[SELESAI] Fasilitas Wifi

Selama 1 Tahun lebih mengenyam pendidikan di UM fasilitas Wifi yg disediakan terkesan amburadul dan hanya untuk pejabat UM saja. Contoh amburadul : Misal, tidak adanya login page untuk mengakses wifi tersebut. di kampus lain seperti UB bahkan yg PTS seperti UMM ada fasilitas login page. Jadi setiap mahasiswa bebas menikmati fasilitas wifi dimana saja hanya dengan memasukkan id dan password.
Misal lagi : Content yg disediakan terbatas. Banyak yg diblikir. Misal (di jurusan teknik elektro)untuk mengakses http://www.codecademy.com/ halaman diblokir. Tentu masih banyak halaman lain yg diblokir. Saya jg jarang mengakses untuk belajar karena banyak yg diblokir.

Contoh wifi untuk pejabat UM : Misal (di fakultas teknik), wifi/mungkin internetnya terkesan cepat dan bisa mengakses semua content halaman. Misal pada saat saya mengurus keperluan administrasi, saya lihat internetnya cepat sekali,  dan pada saat itu yg saya lihat sedang diakses untuk melihat tayangan video di youtube dan tanpa bufeering.

Mungkin dari pertanyaan atau keluhan di atas, ada pejabat yg berwenang untuk setidaknya memberi solusi agar mahasiswa jg bisa mendapatkan akses wifi yg aman dan cepat. Mohon maaf bila mungkin ada kata/kalimat yg salah.

 

Novi Adi

PTI 2011

10 tanggapan untuk “[SELESAI] Fasilitas Wifi

  1. @ALL
    (1) Saat ini, kami sudah menyiapkan SINGLE IDENTITY SYSTEM, yakni warga UM (mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan) memiliki akun tunggal baik untuk masuk ke aplikasi maupun menggunakan bandwidth intenet UM. Dengan demikian, setiap warga UM yang terdaftar di data base UM bisa menggunakan wifi di UM dengan akun tunggal tersebut. Dengan kata lain, penggunaan bandwidth UM hanya untuk warga UM.
    (2) Kami rencanakan penerapan secara single identity system tersebut per 2 Januari 2013.
    Terima kasih masukan, komentar, dan kritik Anda semua.

  2. @fahmi : di jurusan teknik elektro hanya ada SSID elektro free, mungkin ini SSID yg ada di jurusan. Makasih pak atas sarannya..

  3. @fahmi
    Pusat TIK tidak pernah mempunyai wireless dengan SSID elektro free, alangkah lebih baeknya mas novi menanyakan ke pihak fakultas atau jurusan yg bersangkutan, atau menggunakan wireless dengan SSID *jurusan/unit-PTIK* yang sudah terpasang di jurusan2.dan apabila mas novi mau mencoba wireless dg single identity silahkan mencoba di depan pusat TIK.

    terima kasih

    fahmi
    pusat TIK

  4. @Budiarto
    Coba Pak Budiarto mencermati kembali tulisan dimaksud. Pak Faul menulis d(e)skriminatif. Makanya saya bertanya, apa maksud kata d(e)skriminatif itu. Kalau d(i)skriminatif, saya tahu artinya. Dan, tentu, saya tidak akan berkomentar. Dan Pak Budiarto menulis d(i)skiminatif, yang memang saya sudah paham artinya. Kalau salah ketik, sepertinya tidak mungkin, karena letak huruf “I” dan “e” di keyboard, sangat jauh. Tapi, koq malah saya yang berkomunikasi dengan Pak Budiarto ya? Yang menulis d(e)skriminatif sendiri koq tidak memberikan klarifikasi? Saya hanya ingin tahu arti kata baru (deskriminatif) yang saya belum paham artinya.

  5. SSID elektro free. Saya dan teman-teman selama ini hanya bisa mengakses halaman google, lalu untuk masuk ke halaman yg ingin dicari, banyak web yg tidak bisa diakses.

  6. @diding, yang dimaksud diskriminatif oleh pak FAUL saya kira sangat mudah dimengerti, yakni tidak ada perlakuan berbeda antar fakultas di UM, di FS di FT dan di Fakultas maupun unit lain, akses internet dilayani sama tanpa perbedaan. Ikut menanggapi tulisan sdr. NOVI ADI. Akses internet dari Pusat TK sudah didistribusikan, sedangkan pengelolaan WIFI selama ini selain yang dikelola oleh Pusat TIK, juga ada yang dikelola oleh Fakultas masing-masing, disini peran teknisi maupun tenaga IT di Fakultas tersebut bisa melakukan pengaturan kecepatan, memfilter content, hal ini bergantung kebijakan pimpinan masing-masing. Inilah yang sedang dipersiapkan oleh Pusat TIK yang secepatnya akan dilaksanakan, yakni pengelolaan hotspot akan ditertibkan, dan hanya akan dilayani oleh Pusat TIK serta bisa diakses di semua wilayah kampus UM, termasuk yang di PP2 sawojajar, maupun PP3 Blitar. Juga telah dipersiapkan fasilitas LOGIN seperti yang anda sampaikan. Hanya yang berhak yang bisa menggunakan fasilitas hotspot ini. Demikian informasi dari saya, sebatas yang saya tahu dan mengerti, semoga membantu.

    BUDIARTO, FIP

  7. (1) mohon mas novi bisa menyebutkan SSID dari wireless yang dipakai untuk akses dan digedung mana mas novi akses sehingga kami mudah menelusuri permasalahannya,dan perlu diketahui juga SSID wireless yang disetting oleh pusat TIK selalu diberi nama “unit/jurusan-PTIK” misal: sipil-PTIK, jadi kalo SSID nya berubah berarti jurusan sendiri yang mengatur akses wirelessnya.
    (2)sampai saat kami di pusat TIK tidak pernah memblokir situs apapun kecuali situs yang dilarang oleh DEPKOMINFO seperti pornografi, dan kami juga telah mencoba mengakses http://www.codecademy.com/ dan hasilnya “BISA DIAKSES”.
    (3)kami sudah mengembangkan login page buat user yang mau mengakses internet dengan menggunakan “Username dan Pasword” sama dengan SIAKAD, yang baru dari 3 bulan kemaren sampai sekarang kami uji cobakan di depan pusat TIK dan beberapa bulan kedepan akan kami fungsikan di seluruh UM.
    (4) Segala bentuk laporan dan masukan masalah jaringan UM, anda bisa langsung menemui atau menghubungi kami di PUSAT TIK UM.

    terima kasih

    fahmi
    Pusat TIK

  8. @Novi Adi

    Pada umumnya fasilitas internet bisa dipergunakan oleh semua civitas akademika UM, jika ada perlakuan khusus atau kendala yang terjadi di lapangan, mohon bisa ditanyakan kepada teknisi Fakultas atau penanggung jawab TI di unit masing-masing, sehingga masalah segera bisa terdeteksi dan segera diperbaiki.
    Untuk Wifi di Fakultas Sastra, tidak ada perlakuan deskriminatif diskriminatif, semua berbagi pakai fasilitas internet.
    Skenario pengaturan WiFi oleh Universitas juga telah disiapkan PTIK/Pokja IT UM, antara lain penataan seluruh Hotspot internet di kampus, Single Identity dan Single Sign On untuk meminimalkan kebocoran akses internet, keamanan, dan pemerataan pemakaian.

    >>Faul, Fakultas Sastra

  9. banyak yang perlu dibenahi di UM termasuk salah-satunya Wifi.
    di beberapa tempat agak lambat koneksinya untuk melakukan browsing internet. tetapi, beberapa mahasiswa justru mengantisipasi dengan mecari di daerah mana yang koneksi internetnya lumayan cepat (seperti yang saudara kemukakan).
    dan saya kira, Wifi tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal. terlebih, mahasiswa sekarang sudah hampir semuanya mempunyai modem. dengan banyak kecanggihan teknologi, saya kira, hal seperti ini cukup bisa diantisipasi sendiri.

Komentar ditutup.