Belajar Kejujuran Anak Kecil

Kejujuran adalah sebuah hal yang sangat penting dalam sebuah kehidupan, karena dengan kejujuran kehidupan akan bisa berjalan dengan baik dan tanpa ada saling kecurigaan. Namun pada kehidupan ini kadang kita sulit untuk menemukan sebuah kejujuran dalam hidup ini, entah apa penyebab sulitnya kejujuran itu? Kejujuran adalah hal yang harus ditanamkan sejak kecil oleh orang dewasa pada anak-anak, akan tetapi justru banyak orang dewasa yang tidak jujur.

Anak kecil yang masih belum mengerti tentang kejujuran, sudah memiliki sifat jujur. Hal itu bisa kita lihat pada kehidupan sehari-hari. Ada beberapa contoh yang mengambarkan anak-anak memiliki sifat jujur. Misalnya sang anak ditanya tentang keterlambatannya dating kesekolah “Andi kenapa dating terlambat kesekolah?” maka sang anak tanpa banyak piker panjang akan menjawab “Iya ibu guru tadi ibu lama dandannya”. Jawaban anak yang polos ketika memberikan jawaban tersebut adalah kejujuran yang tanpa dibuat-buat oleh si anak.

Pembelajaran kejujuran sejak dini banyak disalah gunakan oleh orang tua dalam mendidik, misalnya dalam membesarkan anak. Ada banyak kebohongan yang secara tidak langsung memberikan pelajaran negatife pada anak yang akan dibawahnya dewasa. Contoh: “Bu minta es krim” kata anak, kemudian sang ibu menjawab “Jangan itu tidak enak, atau makanan yang tidak baik”. Memang jika dilihat dari sisi pendidikan hal itu salah, akan tetapi dengan memberikan sugesti tersebut anak akan merasakan bahwa apa yang perna dibilang oleh ibunya itu benar. Misalnya: “Ayo nak, cepat tidur nanti digigit kucing” kata ibu, hal ini sering digunakan oleh orang tua agar anaknya cepat tidur.

Asas kebohongan yang secara tidak sadar sudah oleh orang tua ajarkan kepada anak memang secara tidak langsung akan memberikan pelajaran kepada anak bahwa apa yang perna orang tua katakana adalah salah. Pembelajaran mengenai kejujuran seharusnya diajarkan sejak dini dengan kejujuran pula. Anak memang jujur pada setiap orang yang bertanya pada dirinya, jadi pelajaran kejujuran itu berasal dari seorang anak-anak yang masih memiliki jiwa yang bersih.

Mari sebagai orang tua kita rubah pola pendidikan kejujuran kepada anak, agar anak bisa menjadi seorang yang jujur dan memiliki sifat yang baik di masyarakat.

Sumber: http://www.kotepoke.org/2011/09/belajar-kejujuran-anak-kecil.html

Dedi Mukhlas

Seorang Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang Berkembang dari Mahasiswa TEP UM dan Bekerja Karena Kecintaan akan Lembaga Universitas Negeri Malang (UM). I Like Technology for Education | Master Konsultan Internet Pendidikan. Terima Kasih

4 tanggapan untuk “Belajar Kejujuran Anak Kecil

  1. Sejak awal Islam turun di bumi in kepada nabi rasul Muhammad SAW . kejujuran telah diajarkan sebagai awal syarat bagi seorang menjadi muslim……bukti adalah ketika Seorang bertanya kepada rasul: wahai rasul apa syarat menjadi seorang muslim ? jujurlah dan jangan bohong” ini bukti bahwa Kejujuran adalah sebuah hal yang sangat penting dalam sebuah kehidupan, karena dengan kejujuran kehidupan akan bisa berjalan dengan baik dan tanpa ada saling kecurigaan.

Komentar ditutup.