Aturan Rubrik

Rubrik Suara Kita ini memberi kesempatan kepada Anda untuk menulis dan berkomentar yang memungkinkan Anda untuk berbagi opini, berdiskusi, bertanya, dan/atau menjawab pertanyaan. Berikut dikemukakan Aturan Rubrik yang harus Anda patuhi.

  1. Tulisan berkaitan dengan UM dan/atau kebutuhan warga UM.
  2. Tulisan dan komentar tidak boleh berisi muatan perjudian, penghinaan dan/atau pencemaran nama baik, pemerasan dan/atau pengancaman, dan/atau yang melanggar kesusilaan.
  3. Tulisan dan komentar tidak boleh berisi kebohongan, penyesatan, dan penyebaran rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).
  4. Hormatilah dan hargailah sesama pengirim tulisan dan pengirim komentar.
  5. Gunakanlah gaya tulisan dan tanda baca standar. Kalimat, ungkapan, pilihan kata, dan tanda baca standar akan membantu dan memudahkan pembaca memahami tulisan dan komentar Anda.
  6. Gunakanlah bahasa yang sopan. Oleh karena itu, jangan menggunakan kata-kata kotor, caci maki, bahasa kasar dan/atau ungkapan yang melanggar norma kesantunan berkomunikasi.
  7. Rubrik ini adalah terbuka untuk umum. Oleh karena itu, jangan memasukkan informasi pribadi, antara lain, nomor telepon, alamat e-mail atau surat, informasi kartu ATM, dan/atau informasi kartu kredit milik Anda atau orang lain.
  8. Tulisan dan komentar harus merupakan hasil pemikiran Anda sendiri. Oleh karena itu, tidak boleh ada plagiasi, antara lain, menyalin materi, merek dagang, atau kekayaan intelektual lainnya milik orang lain, termasuk di dalamnya mengambil dan menempelkan konten dari situs web lain. Jika mengutip atau merujuk, gunakanlah tatacara pengutipan dan perujukan yang benar.
  9. Penulis dan pemberi komentar harus berperan sebagai diri sendiri, tidak boleh berperan sebagai orang lain. Oleh karena itu, catumkan identitas penulis dengan jelas: nama dan status (misalnya, dosen, pegawai, mahasiswa, atau alumni dan jurusan, fakultas, pascasarjana, atau lembaga)
  10. Dilarang memposting HTML, virus, atau kode jahat lainnya.

Redaksi berhak menolak atau menghapus tulisan dan komentar yang tidak sesuai dengan pedoman ini, ketentuan web um.ac.id, peraturan UM, dan/atau peraturan perundang-undangan. Redaksi berhak untuk menghentikan Anda sebagai pengguna jika ada pelanggaran. Redaksi tidak bertanggung jawab secara apa pun atas tulisan dan komentar yang dikirim oleh pengguna.

Malang, 1 Mei 2012

6 tanggapan untuk “Aturan Rubrik

  1. @Moch Syahri, Aturan Rubrik sudah diletakkan pada (1) menu atas bagian terakhir, (2) di bagian akhir dari penjelasan Aturan Rubrik pada bagian kanan.
    Terima kasih.

  2. saya pikir aturan rubrik di atas sudah memadai. sebaiknnya aturan tersebut di letakkan di tempat yang mudah di baca oleh warga UM. Mungkin di sebelah tulisan Suara Kita atau Berkarya.

  3. Menurut saya aturan ini sudah bagus dan kelak bisa ditambahkan sesuai dengan situasi dan kondisi.

  4. Telah dibuat Aturan Rubrik (untuk Suara Kita dan Berkarya) berdasarkan tulisan Pak Dawud tentang “Usulan: Pedoman Menulis dan Berkomentar” dengan beberapa perubahan. Sudah dijadikan sebagai salah satu menu dan diberlakukan mulai 1 Mei 2012. Jika masih ada yang kurang harap memberikan usul lewat komentar di tulisan ini. Terima kasih.

    REDAKSI.

Komentar ditutup.