Pembelajaran Bebas Ponsel diKelas

Proses pembelajaran disekolah, kampus, dan sebagainya yang menjadi tempat untuk mencari ilmu kadang kini kurang mendapatkan perhatian dan mutu belajar. Hal ini memang tidak lain adalah dari dampak negatif perkembangan teknologi, salah satunya adalah ponsel. Perkembangan ponsel dan jejaring sosial kadang tidak kita rasakan kalau juga mengangu proses pendidikan secara manual.

Mahasiswa/Siswa dan Dosen kadang kurang memahami alat komunikasi harus digunakan dan tidak digunakan. Proses pembelajaran yang berjalan dikelas kadang tergangu oleh ponsel dosen atau mahasiswa yang mendapat telpn dan sms. Ganguan tersebut kadang mengangu konsentrasi pembelajaran yang sedang berjalan. Pembelajaran yang seharusnya bisa berjalan dengan baik dengan kesadaran dosen dan mahasiswa untuk tidak mengaktifkan ponsel, akan sangat membantu pembelajaran secara maksimal.

Kebijakan dosen memang perlu ada untuk menyamakan proses pembelajaran, namun kebijakan yang dibuat oleh dosen juga harus dipatuhinya. Pembelajaran akan berjalan dengan baik dengan kondisi yang baik juga. Semoga kedepan Mahasiswa, Siswa, dan Dosen bisa mengunakan ponselnya dengan bijaksana. SILENT PLEASE….

Dedi Mukhlas

Seorang Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang Berkembang dari Mahasiswa TEP UM dan Bekerja Karena Kecintaan akan Lembaga Universitas Negeri Malang (UM). I Like Technology for Education | Master Konsultan Internet Pendidikan. Terima Kasih

2 tanggapan untuk “Pembelajaran Bebas Ponsel diKelas

  1. Kebijakan dosen untuk tidak menyalakan ponsel harus, perlu , tegas, dan bijak dan harus dipatuhi agar Pembelajaran berjalan dengan baik dengan kondisi yang baik juga.yang penting ga kemaruk… yg terjadi malah…lebih banyak dosennya yg ga tau waktu…mondar mandir didepan kelas bicara dg phonselnya…. wah nyaho…. Semoga kedepan Mahasiswa, Siswa, dan Dosen bisa mengunakan ponselnya dengan bijaksana. SILENT PLEASE….jangan ndeso ya….

Komentar ditutup.