[selesai] JOSSEA 2103: Mahasiswa Bidik Misi UM Seminggu Keliling Jogja-Jateng

Peran mahasiswa dalam mewujudkan ASEAN Community 2015 sangat penting. Seperti yang diatakan sebuah jargon populer: “Mahasiswa, Agent of Change”. Hal ini dikarenakan mahasiswa bukan lagi sebagai partisipan pasif yang hanya menjadi objek dari kebijakan para pemimpin ASEAN, melainkan juga sebagai subjek. Hal itulah yang melandasi diadakannya kembali forum mahasiswa Internasional se-ASEAN. Forum yang bernama Join Opinion Solving for South East Asia (JOSSEA) itu diselenggarakan oleh ASEAN Student Organization Network (ASONe) bersama BEM KM UGM yang didukung oleh ASEAN Foundation pada 21-26 Januari 2013 di Yogyakarta. Dalam serangkaian kegiatan yang bertemakan Ecotourism, Nuclear Energy dan Environment tersebut seorang mahasiswa Bidik Misi dari Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Rafendra Aditya Rahman, berkesempatan menjadi delegasi Universitas Negeri Malang tercinta ini bersama dengan 28 delegasi dari berbagai perguruan tinggi se-ASEAN.

Kegiatan dikemas sangat unik selama 7 hari (6 hari aktif) berlangsung di beberapa tempat di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Diawali Opening Ceremony pada malam hari pertama (21/1) di café terbuka Indraloka Homestay dengan cuaca hujan deras. Bapak Rektor UGM, Presiden Mahasiswa UGM, Sekretaris Jenderal ASONe, dan Pendiri ASONe memberikan sambutan kepada para delegasi. Dalam pidatonya, Bapak Pratikno, Rektor UGM menyampaikan bahwa forum seperti ini sangat penting untuk mempersatukan ASEAN dan mewujudkan cita-cita ASEAN: ASEAN Community 2015. Bhima Yudistira, pendiri ASONe, mengatakan “ASEAN be The One!” Opening Ceremony ditutup dengan penerbangan balon oleh Bapak Pratikno dan welcome dinner yang sekaligus sebagai sesi berakrab ria para delegasi. Beberapa delegasi menyatakan sangat mengapresiasi kehadiran Bapak Rektor.  “Kehadiran Bapak Rektor ‘WOW’ banget! Apalagi beliau turut berakrab ria dengan para delegasi selayaknya mahasiswa, bahkan turut angkat-mengangkat kursi” ungkap Rizky, delegasi dari Tadulako University.

Acara berlanjut dengan kunjungan ke Badan Nasional Tenaga Nuklir (BATAN) di hari kedua. Disana para delegasi melihat secara langsung reaktor nuklir yang selama ini hanya dapat dilihat dan dibayangkan dari televisi. Lalu perjalanan berpindah ke Desa Wisata Tembi dengan kegiatan talk show tentang nuklir dan membatik. Para delegasi pun beramah-tamah dengan warga dan beberapa ikut merasakan serunya panen buah rambutan. Malam harinya digelar GOST (Group of Solving Topic) untuk mendiskusikan ketiga topik dalam grup kecil. GOST digelar tiga kali setiap malam sampai pukul 23.00.

Waktu terus bergulir dan kegiatan terus berpindah-pindah tempat. Delegasi mengunjungi TPA Piyungan Sleman untuk melihat pengolahan sampah padat, Desa Wisata Brayut untuk belajar Tari Tradisional dan menanam padi, Museum Ullen Sentalu sekaligus menengok keadaan Gunung Merapi paska erupsi.

Pada hari kelima, kegiatan inti yang ditunggu-tunggu pun dimulai. International Seminar di Auditorium Fakultas Ilmu Budaya dan International Conference JOSSEA 2013 yang bertempat di University Club (UC) UGM, sekaligus bermalam di UC UGM. Konferensi yang dijadwalkan selesai pukul 6 sore tersebut molor 3 jam lebih hingga pukul 10 malam karena begitu antusiasnya para delegasi sehingga banyak termin debat dan diskusi berantai. Keesokan harinya city tour ke Candi Borobudur dan Malioboro. Malam harinya delegasi bermalam di Rumah Dinas Rektor UGM, diluar agenda, karena atas instruksi langsung dari Bapak Rektor sekaligus sebagai hadiah bagi para delegasi. “Sesuatu yang sangat sesuatu banget,” kata Della, delegasi Bogor Agricultural University.

Akhir kegiatan ini ditutup dengan closing ceremony dan penandatanganan deklarasi. Diselinggi dengan peformace art dari masing-masing negara. Para delegasi berpelukan dan menitikkan air mata, karena kebersamaan akan segera berakhir. “JOSSEA 2013 boleh berakhir, tapi semangat kami untuk ASEAN tiada akhir. ASEAN be The One!”

 UPCOMING EVENT of ASNONe: ICAYL #4 (International Conference of ASEAN Young Leader) November 2013, Cambodia.

Rafendra Aditya Rahman

CO of EMAS (Ecotourism Movement of ASEAN Student) at ASONe (Asean Students Organization Network)

CO of Human Resources and Public Relation Department of FORMADIKSI UM

Teknologi Pendidikan FIPUM 2011

fb: facebook.com/rafendra.ar | tw: @rafendraAR

p.s. Dari event internasional ini saya mendapat banyak hal yang sangat berharga. Bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa hebat se-ASEAN, bertemu dengan ‘agent of change’ sejati. Kami berasa seperti saudara dengan similar passion. Memang saya mengorbankan satu minggu kuliah, tapi itu bisa saya kejar. Tapi mereka tidak dapat mengejar apa yang telah saya peroleh dari event ini. Keseluruhan funding event ini saya memakai tabungan pribadi saya, tapi semua telah terbayarkan dengan sangat amazing. Harapannya, UM dapat memfasilitasi mahasiswanya untuk event serupa. Om santi santi santi om.

Rafendra Aditya Rahman

Penggila mimpi yang gila mewujudkan mimpi :) ASEAN be The ONE! Scout-er | RedCross-er | Environmental Activist