Software Penghitung IP UM

IP atau yang merupahkan singkatan dari Indeks Prestasi adalah merupahkan nilai yang kita dapat pada setiap akhir semester, lalu bagaimana cara menghitung nilai IP tersebut. Langkah pertama yang perlu Anda cari adalah cari dulu standard yang diberikan oleh kampus Anda tentang perubahan Abjad menjadi angka. Maksudnya adalah, misalnya Anda mendapat nilai mata kuliah Pengantar pendidikan “A”, maka nilai tersebut harus di akumulasikan menjadi Angka agar dapat di hitung. Dalam contoh ini nilai “A” tadi di jadikan menjadi angka “4” sesuai dengan standart dari kampus masing-masing.

Kemudian bagaimana cara menghitungnya untuk semua nilai mata kuliah, rumusnya adalah jumlah nilai hasil perkalian konfersi tadi di kalikan dengan jumlah SKS yang hasilnya di jumlah.

Total semuanya tadi di bagi dengan jumlah SKS pada semester itu. Silahkan untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat contoh di Contoh Menhitung IPK. Jika Anda tertarik dengan Software Penghitung IPK / IP, Silahkan download link di bawah ini:


IPK Ver.1.0 | IPK Ver.2.0 | Klik Skip Add untuk melanjutkan.. 🙂 Terima Kasih | Mengunakan Ms. Excel

Dedi Mukhlas

Seorang Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang Berkembang dari Mahasiswa TEP UM dan Bekerja Karena Kecintaan akan Lembaga Universitas Negeri Malang (UM). I Like Technology for Education | Master Konsultan Internet Pendidikan. Terima Kasih

15 tanggapan untuk “Software Penghitung IP UM

  1. @ Mbak Lisa & @ Mas Dedy

    Dari komentar anda berdua terlihat bahwa anda masih BELUM siap menerima Kritik…

    Sebagai seorang mahasiswa, seharusnya memahami kritik sebagai suatu masukan yang digunakan untuk perbaikan. Selain itu, cara menanggapinya tidak perlu dengan nada emosional.

    Terima kasih

  2. @priyatmoko.dwi

    Ya biar lah mas kan mereka disini juga maksudnya hanya sharing. Saya tahu mas dari PENDTIUM pasti lebih paham kalau masalah ginian. Maaf kalau saya agak tidak suka dengan komentar mas.

  3. buat ngitung IPK aja kok perlu pake software segala…malah buang2 waktu, perlu desain VB, Perlu koding VB, buka aja excel, copy semua hasil yang ada di siakad, trus copy di excel, buat fungsi if, ato hlookup, ato vlookup…

    Gak ada 2 menit beres gan?malah lebih valid…

  4. Ass Wr Wb
    Saya Mahasiswa UM FE angkatan 2007

    Softwarenya sangat bagus. Apakah tidak ada software untuk menghitung total IPK mulai semester awal sampai akhir??

    Terima Kasih atas perhatiannya.

Komentar ditutup.