Prosedur Mengajukan PPL UM

Semester 6 adalah semeter dimana kita sudah mulai menginjak semester akhir, skripsi, proposal dan materi kuliah akhir sudah mulai dikenalkan. Salah satu materi kuliah yang akan ditempuh pada akhir semester 6 adalah PPL (Praktek Pengalaman Lapangan). Namun, sebelum kita sampai pada mata kuliah tersebut sejak awal semester 6 kita harus sudah menyiapkan bekal-bekal untuk melakukan PPL.

PPL tidak semudah yang kita bayangkan, ada beberapa syarat dan prosedur yang harus teman-teman lalui. Berikut penjelasan mengenai syarat, prosedur, dan langkah mengajukan sebuah PPL. Pertama adalah Syarat.
Syarat dalam melaksankan PPL sebagai berikut ini:

  1. Pembibing, hal tersebut sangat perlu Anda ketahui sebelum melakukan PPL. Pembibing dalam hal ini adalah yang bertanggung jawab penuh atas Anda. WAJIB
  2. Lokasi, sebelum kelokasi PPL. Anda harus melakukan observasi kelokasi tersebut. Hal yang dilakukan dalam observasi adalah meminta ijin, tanya apa saja syarat, biaya, dan sebagainya. Anda harus berani bertanya banyak hal karena hal tersebut penting, dalam program PPL Anda.
  3. Waktu, tentukan waktu dan jam yang jelas dan tepat. Jangan sampai PPL Anda gagal, karena Anda salah memilih waktu yang tidak sesuai. PPL biasanya dilakukan sekitar bulan Mei-Juli.
  4. SKS, Syarat Universitas adalah peserta PPL harus sudah menempuh minimal 100sks. Ini saya juga masih belum jelas, 100sks tersebut dalam bentuk sudah lulus atau yang sudah diambil? Silahkan coba tanyakan pada pembibing Anda.
  5. Liburan, masa PPL biasanya diposisikan dimasa liburan semester. Kenapa? Karena masa semester genap ke ganjil adalah masa untuk mahasiswa baru dan orientasi mahasiswa.

Prosedur pengajuhan surat PPL:

  1. Setelah Anda melakukan observasi pada sekolah, pusdiklat, dan lain sebagainya. Ketika lokasi Anda PPL sudah memberikan lampu hijau atau sinyal postif dan setuju. Proses selanjutnya adalah membuat surat PPL.
  2. Surat pengajuan PPL, bisa Anda minta pada TU masing-masing fakultas atau nanti jika memang ada masalah, Anda bisa datang kebagian kemahasiswaan A3 ltai 3.
  3. Setelah surat Anda dibuat, serahkan kelokasi Anda PPL. Tujuan ini adalah Anda sudah sah, dan ada bukti tertulis hitam diatas putih.
  4. Setelah prosedur surat sudah deal, Anda kini hanya menunggu waktu pelaksanaan.
  5. Jika ada sekolah yang meminta juga proposal, silahkan Anda buatkan bersama-sama kelompok Anda, jika ada kesulitan manfaatkan pembibing Anda untuk memberikan petunjuk.

Pendaftaran PPL di Siakad UM:

  1. Jika prosedur diatas sudah Oke, silahkan melakukan program PPL di siakad.um.ac.id
  2. Log in sesuai dengan akun Anda untuk melakukan KRS Online. Pada menu atas ada menu PPL. Klik, dan silahkan mengisi form pendaftaran.
  3. Setelah semua Anda isi klik Oke.
  4. Kemudian Anda cek nama Anda pada proses antrian PPL. Jika sudah ada, selamat Anda berhasil.
  5. Kemudian lakukan pembayaran biaya PPL di Bank yang sudah ditunjuk masing-masing Unversitas (BRI, BNI, Britama).
  6. Simpan bukti transaksi Anda, kemudian cek apa sudah diregistrasi atau belum.

Na, mudah bukan? Setelah cara ketiga diatas selesai. Anda tinggal menyiapkan perlengkapan, dan bahan-bahan untuk bertahan hidup selama PPL. Berhadapan dengan anak-anak, bapak, ibu guru di sekolah atau lokasi masing-masing. Anda siapkan diri Anda pada kondisi nanti seperti apa dan bagaimana Anda harus siap.
Ada beberapa Tips dan Trik:

  1. Ketika Anda melakasakan PPL pada lokasi di desa dan sebagainya, Anda harus melakukan laporan kepada Pak RT, RW, atau kepalah desa jika kelompok Anda ada cewek.
  2. Disiplin, dalam melaksanakan PPL Anda sudah masuk kedalam sistem sekolah atau lokasi Anda PPL. Misalnya masuk jam 7 maka Anda harus datang sebelum jam 7.
  3. Jalankan secara profesional. Ketika Anda mendapati masalah, hadapi dengan tenang, santai, dan berikan jawaban-jawaban yang mencitrakan Anda bisa.
  4. Jika nanti Anda memang sudah tidak bisa, cari teman Anda yang bisa. Kita PPL bukan kelompok, tapi satu Angkatan dan satu Universitas.
  5. Perbanyak jaringan, banyakla berkenalan dan menganal guru-guru di sekolah tersebut. Cari sosok yang Anda sangat dekat, agar jika ada sebuah permasalahan Anda bisa dibantu.
  6. Ketika, sudah pulang siapkan bahan-bahan untuk besok, jangan lupa untuk melakukan evaluasi dalam kelompok Anda agar hasil terus bisa lebih maksimal.
  7. Tips dan trik diatas selanjutnya terserah pada diri Anda masing-masing.
  8. Selamat menjalankan PPL, dan semoga sukses.
  9. Ups… Ada yang lupa, jika selesai PPL Anda harus pamitan atau ijin selesai dengan baik-baik, dan jangan lupa berikan hadiah yang berguna untuk sekolah, bukan untuk kepala sekolah atau guru. Oke…

Demikian, Panduan PPL untuk Anda yang sedang menjalankan masa PPL. Jika contoh diatas adalah contoh dari Kampus Universitas Negeri Malang, akan tidak jauh berbeda dengan kampus Anda yang saat ini menjadi lokasi Anda belajar.

Tulisan ini memang bukan secara resmi diberikan oleh kampus UM, akan tetapi setidaknya bisa memberikan pandangan untuk teman-teman yang akan dan sedang menjalani proses PPL. Jika ada kekurangan dan kesalahan sudinya Anda tambahkan dalam komentar ini untuk lebih baik, terima kasih…

Download: Prosedur Mengajuhkan PPL UM.PDF

Sumber: Teknologi Pendidikan Indonesia

Dedi Mukhlas

Seorang Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang Berkembang dari Mahasiswa TEP UM dan Bekerja Karena Kecintaan akan Lembaga Universitas Negeri Malang (UM). I Like Technology for Education | Master Konsultan Internet Pendidikan. Terima Kasih

2 tanggapan untuk “Prosedur Mengajukan PPL UM

  1. Jam mengajar untuk anak PPL semester ini kok bervariasi ya? Banyak teman yang mengeluh karena ada teman yang dapat 8 jam mengajar dan ada pula yang cuma dapat 2 jam

Komentar ditutup.