Direktori Kebijakan Rektor/Dekan

saya pikir, di situs UM perlu dibuat direktori tambahan yang berisi tentang semua kebijakan yang dibuat rektor atau pimpinan lembaga terkait pengelolaan lembaga yang strategis. wujudnya bisa berupa sk seperti yang di unggah Pak Johanis R.. ini lazim saya temukan jika mengunjungi situs-situs milik departeman, misal disitus kemdiknas ada direktori Produk Hukum. Mengapa ini penting? dengan jumlah dosen dan karyawan kurang lebih 2000 an tidak semua dari mereka mengerti semua kebijakan pimpinan. singkatnya, umumnya, semua kebijakan yang di putuskan pimpinan hanya di ketahui dan di pahami oleh kolega-kolega yang kebetulan menjabat. sedangkan, kolega yang tidak menjabat tidak mengetahui perkembangan kampus secara menyeluruh, Bahasa sederhananya, bagi dosen yang hanya mengajar, kemungkinan besar akan ketinggalan informasi. ini saya rasakan juga. Tahun 1999-2003, ketika saya membantu jurusan, saya banyak mengetahui apa yang terjadi di UM, tetapi setelah itu, saya sering terlambat menerima informasi terkait perkembangan UM. Semoga, usul ini bisa di pertimbangkan.

Moch Syahri

Moch Syahri adalah Pembina Paket Jurnalistik pada Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

4 tanggapan untuk “Direktori Kebijakan Rektor/Dekan

  1. Sejalan dengan era informasi yang dicirikan dengan kecepatan dan kemudahan, idealnya semua kebijakan dan berbagai hal yang ada di UM dapat di-upload. Dokumen tersebut seringkali dibutuhkan secara ekstra cepat oleh sivitas akademika & stakeholders, sudah menjadi kewajiban lembaga untuk transparan melalui media ini. Sudah ada memang beberapa yang di-upload, tetapi tampaknya masih banyak yang belum dapat diakses. Jika lembaga semakin transparan, stakholders akan semakin memahami dan meningkatkan kepercayaan kepada lembaga yang kita cintai ini. Persoalannya, mengapa di era yang seperti ini masih belum optimal dalam membangun transparansi ini? Inilah yang seharusnya ditindaklanjuti oleh pihak terkait untuk menciptakan dan membangun budaya perguruan tinggi yang kondusif bagi semua pihak dalam rangka mencapai kualitas (mutu) yang dicanangkan. Saya yakin UM dapat melakukannya secara optimal, cepat, dan transparan menuju The Learning University.

  2. @ Pak Imam, Pak Moch. Syahri,
    Hal ini sudah dirintis oleh Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK sejak tahun 2009. Sudah dikembangka di Bagian Arsip di http://arsip.um.ac.id dan di Bagian PK yaitu http://akademik.um.ac.id.

    Sejumlah SK dari UM maupun dari luar UM yang berkaitan dengan UM atau statistik UM sudah dimasukkan tetapi sayang sekali hal ini tidak diteruskan oleh Bagian-bagian tersebut.

    Mudah-mudahan bisa segera diaktifkan kembali.

  3. @Moch. Syahri

    Setuju pak, dengan mempertimbangkan segi kepentingannya, bisa jadi ada yang di publis secara terbatas, ada juga secara umum. Untuk produk hukum Fakultas/Lembaga bisa di situs fakultas/Lembaga masing-masing, untuk Universitas bisa diberkarya atau naskah akademik, dengan sub domain baru. tks.

Komentar ditutup.