Pelayanan UPT PPL Perlu Ditingkatkan

Dear Pembaca Suara UM,

Tulisan saya kali ini ingin memberikan kritik dan saran kepada lembaga UPT PPL UM. Saya adalah salah satu mahasiswa yang akan menempuh proses PPL pada semester 6 ini. Program PPL adalah program yang sudah dilaksanakan pada semester pergantian antara semester genap dan semester ganjil tiap tahunnya. Akan tetapi, proses pelayanan dari UPT PPL belum dilaksanakan dengan baik. Kekurangan pelayanan pada UPT PPL mungkin dikarenakan adanya perbaikan gedung PPL yang saat ini sedang dalam tahap renovasi.

Pelayanan yang perlu mendapatkan perhatian adalah administrasi yang membingungkan mahasiswa dan kurangnya informasi. Pada masalah administrasi, misalnya, ada mahasiswa yang sudah melakukan registrasi, namun nama dan statusnya masih belum terdaftar di PPL Online. Hal ini, tidak lain, karena banyak mahasiswa yang belum mengerti prosedur pendaftaran program PPL.

Selain itu, informasi yang diberikan dari pihak PPL belum bisa dimaksimalkan pada mahasiswa. Pedapat saya: mungkin perlu ada papan informasi yang menjelaskan tentang prosedur PPL, misalnya, dalam bentuk gambar agar lebih muda dipahami.

Masih terkait dengan masalah informasi, ada kesimpangsiuran antara fakultas/jurusan dengan pihak PPL, misalnya, pada buku panduan PPL yang bisa diambil pada saat setelah pembekalan belum bisa diambil dikarenakan adanya data yang belum valid. Semester ini memang menjadi awal dan baru untuk mahasiswa dalam melaksakan program PPL, sehingga panduan dan pelayanan informasi perlu lebih ditekankan.

Saya berharap pelayanan dari pihak UPT PPL bisa lebih aktif dan ramah kepada mahasiswa. Selain itu, petugas di UPT PPL bisa bersahabat dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Terima kasih

Dedi Mukhlas | TEP FIP UM

Dedi Mukhlas

Seorang Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang Berkembang dari Mahasiswa TEP UM dan Bekerja Karena Kecintaan akan Lembaga Universitas Negeri Malang (UM). I Like Technology for Education | Master Konsultan Internet Pendidikan. Terima Kasih

9 tanggapan untuk “Pelayanan UPT PPL Perlu Ditingkatkan

  1. Mohon maaf mau tanya kepada admin upt ppl..
    kemarin saya dan 2 teman saya sudah mendaftar di PPL inline tetapi nama saya tidak ada di web ppl online yang untuk penetapan peserta PPL, kemudian saya sudah melapor ke UPT PPL dan nama saya sudah di input oleh petugas yang ada di UPT PPL, tetapi sampai sekarang nama saya kok belum masuk di daftar mahasiswa yang ada di PPL online,
    mohon tanggapannya, terima kasih ,,

  2. pada hari rabu yang lalu saya ke UPT PPL, saya sudah terdaftar sebagai peserta PPL semester 6 ini, di siakad juga saya sudah tertulis”SUDAH REGRISTRASI DAN SUDAH MEMBAYAR” namun pada hari rabu yang lalu, katanya saya juga harus menunjukkan kuitansi tanda sudah membayar, padahal dulu katanya hal ini tidak perlu dilakukan. apakah masih perlu ke UPT PPL DAN MEMBAWA KUITANSI TANDA MEMBAYAR YANG DARI BANK, ATAU ADA LG PERSYRATAN YANG HARUS SAYA PENUHI???? MOHON TANGGAPANNYA!!

  3. @Mas Dedi: Kebingungan yang terjadi berawal dari kesalahan mahasiswa yang mendaftar PPL melalui alamat yang salah (http://siakad.um.ac.id), bukan ke alamat yang seharusnya (http://ppl.um.ac.id/pendaftaran) yang telah tertulis di web PPL atau sejumlah banner yang dipasang di kampus. Akibatnya UPT PPL hanya mampu mendeteksi identitas mahasiswa tanpa bisa mengetahui apakah sudah membayar atau belum. Lebih dari 95% mahasiswa mendaftar ke alamat yang benar dan mereka tidak menemui masalah apapun. Hal ini bukan dikarenakan adanya perbaikan gedung PPL, tahap renovasi ini baru dilaksanakan awal minggu lalu. Namun untuk sebuah sistem pendaftaran PPL online yang baru, masukan Anda sangat berarti. Termasuk layanan petugas yang kurang ramah, akan menjadi perhatian kami. UPT PPL berkomitmen akan meningkatkan layanan. Terima kasih atas saran Anda.

  4. @Mas Dedi: Kebingungan yang terjadi berawal dari kesalahan mahasiswa yang mendaftar PPL melalui alamat yang salah (http://siakad.um.ac.id), bukan ke alamat yang seharusnya (http://ppl.um.ac.id/pendaftaran) yang telah tertulis di web PPL atau sejumlah banner yang dipasang di kampus. Akibatnya UPT PPL hanya mampu mendeteksi identitas mahasiswa tanpa bisa mengetahui apakah sudah membayar atau belum. Lebih dari 95% mahasiswa mendaftar ke alamat yang benar dan mereka tidak menemui masalah apapun. Hal ini bukan dikarenakan adanya perbaikan gedung PPL, tahap renovasi ini baru dilaksanakan awal minggu lalu. Namun untuk sebuah sistem pendaftaran PPL online yang baru, masukan Anda sangat berarti. Termasuk layanan petugas yang kurang ramah, akan menjadi perhatian kami. UPT PPL berkomitmen akan meningkatkan layanan. Terima kasih atas saran Anda.

  5. Pengumuman tentang pendaftaran online sudah ada mas.
    Saya lho yang gak PPL tahu.

    Berarti jarang buka um.ac.id ya?
    Kalau gak percaya, pengumuman itu ada kok di web.
    link ini sebagai buktinya… (Makanya jangan FB-an atau Twitteran doang, Internet jangan hanya dipakai download film atau Youtube,)
    http://um.ac.id/info/2012/04/373/

Komentar ditutup.