[selesai] ADA APA DENGAN PASCASARJANA?

Alhamdulillah serangkaian kegiatan penataan kelembagaan di Universitas Negeri Malang berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2012 tanggal 7 Mei 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Universitas Negeri Malang telah mencapai 90% tinggal 10% yang belum terselesaikan.
Perangkat organisasi kelembagaan yang menjadi tuntutan OTK telah dipenuhi termasuk mutasi pejabat sturuktural dan pelaksana administrasi telah dilakukan dan berjalan dengan dapat dikatakan baik. Namun masih meninggalkan sisa satu pekerjaan yang belum dilaksanakan yaitu penyelenggaraan Pascasarjana monodisipliner yang secara tegas ditulis dalam OTK dan Statuta dilakukan oleh jurusan dan fakultas.
Fakultas Pascasarjana berubah menjadi Program Pascasarjana pada akhir tahun 90-an mengisyaratkan agar penyelenggaraan program S1, S2, dan S3 terdapat sinkronisasi kurikulum dan penyelenggaraannya. Namun sampai saat ini menjelang penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 belum ada tanda-tanda perubahan, ada apa? Apakah jurusan masih dianggap belum mampu dan hanya mampu mengelola S1 saja? Atau apa? Pengambil kebijakan yang tahu jawabannya.

Kusmain FMIPA UM

6 tanggapan untuk “[selesai] ADA APA DENGAN PASCASARJANA?

  1. @ALFEYAH
    Silakan baca Pendaftaran Mhs. Baru S2/S3 Smt. Gasal 2013/2014 di Rubrik Pengumuman halaman depan web ini.
    Terima kasih.

  2. Pak kusmain,salam kenal. Saya adalah guru sma di jember berencana ambil pasca di um. mohon dibantu informasi jadwal kuliah pasca sarjana prodi kimia.trimakasih

  3. Pak dawud,salam kenal. Saya adalah guru sma di jember berencana ambil pasca di um. mohon dibantu informasi jadwal kuliah pasca sarjana prodi kimia.trimakasih

  4. Terima kasih Pak Kusmain, yang telah menggugah kesadaran kita bersama untuk konsisten dengan peraturan yang berlaku (OTK dan Statuta UM). Jurusan Sastra Indonesia telah sangat siap untuk mengelola program S1, S2, dan S3. Kurikulum, perkuliahan, sumber daya manusia (guru besar 12 orang) semuanya telah siap untuk dilaksanakan dengan baik. Oleh karena itu, saya mengajak semua pimpinan UM, mulai dari Ketua Jurusan (yang memiliki S2 dan S3), Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Rektor untuk menindaklanjuti pengelolaan S2 dan S3 yang monodisiplin ke dalam Fakultas yang relevan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jangan sampai OTK dan Statuta hanya menjadi dokumen kurang bermakna karena tidak dilaksanakan secara maksimal. Semoga semangat kita yang sedang menyala-nyala untuk berbuat yang terbaik untuk lembaga segara mendapat sambutan semuanya.

    Terima kasih,
    Suyono

  5. @ Kusmain n @ m diantoro, matur suwun telah memberikan pencerahan dan semoga mendapat perhatian dari para pengambil kebijakan.

  6. Salut untuk P Kusmain yang mencermati kelembagaan kita, khususnya pada kasus Pascasarjana UM.
    Tampaknya sudah waktunya UM melakukan yang seharusnya. Apakh itu?
    1. Berdasarkan alasan administrasi, sesuai OTK semestinya S1, S2, S3 adalah bagian dari satuan kelembagaan Fakultas.
    2. Berdasarkan terminologi, hirarki, dan nomenkalsi (nomenkatur) keilmuan, sudah sewajarnya S1, S2, S3 berdasarkan keilmuan tersebut. Bukan pada penggelompoka tingkat atau level. Jika kita cermati di lembaga yang sudah mapan sudah melaksanakan sistem ini.
    3. Berdasarkan penyiapan yang sudah dilakukan UM sejak tiga tahun lalu, Dekan, Kajur diberi syarat tambahan yaitu bergelar doktor dengan maksud menyiapkan integrasi S1, S2, S3.
    Menurut pandangan saya, sudah waktunya UM mendudukkan yang sebenarnya dan Melakukan yang sudah direncanakan. Rencana elegan ini perlu diikuti dengan Langkah elegan, dan sudah sepatutnya bahwa integrasi pascasarjana yang satu disiplin (mono disiplin) menjadi satu kesatuan di Fakultas. Selain yang itu, (multi disiplin) ditangani di Pascasarjana.
    Selain berdasarkan tiga alasan tersebut,pelaksanaan teknis pemakaian ruang, laboratorium dan tenaga juga sudah seharusnya ditata satu atap, satu sistem. Bukan tumpang tindih.
    Kita tunggu langkah strategis ini terlaksana dalam waktu sangat dekat.
    Semoga UM menjadi lebih JAYA.
    alasan lain….tidak tahu.
    Amin.

Komentar ditutup.