[SELESAI] Selama 1 minggu, Internet di Kemahasiswaan Lola (Loading Lama)

Sejak tanggal 2-6 Mei, akses internet di Bagian Kemahasiswaan, gedung A3 Lt 3 UM LoLa (loading lama) atau lemot. Hal ini sangat berpengaruh terhadap keefektifan kerja para pegawai di Kemahasiswaan, terutama yang berhubungan dengan website. Apalagi saat akan upload file, misalnya tentang pengumuman yang sangat ditunggu-tunggu mahasiswa, yakni pendaftaran dan pencairan beasiswa, kegiatan Kemahasiswaan, ataupun agenda IKA UM, seringkali terjadi hambatan, harus berulang-ulang untuk meng uploadnya.

Mengapa hal ini terjadi dan bagaimana solusinya?

Mohon tanggapan dan gerak realnya. Terimakasih.

Nida, Staf MPI UM

12 tanggapan untuk “[SELESAI] Selama 1 minggu, Internet di Kemahasiswaan Lola (Loading Lama)

  1. Mengenai kelambatan akses internet, memang pada awal bulan April dan Mei 2011 ada beberapa kali gangguan/mati jalur internet dari penyedia jasa jaringan (ISP) yang sangat mengganggu. Gangguan ini terjadi pada tanggal 12 April, 24 April, 27 April, 28 April, 3 Mei dan 4 Mei 2011, permasalahan ini sudah ditindaklanjuti dengan mengadukan kepada penyedia jasa internet dan pemberitahuan kepada seluruh unsur Pimpinan UM dengan surat Kepala Pusat TIK Nomor 283/UN.32.21/PS/2011, tanggal 4 Mei 2011.
    Penataan bandwidth didasarkan pada jumlah fakultas dan unit kerja lainnya dengan mempertimbangkan jumlah mahasiswa dan perkiraan jumlah komputer pengakses. Alokasi untuk Pusat TiK sangat kecil dibanding fakultas karena jumlah pengaksesnya jauh lebih sedikit. Oleh karena itu tidak benar kalau akses di Pusat TIK selalu lancar sementara di unit kerja lain sedang lambat. Hanya saja, kalau terjadi akses lambat di Pusat TIK maka kami langsung lakukan pengecekan ke perangkat yang kami gunakan dan ke unit-unit lain.
    Perlu diketahui bahwa lambatnya akses internet di sebuah unit kerja tidak selalu disebabkan oleh koneksi ke internet yang lambat. Jumlah pengguna pada suatu hotspot atau pada satu unit kerja juga mempengaruhi kelancaran akses. Perawatan dan pemeliharaan terhadap perangkat jaringan termasuk komputer yang digunakan untuk mengakses juga memegang peranan penting.
    Perangkat hotspot yang telah berusia di atas dua tahun perlu dicek kinerjanya. Komputer yang dipakai harus dicek adanya virus, program yang diinstall dan kualitas hardwarenya. Pemasangan beberapa antivirus pada sebuah komputer tidak akan membuat komputer lebih aman terhadap virus tetapi justru membuat kinerjanya lambat termasuk akses ke internetnya.
    Keluhan lambatnya akses di berbagai unit kerja selalu kami respon dan atasi dengan cepat. Oleh karena itu kami berharap segala keluhan terhadap koneksi dapat segera dikomunikasikan kepada kami. Pusat TIK tidak dapat melakukan pengecekan langsung dan rutin terhadap seluruh koneksi komputer di UM karena keterbatasan tenaga. Oleh karena itu kami sudah melibatkan staf yang ditunjuk oleh masing-masing fakultas dan lembaga untuk dapat memantau kualitas koneksi di tempat masing-masing sehingga jika terjadi gangguan, staf inilah yang kami harapkan dapat melaporkan kepada kami.
    Pemantauan juga telah kami lakukan terhadap seluruh koneksi ke seluruh unit kerja UM meskipun sedang terjadi gangguan.

    Humas Pusat TIK
    Gedung G1
    Telepon: 441, 468 dan 551280 (langsung)

  2. Tujuan saya menulis tulisan ini adalah agar adanya solusi dan penjelasan mengapa hal tersebut terjadi, dan jika sudah diketahui penyebabnya semoga dicarikan solusi yang tepat. Tulisan ini bukan tempat untuk olok-olokan atau menjelekan satu sama lain, di balik itu semua, saya yakin pihak PTIK juga sudah bekerja keras, hanya saja kita tidak mengetahui.
    semoga web UM ke depan lebih baik atas dukungan dan partisipasi positif yang kuat dari semua pihak, tidak lain untuk kemajuan UM tercinta.

    Terimakasih.

    Salam,
    Nida, Staf MPI UM.

  3. Betul, mari kita tunggu penjelasan dari mereka, bukan lantas dihakimi tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu, mari kita gunakan budaya berkomunikasi lebih baik, lebih beretika, toh semua demi kemajuan UM jg, gak harus gontok-gontok an kan bisa, tidak berdasar pada “merasa paling pinter”, “like & dislike”, atau yg lebih parah hanya berdasar “dendam pribadi”, marilah kita bangun UM bersama-sama, Jayalah UM…

  4. Sudah …, kayaknya PTIK sedang libur, tidak dalam posisi memantau web, tunggu Senin. mudah2an ada penjelasan resmi dari ptik.

  5. mungkin terjadi sesuatu masalah dan belum diumumkan saja, marilah kita positif thinking, pasti mereka di PTIK juga sedang berusaha dengan keras, yang saya heran kenapa budaya di UM sekarang jadi saling menyalahkan ya, bukan saling memberi solusi, kalau terus kaya gini kpan UM akan maju???? yg satu kurang tanggap, yg satu ngrasa lebih pintar, mohon bisa dijadikan renungan agar kita lebih baik dalam menyikapi suatu masalah supaya bisa cepat terselesaikan dan bukan menjadi masalah yang baru lagi, karena sekali kita ini adalah salah satu Universitas yg terpandang di Kota Malang,
    marilah kita bersatu demi kejayaan UM..

  6. @alamsyah
    satu hari tidak jelas ya tdk apa2, 5 hr tdk ada kabar ya nemen pak, pasang ae pengumuman di web khan gampang, webnya msh idup tokh (kecuali klu webnya mati sekali). manejemen publiknya mana? klu bapak di puskom ya pasti cepat aksesnya pak, klu kami yg bukan di puskom ya sudah bosan, persis katanya dsatyananda, lambat sekali. bapak ya mawas dirilah, jangan asal mbelani kantornya, kasih kabar di web apa yg terjadi, jangan cuma diam aja nunggu ditelpon. Jangan nunggu ditelepon kata Pak Rektor khan layanan prima

  7. Apakah tidak ada pengumuman resmi dari Puskom melalui web? Sebaiknya Puskom memanfaatkan Suara Kita untuk mengumumkan apa yang terjadi shg org tahu yg terjadi. klu mesti tlp ke Puskom khan repot ya …

  8. apakah ibu nida sudah tlpn ke puskom mengenai permasalahan ini???
    sudah dapat jawaban yg memuaskan apa belum???
    kalau memang sudah tlpn ke puskom dan tidak ditindaklanjuti,silakan tulis disini,termasuk orangnya yg menerima tlpn juga tidak apa2,
    tapi kalau memang belum telepon,ya tolonglah ibu jangan berkoar2 disini,kalau katanya orang tua tidak bagus sebelum dikonfirmasi ke pihak yg terkait,karena akan mengundang persepsi negatif seakan2 puskom tidak bisa di hubungi.sehingga harus menulis disini.terima kasih

  9. bandwidth nya kurang kali UB aja bs 100Mb klo g slah y…. knpa UM musti kalah terus sm UB???? pdhal qta kan sama2 mkn nasi y hehehe….

  10. kalo saran saya sih…:
    mending UM berikan saja fakultas dan unit bandwith sendiri,dan biar mereka yg ngatur…jd kalo ada apa2 biar unit dan fakultas itu sendiri yg tahu maslahnya apa…
    kalo ada yg tanya terus ptik buat apa???
    biarkan ptik ngurus software mahasiswa,wireless hotspot di masing area hotspot,dan jaringan ke web,dan web utama,jd kan lebih enak…toh sampai saat ini saya belum melihat kemajuannya di UM….dan belum ada kebanggaannya…
    tapi kalo memang PTIK memang wajib ada dan yg mengatur….kumpulkan orang2 yg terbaek yg ada di fakultas dan di unit….buat satuan khusus…untuk mengatasi hal ini….saya yakin di fakultas dan unit banyak orang pinter…kalo perlu pak rektor turun tangan untuk memindahkan orang2 pinter tsb ke pusat TIK…jgn biarkan mereka mengembangkan fakultas ato unitnya sendiri…tapi mengabaikan UM keseluruhan…ini lebih baek…dripada orang pinter tsb mengeluh karena pelayannanya jelek ya mending orang pinter tsb ditaruk diatas….gimana siiip khan…???

    “LEBIH BAEK BEKERJA UNTUK KEBAEKAN BERSAMA,DARIPADA BEKERJA UNTUK KEBAEKAN SEDIKIT ORANG”

  11. @dsatyananda

    … … … … … … … … .„–~–„
    … … … … … … … ../:.:.:.:.:.|
    … … … … … … … .|;.;.;.;.;.;/
    … … … … ._„„„„„„„_.);.;.;.;.;.|.
    … … … „-“:.:.:.:.:.:.”~-„;.;.;.;|
    … … .. (_„„„„„„—„„_:.:.:);.;.;..”„
    … … „-“:.:.:.:.:.:.:.:””-„/;.;.;.;.;.”„
    … .. (:.___„„„„„„„„„___);.;.;.;.;.;.;.|
    … .. /””:.:.:.:.:.:.:.:¯””\;.;.;.;.;.;.„”
    … . \:.__„„„„„„„„„„„„„„__/;;;;;;;;;;;/\
    … .. \.:.:.:.:.:.:.:.:.:.:.);;;;;;;;;;/:::\
    … … . \„„„„—~~~;;;;;;;;;;;;;„”:::::::\
    … … … . “””~~–„„„„„„„„„„„-“::::::::::::\

  12. Saya tidak terlalu rutin menggunakan akses Internet UM karena itu tadi. Jangankan upload, logout saja lama sekali. Mungkin manajemen bandwidthnya perlu ditata agar jangan sampai ada yang menghabiskan resource. Kalau begini bandwidth berapapun akan habis, apalagi ketika ada keperluan penting seperti registrasi dsb.

Komentar ditutup.