[SELESAI] Informasi beasiswa

Di mana ya di situs UM ini kita bisa tahu adanya tawaran beasiswa yang masuk ke UM? Saya rasa ada banyak tawaran beasiswa yang ditujukan ke UM (antara lain dari Dikti dengan surat yang ditujukan kepada Pimpinan PTN se Indonesia). Alangkah baiknya kalau pihak yang berwenang membuat link atau blog khusus, bukan diselipkan di antara pengumuman yang ada. Informasinya ditulis singkat saja, lalu ada link untuk membuka filenya (ya mungkin repot sedikit untuk men-scan suratnya). Di blognya subag pendidikan dan kerjasama juga tidak ada, malah yang terakhir info tahun 2009.

9 tanggapan untuk “[SELESAI] Informasi beasiswa

  1. @Miftakhul
    Pengumuman pencairan dana BUMN silakan baca di kemahasiswaan.um.ac.id.
    Terima kasih. Salam
    Fatmawati, Kabag Kemahasiswaan.

  2. Maaf Bu Fat,,,, untuk penerima beasiswa BUMN tahun 2010 apa tidak lagi mendapat beasiswa Bumn 2011,,, karena dulu bilangnya cairnya 4 bulan sekali,,,, mohon konfirmasinya lebih lanjut…

  3. @AraNas, mahasiswa
    Tempat pendaftaran beasiswa di Bagian Kemahasiswaan, gedung A3, lantai A3. Pengumuman pendaftaran dan seluruh info beasiswa baca di kemahasiswaan.um.ac.id. Tambahan referensi silakan baca juga tanggapan saya untuk @dsatyananda di bawah ini..
    Trima kasih. Salam
    Fatmawati, Kabag kemahasiswaan.

  4. maaf mau tanya, dimana kita bisa mengetahui cara mendaftar beasiswa selain PPA dan BBM? karena setahu saya ada juga beasiswa BUMN peduli, BII, dll. kapan biasanya pendafgtran beasiswa itu dibuka???
    terima kasih

  5. @BENDRI
    Untuk peserta SNMPTN jalur Undangan dan Bidik Misi yang memilih UM tidak perlu mengirimkan berkas, kalau Anda telah terlanjur mengirimkannya dan telah melacaknya ke UM untuk ditarik kembali dan dinyatakan hilang, tolong diperjelas Anda menanyakannya ke bagian apa? Informasi lengkap saya tunggu, terima kasih.

    Kabag Perencanaan dan Sistim Informasi
    Aminarti S. Wahyuni

  6. Bendri, Pelajar
    saya salah seorang siswa yang mengikuti bidik misi dan saya telah mengirim berkas berkasnya namun katnya tidak perlu mengirim berkas dan saat berkas mau saya ambil katanya sudah hilang,
    bagaiman yang benar dan solusinaya

  7. @dsatyananda
    Kalau menulis.pertanyaan/keluhan/harapan atau semacamnya hendaknya secara jelas apa yang dimaksud sehingga unit kerja mana yang wajib merespon juga menjadi jelas. Lebih baik lagi kalau identitas juga dicantumkan. Namanya juga transparansi, minta informasi secara jelas, tetapi nulis identitas saja keberatan. Klo beasiswa S2/S3 di luar wilayah saya (Bagian Kemahasiswaan).
    Terima kasih. Salam.
    Fatmawati, Kabag Kemahasiswaan BAAKPSI UM.

  8. maaf bu Fat, saya salah tulis mungkin. Yang saya maksudkan beasiswa S-2/S-3 dari berbagai institusi seperti Dikti atau yang lain. Biasanya sih surat itu masuk jurusan, tapi kalau ditayangkan mungkin bisa diakses juga oleh alumni. Banyak yang menanyakan kemungkinan studi S-2 dengan beasiswa. BPPS kan hanya untuk yang sudah jadi dosen. Kalau SBU (Beasiswa Unggulan) dari Dikti kan masih ada kemungkinan diperoleh para alumni asalkan mendapat surat kontrak dari UM/perguruan tinggi pengirim.

  9. @dsatyananda, sistem pendaftaran beasiswa di UM dilaksanakan satu kali menjelang akhir tahun dan seleksinya pada awal tahun. Seleksi yang dilaksanakan pada awal tahun, biasanya PPA dan BBM; dengan periode beasiswa Januari-Desember. Pendaftar yang belum terpilih pada seleksi ke-dua jenis beasiswa tersebut masuk ke dalam daftar tunggu pada tahun trersebut. Untuk jenis beasiswa yang periodenya bukan Januari-Desember, waktu seleksinya menyesuaikan sponsor dan dipilih dari pendaftar (yang masuk daftar tunggu) yang memenuhi syarat. Dengan sistem ini, semua tawaran beasiswa informasi/tawaran beasiswa dari institusi luar UM yang masuk ke UM langsung ditindaklanjuti oleh Bagian Kemahasiswaan BAAKPSI UM. Kami tidak meng-upload surat-surat apa adanya) isi tawaran dari institusi, karena informasi dari luar harus kami sesuaikan dengan kondisi di UM, misalnya kapan batas waktu berkas.
    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Terima kasih, Salam
    Fatmawati, Kabag kemahasiswaan BAAKPSI UM

Komentar ditutup.