Kapan ya ada Outbond

Pertanyaan diatas adalah ucapan seorang karyawan yang kalau saya menganggap ia sedang mengigau sebab ketika ia berucap kulihat sambil menguap dan tangan megangi pinggang, tapi yah tak apalah bisa untuk bahan renungan saja meskipun jawabannya ada pada diri kita masing masing
Kita semua sudah mengenal nama siapa itu Kurt Hahn, dia adalah keturunan yahudi yang lahir di Jerman th.1896 yang kemudian menjadi warga Inggris th.1902 dan pada th.1904, KurtHahn terkena penyakit stroke parah dan jadi cacat permanen.
Naluri sebagai sesama manusia kita sangat salut padanya sebab dengan kesengsaraan fisik yang menderanya tapi tidak membuat dia putus harapan juga tak melumpuhkan cara berfikirnya bahkan berangkat dari derita inilah KurtHahn termotivasi untuk menekuni filsafat pendidikan,disamping dia menemukan solusi untuk dirinya juga bisa menyumbangkan satu cabang ilmu pendidikan yang kemudian dikenal dunia dengan sebutan”outwardbound training”.
Diantara gairah hidupnya dia pernah berkata dalam motivasinya” ketidak mampuan anda adalah peluang anda untuk mengubah tantangan menjadi keuntungan”…ungkapan KurtHahn diatas senafas dengan pepatah arab yang pernah saya baca yaitu;”raih mimpimu jalani yang anda ingini, anda tak akan meraih yang anda inginkan sehingga anda siap menjalani hal hal yang tidak anda inginkan”.memang kedengarannya agak aneh,siapapun tak mungkin mau jika menjalani sesuatu yang tidak disukai bahkan dibencinya,tapi coba kita pahami melalui gaya filosofi mungkin bisa kita tangkap maksud dan makna ungkapan mereka,misalnya ada seorang biasa memakai AC, kemudian dia merasa gerah dan tidak nyaman jika tak pakai AC, atau seorang yang biasa hidup mewah,kemudian terbebani ketika saat kesempitan datang menghampiri dan contoh lain seorang pendaki itu tak pernah bisa menikmati keagungan Yang Maha Kuasa dipuncak tinggi jika belum rela melelahkan diri berjalan pada medan terjal dan menanjak……. (referensi dari berbagai sumber)
Kata orang makna outbond sekarang sudah bergeser menjadi outbond rekreasi,entah benar atau tidak yang jelas menurut saya kegiatan outbond mengandung dua manfaat spiritual.
manfaat pertama adalah menumbuhkan rasa silaturrahim secara nyata, misalnya ketika kita bertemu atau berpapasan dengan mereka disamping ucapan salam juga tersenyum serta mengangguk walau lupa namanya, atau seseorang akan menghadiri atas undangannya walau cuma mendengar namanya dan lupa orangnya dll.
manfaat kedua adalah menumbuhkan rasa menyayangi terhadap sesama mahluk Tuhan oleh sebab sentuhan dzikir ketika diri dihadapkan pada alam terbuka serta flora dan faunanya”subhaanallah”
Demikian cerita dari hasil igauan karyawan tadi …to:karyawan UM salamu’alaikum

Satu tanggapan untuk “Kapan ya ada Outbond

  1. Outbond pada dasarnya merupakan metode untuk membangkitkan potensi terpendam yang bahkan bisa dibilang tidak pernah muncul pada diri seseorang.

    Outbound juga memberikan pencerahan sosial kepada seseorang bahwa ada orang lain di luar dirinya, bahwa kita adalah makhluk sosial, dan bahwa kita tidak bisa hidup sendiri tanpa ada orang lain.

    Outbound menumbuhkan perasaan bahwa sesama manusia adalah setara, tidak ada beda pangkat dan jabatan, yang membedakan adalah kemampuan lahiriah dan batiniah sehingga saat dipacu untuk berkreasi baik secara individu maupun secara tim, di situlah karakter seseorang akan nampak tanpa memandang jabatan dan pangkat.

    Outbound menumbuhkan rasa percaya kepada diri sendiri dan orang lain. Saat kita harus memasrahkan diri kita kepada orang lain dan benar-benar percaya bahwa orang lain itu dapat kita percaya.

    Yang paling mendasar adalah, outbound bukanlah formalitas. Metode dan teknik outbound yang diselenggarakan oleh tim tim outbound adalah kurikulum yang sudah baku. Namun tanpa kurikulum itupun kita bisa meng-outbond kan diri kita sendiri dengan metode dan teknik yang hampir sama, namun pada situasi yang berbeda. Gabung dalam komunitas, baik sosial maupun hobby adalah salah satu cara meng-outbondkan diri kita…

    trust me … menyalurkan hobby adalah salah satu obat untuk mengimbangi aktivitas sehari-hari di kantor yang berakhir penat dan lelah otak.

    Save your life, get a hobby

    ekowahyu-s

Komentar ditutup.