Pengembangan layanan informasi

Kebutuhan dan tuntutan terhadap layanan informasi berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Layanan informasi yang bersifat terkini, akurat, dan lengkap sangat diperlukan untuk mendukung sebuah sistem yang dinamis. Terkait dengan layanan informasi berbasis Web, terdapat dua hal yang senantiasa harus dibuat dinamis yaitu sarana dan isi informasinya.

Sarana dalam layanan informasi berbasis Web meliputi antara lain halaman web, sistem informasi, email, blog, sistem e-learning, dan halaman web pribadi. Pengembangan sarana-sarana ini telah dimulai sejak Agustus 2008 dan terus dilakukan perbaikan-perbaikan dengan memperhatikan masukan dari berbagai pihak. Meskipun dengan segala keterbatasan yang masih ada, Pusat TIK akan berusaha untuk mengakomodasi masukan, saran, dan kritikan. Oleh karena itu segala bentuk masukan baik dari warga UM maupun dari luar warga UM sangatlah diharapkan.

Informasi yang disajikan melalui Web harus senantiasa diperbaharui mengikuti dinamika sistem yang sesungguhnya sedang berlangsung dalam tubuh organisasi UM. Seluruh unit kerja dan sivitas akademika UM merupakan sumber informasi-sumber informasi yang sangat kaya. Permasalahan mungkin akan muncul pada saat pemuatan informasi tersebut ke halaman web. Pusat TIK memfasilitasi pemuatan informasi tersebut dalam kontek penyediaan ruang pada halaman web dan melatih tenaga untuk melakukan pemuatan. Permasalahan lain adalah terkait dengan tidak tersedianya sambungan komputer dengan Pusat TIK atau dengan Internet. Untuk mengatasi hal ini Pusat TIK telah menyediakan beberapa komputer yang dapat digunakan untuk melakukan pemuatan dan pemutakhiran informasi pada halaman Web. Fasilitas layanan informasi yang disediakan oleh UM melalui Pusat TIK tidak akan bermanfaat dan berkembang jika tidak diisi dengan data-data yang terkini, akurat, dan lengkap.