[selesai] BEBAS ASAP DAN HIRUK PIKUK Menuju KAMPUS SEHAT: Kampus Dambaan

Siapa saja yang pada hari ini masuk ke Universitas Negeri Malang merasakan situasi yang berbeda dari hari-hari sebelumnya. Situasi di dalam kampus tampak rapi, bersih dan tidak ada lalu lalang kendaraan. Nyaman dan fresh. Dalam rangka memperingati Hari Bumi 2013 Ormawa UM menggelar gerakan bersama satu hari bebas asap kendaraan bermotor di dalam kampus. Surat Edaran yang ditandatangani oleh Rektor UM mengiatur sentra2 parkir yang feasible sehingga di dalam Kampus benar-benar bersih dari kendaraan bermotor.

Pemandangan lalu lalang pejalan kaki para dosen, mahasiswa dan pegawai yang secara leluasa berjalan dengan tenang bisa kita saksikan di area kampus.

Jika gerakan satu hari bebas asap ini dievaluasi lebih banyak manfaatnya, tidak ada salahnya segera diterapkan. Jika menunggu sempurnanya sarana prasarana yang diperlukan, kemungkinan besar malah tidak akan bisa dilaksanakan karena pada dasarnya sesuatu yang dibuat manusia tidak ada yang sempurna. Kekurangan sarana prasarana bisa dilengkapi sambil berjalan.

Tulisan ini pendapat pribadi, monggo silakan berpendapat.

Fatmawati, Bagian Kerjasama dan Humas

4 tanggapan untuk “[selesai] BEBAS ASAP DAN HIRUK PIKUK Menuju KAMPUS SEHAT: Kampus Dambaan

  1. Sebetulnya banyak juga mahasiswa UM yang merasa senang dengan kondisi kampus tadi pagi. Selain udara ditengah kampus terasa lebih sejuk, juga tidak terdapat kebisingan dari suara mesin kendaraan pada jam aktif kuliah, hanya saja kalau ingin diterapkan seharusnya pelayanan parkir termasuk tempat parkir dan pengamanan lebih dtingkatkan lagi. Untuk kedepannya mungkin bisa disediakan juga persewaan sepeda kayuh bagi yang tergesa bila datang agak terlambat, hehehe..
    Yah, untuk awalnya bolehlah diterapkan satu bulan sekali sembari memperbaiki sarana parkir dan sebagainya..
    Saya sangat setuju dengan gerakan seperti hari ini, sebelum memulai menimba ilmu juga bisa berolahraga dengan berjalan kaki menuju gedung kuliah..
    Suatu langkah positif, LAN JUT KAN !!!

  2. Rasanya beda aja bu, bagi pejalan kaki seperti saya sangatlah nyaman berada di kampus untuk hari ini, tidak ada lalu lalang kendaraan di jalan. Saya sangat setuju dengan saran cak imam diatas, semoga dapat segera diirealisasikan kegiatan ini secara berkala setelah dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaannya td siang. Hal positif seperti ini pastinya akan juga mendapat respon yg baik dr warga UM. Namun setiap saran dan kritik yg masuk haruslah ditampung agar pelaksanaan kedepan jauh lebih baik.

  3. @Fatmawati, saya sangat setuju sekali untuk diterapkan secara rutin. Seperti program “car free day”, namun pelaksanaannya untuk sementara bisa sebulan sekali. Kalo infrastruktur sudah memadai bisa seminggu sekali. Bisa juga beberapa ruas jalan saja yang tidak boleh dilewati kendaraan bermotor. Seperti jalan yang mengapit Masjid Al-Hikmah, disebelah barat dan timur masjid, sepertinya bisa diterapkan. Terus terang saya merasa nyaman dengan kondisi saat acara memperingati hari bumi di kampus kita tercinta. Walaupun waktunya ngajar pagi di gedung D9 (lab sipil) tetapi karena masuk dari gerbang jl. Surabaya, ya dapatnya tempat parkir di sebelah selatan gedung C1. Lumayan untuk jarak jalan kakinya. Terima kasih untuk para penyelenggara acara, semoga lebih sering diadakan dan sukses selalu.

Komentar ditutup.