Subdomain MUSIK: Dulu Favorit, Sekarang “Putih Bersih”

Subdomain Musik (http://musik.um.ac.id) dibangun September 2008, awalnya saya bersama Pak Didik  Suyanto memasukkan lagu-lagu nasional. Pengelolaannya kemudian diserahkan kepada Pak Basuki Priyadi dan kemudian dikelola oleh Pak Ismail Fahmi. 

Sejak dipegang oleh Pak Fahmi, lagu-lagu yang diupload lebih bervariasi, lebih lengkap, dan lebih konsisten. Sangat banyak kunjungan, subdomain musik menjadi subdomain favorit. Selain favorit, subdomain musik juga menjadi salah satu subdomain yang sangat menunjang webometrics, yaitu dengan mengembangkan rich files untuk teks-teks musik yang ada. Subdomain musik juga menjadi penyumbang visibility terbesar di um.ac.id karena ketekunan mempromosikan link http://musik.um.ac.id di berbagai blog.

Sayang sekali, saat ini subdomain musik “Putih Bersih”. Maksud “Putih Bersih” adalah jika kita berkunjung ke http://musik.um.ac.id maka muncul halaman yang “putih bersih” tanpa satu tulisanpun. Tentu saja hal ini tidak menguntungkan bagi um.ac.id. Jumlah size akan menurun, rich files menurun, dan inlink akan menurun.

Kapankah subdomain musik.um.ac.id akan dibangun lagi?

.

Malang, 9 Februari 2012

Johanis Rampisela (Dosen UM)

 

6 tanggapan untuk “Subdomain MUSIK: Dulu Favorit, Sekarang “Putih Bersih”

  1. @Dedi Mukhlas,
    Saya tidak bermaksud untuk membuat halaman kosong atau yang tak ada isinya, hal itu tidak bergun bagi website UM. Buatlah sesuatu yang berguna. Pengelola musik yang sebelumnya sudah memahami dan melakukan itu sejak dulu kala, jadi sebenarnya hal itu tidak perlu dipersoalkan lagi. Subdomain musik sebenarnya sudah berisi ribuan lagu dan gambar tanpa melanggar hak cipta.

    Yang diperlukan adalah janji yang pasti yaitu kapan subdomain musik akan diterbitkan.

  2. Memang benar halamannya Putih bersih, tak ada satu semut yang lewat. Tapi jawaban teman-teman TIK memang benar sekarang Hak Cipta bukan hal yang main-main lagi, namun setidaknya dibuatkan halamannya walau hanya kosong atau tidak ada konten. Mungkin itu yang dimaksud oleh pak Johanes. Semoga musik-musik nanti bisa jadi wadah mahasiswa untuk menyalukan hasil karyanya untuk dunia musik dan bisa ditandingkan dengan universitas lainnya. Amin…

  3. Ya pak humas PTIK, kapan lagi aktif musiknya…. walau hanya lagu2 perjuangan dan lagu2 nasional dari negara2 lain… (takut melanggar hak cipta…. hik hik hik)

  4. sub domain musik.um.ac.id
    1. pernah kena hacker
    2. masih terus dilakukan pembenahan
    3. perlu ada pencermatan agar tidak melanggar hak cipta

Komentar ditutup.