[SELESAI] Dana untuk Mahasiswa Kurang Mampu

Di jurusan Kami terdapat beberapa mahasiswa yang tidak mampu sampai akhirnya cuti kuliah dengan alasan tidak mampu. Mahasiswa tersebut rata-rata sudah semester 4 ke atas. Selain itu juga ada beberapa mahasiswa yang sedang skripsi tidak muncul-muncul dengan alasan tidak memiliki dana. Selain itu juga ada mahasiswa yang tidak mampu lainnya yang tidak terdeteksi. Apakah di UM ada dana untuk mahasiswa yang kurang mampu? Setahu Saya banyak beasiswa yang ditawarkan, akan tetapi kebetulan mahasiswa-mahasiswa kurang mampu tersebut tidak dapat. Jika melalui prosedur pengajuan beasiswa secara normal dengan berbagai aturan yang ada mereka ternyata tidak masuk nominasi. Apakah ada jalur khusus bagi mahasiswa yang demikian? Apakah jurusan dapat mengajukan mahasiswa yang mengalami kesulitan biaya untuk diberi kesempatan? Sayang sekali mahasiswa yang sudah beberapa semester menjadi keluarga UM harus putus tengah jalan atau terganggu penyelesaian studinya. Bidik misi membebaskan biaya kuliah dan memberi biaya bulanan untuk mahasiswa baru. Sayang jika yang sudah menempuh beberapa semester harus putus kuliah.

8 tanggapan untuk “[SELESAI] Dana untuk Mahasiswa Kurang Mampu

  1. @Bu Awaliyah…
    Terima kasih atas penjelasan terkait dengan kondisi mahasiswa tidak mampu di jurusan Ibu. Pada prinsipnya, mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi merupakan prioritas untuk mendapat beasiswa. Namun demikian semua jenis beasiswa menetapkan prosedur dan persyaratan yang harus dipedomani oleh pengelola. Dalam forum-forum pertemuan Bidang Kemahasiswaan, dan juga pada saat seleksi beasiswa di UM, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan telah menyampaikan kepada para Pembantu Dekan terkait agar memberi pertimbangan khusus thd mahasiswa tidak mampu di lingkungan fakultas masing-masing. Tentu saja yang bisa diakomodasi adalah yang memenuhi persyaratan. Dalam situasi “normal”, silakan dirujuk ke kantor saya untuk dicarikan solusi. Mohon diketahui bahwa Unit Kerja kami, tidak ada program khusus untuk mengatasi mahasiswa seperti yang ibu sampaikan.
    Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.
    Terima kasih. Salam.
    Fatmawati, Kabag Kemahasiswaan.

  2. @bu fatmawati

    terima kasih bu atas penjelasan dan doa ibu, ya saya akan berusaha semampu saya bu.

  3. @farida
    ananda farida, mudah-mudahan ananda bisa lulus tes SNMPTN dan diterima di UM sesuai dengan keinginan ananda. Jika pada tahun 2010 dan sebelumnya, pemerintah memberikan beasiswa untuk mahasiswa baru (Bidik Misi mulai 2010), melalui beasiswa PPA dan BBM dan Bidik Misi, maka pada tahun 2011 ini, beasiswa untuk mahasiswa baru tsb sudah ditiadakan, kecuali bidik misi. Kalau nanti diterima kuliah di UM, ananda farida dapat mengajukan beasiswa setelah menjalani kuliah satu semester. Pengajuan beasiswa (sekitar Bulan Desember) tidak secara otomatis mendapatkan beasiswa, tetapi harus melalui proses seleksi, berkompetisi dengan mahasiswa lainnya.
    Demikian. Salam
    Fatmawati, Kabag kemahasiswaa..

  4. assalamu’alaikum,,
    maaf sebelumnya saya ijin berkomentar, saya seorang siswa sma negeri di kab Malang lulusan 2011. Sebenarnya saya ingin sekali kuliah di UM, tapi karena faktor biaya saya takut putus di tengah jalan. jujur untuk bayar DP, mungkin terlalu berat buat saya tapi saya ingin sekali kuliah di sini. yang ingin saya tanyakan adakah beasiswa di muka (beasiswa untuk Maba) untuk siswa seperti saya (jika sudah di terima lewat SNMPTN)?? dan adakah beasiswa untuk biaya semesternya untuk siswa seperti saya yang tidak terjaring Bidik Misi???

    mohon penjelasannya.
    terima kasih wassalamu’alaikum

  5. @fatmawati
    Terima kasih atas perhatiannya Bu Fat. Misalnya, jika diketemukan mahasiswa yang cuti atau putus kuliah karena masalah biaya, skripsi tidak dikerjakan karena biaya, mahasiswa kuliah pagi tertidur atau lesu karena tidak punya uang untuk sarapan, semua itu disebabkan karena mahasiswa dari keluarga tidak mampu, orang tuanya sakit dan tidak bekerja atau lainnya, sementara itu mahasiswa belum/tidak mendapat beasiswa, apakah ada prosedur “tidak normal”?. Maksud saya yang pengajuannya tidak melalui jalur yang sudah ditentukan, misalnya dari jurusan melakukan identifikasi mahasiswa yang kurang mampu tersebut, sehingga ketika ada mahasiswa yang merencankan cuti kuliah dengan alasan biaya Kami dapat memberikan solusi agar tidak jadi cuti kuliah. Mungkin jika pengajuan ini dari jurusan bu yang diajukan betul-betul mahasiswa yang kurang mampu. Karena jurusan yang setiap hari bergaul dengan mahasiswa sehingga tahu mahasiswa yang betul-betul kurang mampu. Kebetulan kantor jurusan Kami menyatu dengan tempat perkuliahan, sehingga cukup akrab dengan mahasiswa, mahasiswa sering curhat dengan dosen atau dosen dapat informasi dari teman-temannya yang lain. Terima kasih

  6. @Pak Djoko, terima kasih anda telah memberikan respon kepada Bu Awaliyah. Mohon saran keluhan beasiswa yang proporsional ditujukan kepada unit kerja terkait.
    Terima kasih.

  7. @Bu Awaliyah..pemerintah telah memberikan bantuan dana pendidikan untuk mahasiswa yang ekonominya kurang mampu melalui beasiswa bidik misi (SBBM) dan Bantuan Beasiswa Mahasiswa (BBM). Bidik misi seleksinya pada waktu ybs melakukan seleksi masuk ke perguruan tinggi, sedangkan BBM pendaftaran dan seleksinya pada saat ybs telah menjadi mahasiswa. Selain kedua jenis beasiswa tersebut terdapat berbagai jenis beasiswa, yang hampir kesemuanya mensyaratkan ekonomi lemah tetapi memiliki prestasi tinggi (minimal IPK 2,50, ada yang 3,50), dan sejumlah persyaratan lainnya. Pendaftaran telah diumumkan secara terbuka pada sekitar bulan Desember s.d. Januari, dan seleksinya disesuaikan dengan waktu/periode masing-masing beasiswa. Informasi pendaftaran ini juga kami sampaikan kepada Para Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan (FIK melalui pembantu Dekan), dan para Kasubag Kemahasiswaan.
    Mohon diperjelas dengan kalimat:..”jika melalui prosedur pengajuan secara normal dengan berbagai aturan yang ada mereka ternyata tidak masuk nominasi..” Apakah ada prosedur yang tidak normal. Mohon dijelaskan kasus yang dimaksud sehingga kami yang mengurusi beasiswa di Kantor Pusat dapat memberikan jawaban yang pas.
    Terima kasih. Salam
    Fatmawati, Kabag Kemahasiswaan..

  8. Apa tidak sebaiknya teman-teman Anda, diajak berkonsultasi ke kantor Kabag Kemahasiswaan UM atau ke Ketua IKA UM. Setahu saya, IKA UM telah mendapatkan dana dari para alumni UM pada setiap semesternya. dan dana yang diterima oleh IKA UM jumlahnya cukup besar.

Komentar ditutup.