Gamelan Graha Cakrawala UM

Acara wisuda lulusan smt Genap 2010/2011 terasa gayeng bersama iringan alunan musik yang berasal dari gamelan yang masih baru “gres ewes-ewes” milik UM. Namun sayangnya para penabuh bukan dari warga UM, ya “mungkin” karena memang warga UM belum ada yang bisa menabuh gamelan.
Mendatang mungkin perlu ada pembelajaran untuk warga UM yang berminat belajar menabuh gamelan, sehingga saat punya hajat tidak perlu “menyewa” dari luar. Saya yakin beberapa warga UM banyak yang berminat (termasuk saya) dengan jenis musik yang satu ini, mungkin salah satu ahlinya adalah bapak Prof. Dr. Hendyat Soetopo, dekan FIP.

9 tanggapan untuk “Gamelan Graha Cakrawala UM

  1. mau tanya info STKAK UKM di UM yang tentang kesenian daerah tu infonya mana???pngen gabung

    titis-fmipa

  2. kalau mau gabung ke “Laras Sastra” boleh kok, gamelannya juga bagus karena yang bikin sama, hari Jumat jam 13.00 di gedung ex-Astri

  3. Saya sangat ingin sekali bisa menjadi member untuk penabuh gamelan. Mendengarkan alunan musik gamelan hati tersa teduh.

  4. Setuju. Di Fakultas Sastra juga sudah ada, kalau tidak salah namanya Laras Sastra. Nah, kalau potensi dari berbagai fakultas dikumpulkan untuk membentuk tim se-universitas juga bagus.

  5. Sebetulnya di UM ini ada tiga potensi yang dapat disatukan: pertama dari mahasiswa Program Studi Seni Tari, Kedua, mahasiswa selain Program Studi Seni Tari. Ketiga pegawai dan dosen UM yang masih berdinas maupun yang sudah pensiun. Sebut saja karawitan “Angudi Laras Budoyo” , di sana ada Bapak Sunarko (pensiunan Subag Kepegawaian UM), Bapak Siswanto (PNS Subag Dana Masyarakat UM).

    Persoalannya adalah ketika “penabuh gamelan” ini terbentuk kira-kira arahnya kemana? Penabuh amatiran, semi profesional, atau profesional?

  6. Kalau diperhatikan memang musik gamelan seakan di anak tirikan dinegeri sendiri, padahal musik gamelan menjadi primadona di Amerika bahkan musik “gamelan” menjadi salah satu kurikulum pendidikan mulai tingkat kanak kanak sampai perguruan tinggi – seperti UCLA, San Diego, Wisconsin dan lainnya…dan mustinya kita malu pada mereka

Komentar ditutup.