[SELESAI] Siakad dan Konversi Minyak Tanah ke LPG

Membaca komentar mahasiswa dan mendengar pendapat beberapa kolega tentang siakad, saya teringat program konversi minyak tanah ke LPG. Pada saat program konversi dicanangkan, terjadi kegaduhan yang luar biasa di masyarakat dan elit politik. Masyarakat dan elit politik merespon beragam. Sejauh yang saya baca di media massa, sebagian besar mereka tidak setuju dengan program itu. Banyak alasan yang di kemukakan, diantaranya rakyat dianggap belum siap, infrastruktur belum memadai, tabung 3 kg belum ada, rentan terjadi penyelewengan, dan masih banyak alasan yang sejenis.
Apa yang terjadi ketika konversi benar-benar dijalankan? Ketika awal-awal program tersebut dijalankan memang banyak terjadi kekurangan, misalkan di beberapa daerah ada rumah terbakar yang disebabkan tabung gas meledak, terjadi antrian pembelian LPG dikarenakan terbatasnya stok tabung gas, kegugupan sebagian kecil masyarakat akan budaya baru ini. Yang menarik, semua kekurangan itu seakan menjadi amunisi bagi kelompok yang tidak setuju untuk menyerang pemerintah. Sedikit sekali yang memberikan komentar konstruktif, kecuali hanya caci maki. Kelompok yang tidak setuju benar-benar tidak memberikan ruang bagi pemerintah untuk mengevaluasi. Untungnya, waktu itu pemerintah mempunyai wakil presiden yang cukup punya nyali, Bapak Yusuf Kalla, sehingga program konversi tetap dijalankan dengan dilakukan perbaikan.
Sekarang, setelah beberapa tahun program konversi berjalan, rakyat mendapatkan banyak manfaatnya. Negara banyak menghemat devisa.
Begitu juga dengan program siakad, sejak awal di sosialisasikan, saya berpendapat program ini sangat bagus dan akan mempermudah kerja banyak orang (termasuk saya yang malas ke kampus he…). Akan tetapi tidak semua sependapat dengan saya. Ada beberapa yang tidak setuju (mungkin lebih tepatnya ragu) dengan berbagai macam alasan. Diantaranya, program ini dianggap akan mendehumanisasi hubungan dosen dan mahasiswa, terlalu ribet, apakah sistemnya siap dan sejenisnya.
Bagi sebagian civitas yang tidak setuju (ragu), momen entri nilai (DNA) dan KRS mahasiswa merupakan momentum yang tepat membuktikan ketidaksetujuan (keraguan) itu. Kebetulan, pada saat entri nilai dan KRS ada masalah pada siakad, diantaranya susah diakses. Maka meledaklah semua komentar itu di rubrik SUARA KITA dan BERKARYA. Bagi saya, semua itu hal yang wajar saja, setiap sistem yang dirancang pasti ada kelemahan. Mungkin, by design, semua itu sudah di prediksi. Akan tetapi, kadangkala kondisi lapangan diluar prediksi kita, misalkan, ada kabel putus, listrik mati atau bisa jadi operatornya sakit he…….
Makadari itu, mari kita beri kesempatan untuk TIM TIK memperbaiki semua itu dengan memberikan kritik yang membangun. Saya berkeyakinan, jika program ini konsisten, insyallah akan mebawa kebaikan bagi UM DAN CIVITAS AKADEMIKNYA. SEMOGA UM SEMAKIN JAYA

Moch Syahri

Moch Syahri adalah Pembina Paket Jurnalistik pada Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

4 tanggapan untuk “[SELESAI] Siakad dan Konversi Minyak Tanah ke LPG

  1. @GUNTUR WASESO
    (1) SEMUA DNA YANG BELUM MASUK AKAN KAMI BUKA KEMBALI PADA HARI KAMIS, 10 JANUARI 2013, PUKUL 00. MENUNGGU MODIFIKASI BERJALAN, SUPAYA TIDAK BENTROK.
    (2) PADA DASARNYA, BKD BELUM KAMI BUKA SECARA RESMI, PAK. YANG LALU DIBUKA ITU HANYA UNTUK UJI COBA. KAMI MASIH AKAN KOORDINASI DENGAN SATUAN PENJAMINAN MUTU.
    (3) JENIS FILE DAN HAL-HAL TEKNIS LAINNYA AKAN KAMI INFORMASIKAN LEBIH LENJUT MELALUI SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI BKD ONLINE. KAMI BELUM MEMBERIKAN INFORMASI APA PUN TERKAIT DENGAN BKD.

  2. Mohon saya dibantu info solusinya:
    1. Saya ingin mengentri DNA Skripsi tetapu telah ditutup. Nilai skripsi memang terlambat saya terima dari dewan penguji. Bagaimana solusinya?
    2. Pelaporan BKD Semester Gasal 2012-2013 juga sudah ditutup tanggal 31 Desember 2012. Sebelum itu, saya mencoba mengisi BKD itu, tetapi mengalami kesulitan meng-upload buktinya. Menurut penjelasan dari petugas di FIP, bukti kinerja harus dalam bentuk file JPG dengan size kecil. Sayangnya hal itu tidak dijelaskan sewaktu sosialisasi di Gedung A3. Saat ini saya masih berusaha melakukan scan bukti kinerja dengan cara yang dianjurkan oleh petugas.
    Apakah pengisian BKD tidak diberi kesempatan ke-2?
    3. Kami mengusulkan ada kesempatan lagi untuk mengentri DNA, BKD, dsb.
    Terima kasih.

  3. @SYAHRI
    (1) TERJADI KEMACETAN PADA JUMAT, 3 JANUARI 2012, MENJELANG PUKUL 15.00 KARENA PERMINTAAN PERPANJANGAN PENYERAHAN DNA ONLINE SAMPAI DENGAN JUMAT, 3 JANUAIRI 2012, PUKUL 15.00, YANG SEMESTINYA DITUTUP KAMIS, 3 JANUARI 2012 PUKUL 24.00.
    (2) AKIBATNYA, KAMI BELUM SEMPAT REKONSILIASI DATA, MAHASISWA SUDAH TERLANJUT LOGIN JUMAT, 4 JANUARI 2012 PUKUL 15.00. KERENA MASIH DALAM PROSES REKONSILIASI, SEBENARNYA MEMANG BELUM KAMI BUKA SIAKAD. KAMI SULIT MENGUMUMKAN KARENA SUDAH TERLANJUR RIBUAN YANG MENCOBA LOGIN.
    (3) JUMAT, 5 JANUARI 2012 PUKUL 20.00 BAR REKONSILIASI DATA SELESAI, DAN PADA SAAT ITU BARU BISA BERJALAN LAMBAT.
    (4) SABTU, 5 JANUARI 2012 PUKUL 13.OO MULAI BERJALAN NORMAL.
    (5)MASUKAN UNTUK PENJADWALAN TIAP FAKULTAS DAN PELAKSANAAN KEGIATAN SECARA SERIAL (EVALUASI PBM, DNA ONLINE, DAN KRS), BUKAN PARALEL KAMI PERTIMBANGKAN. TENTU SAJA KETATAAN PADA JADWAL SANGAT PENTING DARI SEMUA PIHAK (JADWAL KULIAH, PENYERAHAN DNA TEPAT WAKTU, DLL)
    TERIMA KASIH DUKUNGAN PAK SYAHRI DAN SEMUA PIHAK. SEMOGA YANG AKAN DATANG BISA LEBIH BAIK LAGI.

Komentar ditutup.