[selesai] SUB DOMAIN UM TANPA PENGELOLA?

Coba-coba masuk kebeberapa sub domain um, eh ternyata banyak berita/informasi yang sudah tidak up to date. Berikut beberapa sub domain yang sempat penulis kunjungi pada tanggal 19 September 2012:

NO

SUB DOMAIN

INFORMASI TERKINI

1

Satuan Pengawas Internal (SPI) 17 April 2012

2

Lembaga Penelitian 19 September 2012

3

Lembaga Pengabdian pada Masyarakat 6 September 2012

4

LP3 1 Maret 2012

5

UPT PPL 18 Juli 2012

6

UPT Perpustakaan Tidak bisa diakses

7

UPT TIK (PUSAT TIK) 23 April 2012

8

Hubungan Internasional 25 Juli 2012

9

Bagian Kemahasiswaan September 2012

10

LPSE 19 september 2012

11

Laboratorium Pancasila 8 Agustus 2011

12

Fak. Ilmu Pendidikan Sedang pembenahan

13

Fak. Sastra 19 September 2012

14

Fak. MIPA 3 Juli 2012

15

Fak. Ekonomi 18 September 2012

16

Fak. Teknik 25 Maret 2012

17

Fak. Ilmu Keolahragaan 16 Juli 2012

18

Fak. Ilmu Sosial 4 September 2012

19

Fak. Pendidikan Psikologi 17 April 2012

20

Program Pascasarjana 14 September 2012

Kalau kita perhatikan ada dua lembaga/badan yang berkepentingan dengan keterkinian informasi di sub domain yaitu Satuan Pengawas Internal (SPI) dan UPT TIK (Pusat Teknologi, Informasi dan Komunikasi) walaupun sebenarnya semuanya harus terus memperbaharui informasi. Namun sangat disayangkan bahwa kedua lembaga tersebut dalam penyajian informasinya tidak up date. Keadaan ini menurut penulis sangatlah ironis. Kesan bagi orang luar UM akan menjadi lain. Pendapat bahwa sub domain UM diadakan hanya untuk gagah-gagahan atau saat itu hanya untuk kepentingan tertentu merupakan pendapat yang sah-sah saja. Namun ada beberapa dugaan penulis yang belum terbukti kebenarannya yaitu:
1. Tidak ada petugas yang mengelola sub domain.
Semangat untuk membuat sub domain tapi tidak didukung dengan sdm.
2. Tidak ada kemauan dan inisiatif untuk mengelola.
Ada sdm tapi tidak pernah ada pelatihan atau orang yang ditunjuk tidak kompeten.
3. Tidak ada arahan/pantauan dari pimpinan
Jangan-jangan ada beberapa pimpinan tidak tahu kalau punya sub domain atau lebih ironis lagi tahu punya sub domain tapi tidak pernah berkunjung).
4. Tidak ada informasi baru.
Tapi apa mungkin dalam satu bulan tidak ada informasi baru?

Kedepan, harapan untuk mendapatkan informasi terkini bisa segera terealisasi. Untuk semua pihak yang berkepentingan, diharapkan kepeduliannya untuk bisa mewujudkan harapan penulis bahkan barangkali harapan semua warga UM. Penulis mohon maaf kalau tulisan ini menyinggung pihak-pihak tertentu. Tapi tidak ada niatan untuk menyinggung, penulis hanya ingin UM lebih maju. Untuk lembaga/upt/badan yang selalu memberikan informasi terkini, saya ucapkan terima kasih.
Matur suwun,
Cak Imam (LPSE/Teknik Sipil)

5 tanggapan untuk “[selesai] SUB DOMAIN UM TANPA PENGELOLA?

  1. Menanggapai usulan dari Bapak Darmono mengenai Kebutuhan UPS & Server Perpustakaan sudah di usulkan melalui Kasubag Perlengkapan kebutuhan secara menyeluruh keperluan hardware oleh Tim Pokja TI. Dari usulan tersebut sudah di proses melalui lelang lpse.um.ac.id yang sekarang dalam proses pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan Surat Perintah Kerja (SPK) nomor:7001 /UN32.17/2012 tanggal 10 Agustus 2012 tentang Belanja Modal Peralatan dan Mesin Berupa Pengadaan Perangkat Komputer dan Server untuk PUSTIK Universitas Negeri Malang Tahun Anggaran 2012 dengan masa pekerjaan selama 60 hari kalender mulai tanggal 10 Agustus 2012 s.d. 8 Oktober 2012 dan sekarang dalam proses pekerjaan, saya selaku Ketua Pokja Pengadaan lelang PUSTIK berusaha semampu saya mengikuti dan memantau pelaksanaan pekerjaan (sebagian barang yg dilelangkan sudah ada yg datang , pekerjaan galian Fiber Optik (FO) sedang berjalan) untuk itu mohon kesabaran dari pihak Perpustakaan dan semua pihak yg terkait.
    Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf wasalam

  2. Menanggapi komentar P. Darmono (Kepala Perpustakaan) terkait dengan butir 1, dengan ini kami sampaikan bahwa di kampus UM ada 4 buah Genset untuk mem-back up listrik semua unit kerja (termasuk Perpustakaan). Semua genset telah dipasang ATS (Automatic Tranfer Swit) sehingga kalau terjadi listrik PLN mati maka genset secara otomatis akan bekerja dengan jeda waktu kurang dari 18 detik dan akan menyala secara otomatis untuk mengaliri listrik. Kepala Urusan Daya dan Jasa Subag Rumah Tangga juga sudah konfirmasi dengan Bpk Darmono (Kepala Perpustakaan) bahwa genset UM tidak ada masalah, yang bermasalah adalah UPS yang ada di Perpustakaan tidak mampu mem- back up semua server.

  3. @cak IMAM, saya selaku pengelola web, server dan it di Fakultas Ilmu Pendidikan, merasa sangat perlu untuk memberikan penjelasan pada cak IMAM, terima kasih sudah berkunjung, jika anda menuliskan diatas bahwa website Fakultas Ilmu Pendidikan sedang dalam pembenahan saya kira anda sudah sangat tepat, namun memasukkan website Fakultas Ilmu Pendidikan dalam jajaran sub domain um tanpa pengelola, saya kira sangat sangat tidak tepat, dan memposisikan saya seperti PNS yang tidak bekerja dan memakan gaji buta.
    Sub domain um dalam hal ini http://fip.um.ac.id/ kami sedang melaksanakan pembenahan bukan hanya pada tampilan website melainkan saya harus building ulang server web agar lebih secure. Sebagaimana saya yakin anda bisa mencari informasi di banyak tempat, membangun server tidaklah hanya sebuah tindakan seperti melakukan instalasi OS windows di laptop, banyak hal yang harus dilakukan dan diseting.
    Subdomain dibawah UM dalam hal ini http://fip.um.ac.id/ masih memiliki sub server domain yang juga kami kelola seperti : http://pjj.fip.um.ac.id, http://jurnal.fip.um.ac.id/, http://digilib.fip.um.ac.id/, http://bem.fip.um.ac.id/, http://ap.fip.um.ac.id/, http://plb.fip.um.ac.id, http://jadwal.fip.um.ac.id/, http://pls.fip.um.ac.id/, http://dosen.fip.um.ac.id/ dan masih banyak lagi sub server domain yang harus kami kelola, yang sedang kami benahi, termasuk sub server domain http://blog.fip.um.ac.id/ yang sudah diberondong dengan penyusup.
    jika anda perhatikan pada menu di atas pada sub domain http://fip.um.ac.id/ ada menu WEB LAMA, disitu kami tempatkan tampilan website Fakultas Ilmu Pendidikan yang sebelumnya, dan informasi disitu selalu diupdate oleh teman-teman staff yang telah diberi tugas disini.
    Silahkan jika Cak Imam berkenan untuk konfirmasi / klarifikasi terlebih dahulu ke saya di ruang server fakultas ilmu pendidikan, gedung D2 UM, jika ingin mendapatkan informasi seputar pengembangan IT di Fakultas Ilmu Pendidikan, agar tidak menimbulkan presepsi yang salah tentang kinerja korps PEGAWAI NEGERI SIPIL. Terima Kasih.

  4. @cak imam
    (1) Setuju Cak Imam, sebagian sub domain memang “tidak dirawat” (pinjam istilah mendiang Pak Jo). Ini ditandai dengan kurang atau tidak adanya info baru secara rutin. Bisa juga banyak “insan” unit kerja itu yang tidak pernah muncul tulisannya di web ini atau subdomainnya, termasuk, kalau ada keluhan dibiarkan “meranaaaaaaaaa.”
    (2) Terima kasih Cak Imam, ini masukan yang baik. Perlukah tindakan “pinalti”? Misalnya, yang dalam kurun waktu 1 tahun tidak ada up date data, ditutup saja.
    (3) Tambahan info Cak Imam, sebagian subdomain harus ditata ulang, antara lain,(a) LPM DAN LEMLIT, harus digabung menjadi LP2M; (b) PPL, UPMU, UBKMI, digabung ke LP3 karena menjadi Pusat di Lembaga tersebut.
    (4) Maaf Cak Imam, Pokja IT belum bisa menangani subdomain di um.ac.id sampai dengan akhir Desember 2012 karena program kami saat ini (a) mengembangkan dan mengimplentasikan aplikasi sistem informasi terpadu UM (SIAKAD MAHASISWA, SIAKAD DOSEN, SIMPEGA, SIPADU, SIKEU, e-office, BKD, JURNAL ONLINE, DLL) untuk meningkatkan layanan berbasis online, (b) pembenaha PDPT UM. Kami rencanakan penataan web dan pemeringkatan webometrik kami tata mulai Januari 2013.

  5. Menanggapi posting Cak Imam LPSE UM dimana Web Site Perpustakaan tidak bisa diakses pada tanggal 19 September 2012, perpustakaan memberikan informasi sebagai berikut:

    1. Pada tanggal 19 September sekitar jam 19.00, listrik di gedung perpustakaan UM padam. Gedung perpustakaan sudah terhubung dengan genset kantor pusat, server di perpustakaan juga sudah dibackup UPS, namun kemampuan ups tersebut sangat terbatas (30 menit). Jika genset dihidupkan melebihi dari kemampuan UPS maka server akan mati dan dihidupkan pada pagi hari secara manual. Jika Cak Imam akses ke library.um.ac.id pada waktu tersebut di atas kemungkinan tidak bisa diakses. Solusi permasalahan di atas, kami sedang mengajukan pengadaan UPS baru (dalam proses di LPSE) untuk bisa mem-backup semua server perpustakaan.
    2. Perlu diketahui juga bahwa traffic website perpustakaan akhir-akhir ini sangat padat sekali. Sering kali server overload dikarenakan banyaknya yang mengakses, hal ini menyebabkan request ke server membutuhkan waktu yang cukup lama. Hasil monitoring traffic web site perpustakaan sekarang ini sebagai berikut:

    a Dari data Alexa (9/21/2012), dari keseluruhan domain universitas, sub domain library.um.ac.id menempati urutan tertinggi sekitar 22% dari total visitor yang berkunjung di um.ac.id.
    b Dari Data Google Webmaster Tool (9/21/2012), jumlah hit di situs library.um.ac.id, dalam sehari rata-rata 15.000 hit dan 200.000 impression (halaman di buka).

    3. Kemampuan web server perpustakaan sekarang dengan spesifikasi memory 4 Giga, terkadang ketika server running memory yang tersisa di bawah 100 mega. Akibatnya server lambat dalam merespon request.
    4. Saat ini Perpustakaan UM sedang mengajukan pengadaan server dan perangkat pendukung termasuk UPS dengan kapasitas yang mencukupi. Semoga cepat terealisasi, sehingga layanan Perpustakaan dapat berjalan dengan lancar.
    5. Perpustakaan selalu mengupade content web site melalui dua cara, yaitu update pada konten digital library (disertasi, tesis, tugas akhir, dan buku) yang dilakukan setiap hari, dan halaman muka web site, yang dilakukan secara periodik seperti pidato guru besar, aktivitas pustakawan, artikel pustakawan dan lain-lain.

    Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas ketidaknyamanan selama mengakses di library.um.ac.id

    Kepala Perpustakaan
    Darmono

Komentar ditutup.