pendaftar yang tidak mendapatkan beasiswa jauh lebih banyak dibandingkan yang mendapat beasiswa; jumlahnya 3.794 orang. Mereka ini masuk dalam daftar tunggu 2011.
    Dalam sistem seleksi beasiswa, IPK bukan satu-satunya penentu seseorang mendapatkan beasiswa. Ada komponen lainnya, yaitu penghasilan orang tua dibagi jumlah tanggungan orang tua, tahun angkatan, dan aktivitas dalam ormawa. Semua komponen diberi skor dan pembobotan yang telah disiapkan di dalam sistem pengolahan data beasiswa.
    Kriteria beasiswa silakan baca di web http://kemahasiswaan.um.ac.id (Pedoman Pemberian Beasiswa)
    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Pintu saya terbuka bagi mahasiswa UM yang ingin mendapatkan informasi beasiswa.
    Terima kasih.

    Salam.
    Fatmawati, Kabag Kemahasiswaan.

  19. @all
    semoga kedepannya beasiswa UM lebih baik lagi….
    spakat dg saudara2, lebih baik syarat penerima beasiswa diumumkan dg jelas, biar gak su`udzon gini, hehe

  20. tenang saja kawan…
    jangan risau, gundah, mengeluh atau bersesal hati. beasiswa UM tidak hanya PPA dan BBM
    masih banyak beasiswa lain yang menanti. kita akan dapat ganti yang lebih baik
    so……. we must optimis

  21. saya tidak dapat beasiswa gpp meskipun ada sedikit perasaan kok bisa? tp ikhlas sajalah.. tetapi saya berharap pihak yang berwenang mengurusi penerimaan benar2 menyeleksi penerima.. bayangkan saja banyak opini ” UNTUNG2an Kalo gag gitu tergantung amal ibadah ” yang entah benar atau tidak sudah menjadi opini para mahasiswa… banyak mahasiswa yang lebih membutuhkan .. bahkan saja mahasiswa yang membayar kuliah SPP dari beasiswa tersebut… nilai juga ada yg lbih baik dari penerima beasiswa tersebut.. pertanyaanya APA KUALIFIKASI ATO yg menjadi DASARnya penerima beasiswa dapat lolos… saya harap pihak kampus yg berwenang dapat lebih bijak dan memberikan beasiswa tersebut kepada mahasiswa yang tepat.. semga ini di dengar dan menjadi referensi.. amiiinn.. thanks krna sya bsa mngcapkan kmntar2 saya…

  22. saya tidak tahu persis bagaimana beasiswa ditentukan. Sebaiknya pejabat yang berwenang menjelaskan kriteria mahasiswa yang berhak mendapatkan mahasiswa. saya pikir, akan lebih bagus lagi jika dipengumuman dicantumkan pula sebab kegagalan mahasiswa mendapatkan beasiswa.

Komentar ditutup.