Universitas Negeri Malang menjadi Universitas Malang (2)

Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2011, Rektor menyampaikan beberapa hal penting yang salah satunya adalah:  Senat UM pada hari Kamis Legi, tanggal 28 April 2011, memutuskan untuk mengubah nama lembaga yang kita cintai ini menjadi Universitas Malang dengan versi Inggris The University of Malang.

Nama panjang Universitas Malang menjadi konsisten dan singkatan UM, kini sudah waktunya percaya diri dengan nama tanpa identitas negeri.  Kredibilitas, kapasitas, dan popularitas UM sebagai perguruan tinggi yang bermartabat sudah cukup untuk berani menggunakan nama Universitas Malang.

Baca juga di http://suara.um.ac.id/?p=4210

Dampak langsung yang saya rasakan adalah saya harus menunggu adanya surat keputusan perubahan tersebut sebelum memesan KM (Kartu Mahasiswa) untuk mahasiswa baru tahun akademik 2011/2012.  Padahal pengumuman seleksi mahasiswa baru jalur undangan tanggal 18 Mei 2011 dan daftar ulang atau registrasi administrasinya tanggal 31 Mei 2011.  Semogalah Surat Keputusan perubahan tersebut segera turun, sehingga tidak menghambat terbitnya KM untuk mahasiswa baru tahun akademik 2011/2012.

Noor Farochi – Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAKPSI

17 tanggapan untuk “Universitas Negeri Malang menjadi Universitas Malang (2)

  1. @Noor Farochi
    Unimed: Universitas Negeri Medan
    Unima: Universitas Negeri Manado
    UNM: Universitas Negeri Makassar
    UMM: Universitas Muhammadiyah Malang
    UM: Universitas Negeri Malang -> Universitas Malang

    Saya coba lihat ke luar negeri.
    UM: University of Miami
    UM: University of Malaya
    UM: Maastricht University
    U-M: University of Michigan

  2. @dr. Hj. Vieera Oktalinda Putria, S.Pd., S.E., M.Si.
    UNEMA itu kalau nggak salah adl kependekan dr UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Kenapa ya kok banyak yg nggak PD atau minder kalau berubah menjadi UM, menurut sy biarkan sj air mengalir sesuai dg jalur yg tlh dibuat, kalau kita buang sampah sembarangan, bikin kotor, aliran air akan tersumbat, jadilah banjir akan menerjang kita semua. Mari kita jaga agar aliran air tidak tersumbat.

  3. sebelumnya banyak suadra saya atau tetangga saya anggap UM itu UMM, kalo’ dijelasin IKIP malang baru tau..
    kog malah sekarang diganti UM (universitas Malang), anggapan orang apa ya?
    dianggap swasta yang pasti karena ga da kata Negeri. apa bisa dikenal orang kalo namanya diganti, trus gimana dengan reputasi universitasnya?

  4. Ck ck ck…waktu baca ungkapan belasungkawa alm Luthfi, saya sempat bangga..wah ada orang dari kampus lain dengan gelar banyak sekaliiii..ternyata pembohongan publik…

  5. @dr. Hj. Vieera Oktalinda Putria, S.Pd., S.E., M.Si.
    Hehehe, jangan-jangan belum pernah kuliah tapi pingin gelar. Memang gelarnya sangat aneh, diperoleh dari 4 prodi yang berbeda dan rumpun ilmu yang berbeda. Kalaupun gelarnya benar diperoleh dengan cara yang wajar maka beliau adalah orang yang sudah tua. Untuk gelar dr. butuh waktu sekitar 5 th, S.Pd. 4 th, S.E. 4 th, dan M.Si 2 th dan itu membutuhkan biaya dan kecerdasan yang lebih.

  6. dari pada UM menjadi Universitas Malang mendingan UM di ganti UNEMA (Universitas Negeri Malang) kalau di ganti Universitas Malang banyak yang belum tau dengn nama itu. bagaimana nanti dengan para lulusannya. Univrsitas Malang malah di anggap sebagai Universitas swasta bukan Universitas Negeri. tolong di pertimbangkan lagi dengan matang. kasian para lulusan UM jika tidak di akui olh banyak instansi.

    CATATAN REDAKSI: VIERRA, Sdri pernah memberi komentar dengan memakai identitas sbb:
    – dr. Hj. Vieera Oktalinda Putria, S.Pd., S.E., M.Si. (pada tulisan ini)
    – dr.Hj.Vierra OKtalinda Putria, S.Pd, S.M, Sp.OG. DOSENUNAIR (pada Mahasiswa NR 2007-2009 Tak Berdaya)
    – dr. Vierra Oktalinda, S.Si, S.Kom. (pada Ucapan Duka Cita untuk Saudari LUTFHI)
    Kesimpulannya, Sdri telah menggunakan gelar akademik secara tidak sah.

  7. hemmmm bikin kop surat baru, katalog baru, gapura baru, papan fakultas baru, dan ada anggaran baru lagi he…….

  8. wah… kok ribet ya…. kalau benar-benar akan ganti nama,berarti papan-papan nama yg bertuliskan “Universitas Negeri Malang” yang ada di Jl. Semarang, Jl. Surabaya, Jl. Bandung dan Jl. Veteran akan di bongkar d0nk????dan nantinya akan di bangun papan nama yang baru… UM memang kaya… 😛

  9. he… alamat ada tugas tambahan kalau ada orang tanya, kira-kira begini”
    Sopir: ” Kuliah dimana Mas?”
    Mahasiswa: “UM”
    Sopir: ” o… Unmuh ya”
    Mahasiswa: ” bukan Pak, itu loh yang di jalan Surabaya”
    Sopir: ” o… Universitas Negeri Malang ta”
    Mahasiswa: ” bukan Pak”
    Sopir: ” ada kampus baru ta?’
    Mahasiswa :” tidak Pak, kami ganti nama lagi, menjadi Universitas Malang”
    Sopir: ???????

  10. @cak imam
    Menurut saya kok itu sudah jd pertimbangan, kalau tidak salah diantara para anggota senat ada kemungkinan malah ikut ambil bagian di UNMA itu

  11. @sogol

    @ekowahyu
    Menurut saya kok nggak akan ada lagi lomba logonya,… wong cuma tinggal menghilangkan “negeri”nya thok, sehingga menjadi “Universitas Malang” atau “The University of Malang”

  12. Sekitar tahun 80-an di Kota Malang sudah ada perguruan tinggi swasta yang bernama Universitas Malang (UNMA) dengan alamat Jl. Kawi 15a Malang (SMP Negeri 6 Malang). Walaupun sudah tidak aktif, perlu jadi pertimbangan tentang perubahan nama Universitas Negeri Malang menjadi Universitas Malang.

  13. wah bakalan ada lomba desain logo dan brand name lagi nih .. padahal yang kemaren aja belum tersosialisasi 100% … he he he he

  14. Begitu juga warga UM menunggu diadakannya lomba membuat”Logo”nya Pak, meskipun kami umumnya warga UM yang mengikuti lomba tak pernah mendapat nominasi alias “Keok” hehehe..

Komentar ditutup.