Cara Jitu Mengamankan Gadget dari Pencuri

Beberapa ini banyak sekali kejadian pencurian pada mahasiswa, salah satunya adalah teman saya sendiri. Beberapa hari yang lalu teman saya kehilangan sebuah laptop dikamar kosnya. Saat itu kejadian teman saya sedang berada dikampus dan kuliah, menurut sumber yang saya dapat waktu itu teman saya akan berangkat kuliah seperti biasa. Namun pada hari ini dua laptop berada dikamar kos yang sedang ada hanya adik teman saya.

Kejadian itu terjadi saat teman saya berangkat kuliah dan meninggalkan laptopnya di kamar kos. Laptop tersebut ditinggal oleh adik teman saya untuk kekamar mandi, beberapa saat kemudian laptop itu sudah hilang. Kejadian tersebut jelas membuat saya dan beberapa teman turut sedih dan prihatin, bagaimana seorang mahasiswa yang dalam kondisi belajar harus mengalami kejadian seperti ini. Contoh diatas seharusnya bisa dijadikan pelajaran untuk semua mahasiswa yang memiliki barang berharga dan penting. Mungkin jika laptop tersebut adalah milik seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi bagaimana?? Mungkin masa kuliah selama 4 tahun sudah tidak berarti lagi, data penting harus hilang bersama laptop.

Dari situ saya memiliki tips aman untuk teman-teman agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. Simak tips dan trik berikut ini:

  1. Jangan menaruh barang penting Anda seperti laptop, ponsel, dan gatget lainya pada tempat sembarangan.
  2. Jika Anda berada di kos atau kontrakan, usahakan meletakan laptop Anda pada lemari prinadi Anda dengan kondisi terkunci.
  3. Jika dalam kamar Anda ada teman atau satu kamar dua orang usahakan Anda memiliki data pribadi dan identitas teman Anda secara jelas.
  4. Usahakan tidak memasukan teman lain kedalam kamar pribadi Anda dengan seenaknya.
  5. Jika laptop Anda sedang Anda tinggal usahakan ada teman yang menjaga dan kondisikan log off dan terpasword.
  6. Ketika Anda pergi dan membawah sebuah laptop usahakan Anda bersikap biasa dan santai.
  7. Jangan memberikan kesempatan orang lain masuk kedalam kamar Anda, walau dia sama-sama dikos Anda.
  8. Cari orang yang Anda pecaya jika inggin menitipkan barang Anda.
  9. Jika Anda sedang dikamar kos usahakan ponsel Anda dalam kondisi general dan berdering, hal ini bertujuan agar Anda bisa memantau kondisi ponsel Anda.
  10. Jika Anda meninggalkan tempar sebentar, nyalakan musik pada laptop Anda dengan jangkauan Anda bisa mendengarkannya.
  11. Belajarla mengunakan pasword pada komputer Anda agar data Anda aman dari orang lain.
  12. Manfaatkan layanan gratis di internet untuk menyimpan data-data penting Anda, sampai 10 Gb.
  13. Jika Anda seorang mahasiswa yang sedang menjalani skripsi usahakan Anda tahu dan belajar mengunakan layanan virtual drive di internet.
  14. Jika Anda kehilangan ponsel segera melakukan permintaan kartu baru pada galleri kartu Anda untuk menjaga keluarga Anda yang menelpon dengan kepetingan yang tidak jelas.
  15. Segera lapor kepada kepolisian jika Anda merasa kehilangan sebuah laptop dan data skripsi.
  16. Pada tips terakhir semua tergantung pada Anda dalam menjalani semua ini karena tips dan trik ini tidak akan bermanfaat jika Anda tidak pergunakan dengan baik dan berbagi dengan teman Anda.

Beberapa tips tersebut saya harap bisa memberikan manfaat dan dapat jadikan Anda panduan dalam menjaga barang gatget Anda. Saya berdoa semoga Anda tidak menjadi korban kejadian diatas. Amin….

Sumber: Komunitas Teknologi Pendidikan Indonesia

Dedi Mukhlas

Seorang Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang Berkembang dari Mahasiswa TEP UM dan Bekerja Karena Kecintaan akan Lembaga Universitas Negeri Malang (UM). I Like Technology for Education | Master Konsultan Internet Pendidikan. Terima Kasih

2 tanggapan untuk “Cara Jitu Mengamankan Gadget dari Pencuri

  1. Kalau urusan pencurian yang ada dikampus khususnya UM, pertanyaannya hanya satu “apakah tugas satpam”? selama ini kalau ada laporan kejahatan “gak pernah nyambung” padahal petugas keamanannya sangat banyak

Komentar ditutup.