[selesai] SEMINAR NASIONAL PERAN STRATEGIS BK | 2 JUNI 2013

Latar belakang

Kualitas pendidikan merupakan salah satu indikator kemajuan sebuah bangsa dan negara. Melalui pendidikan yang berkualitas pula, karakter warga negara dibentuk.  Karena itulah maka Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui beragam pembaharuan penyelenggaraan pendidikan. Kurikulum 2013 menjadi salah satu bentuk upaya pembaharuan pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah. Ide cerdas kurikulum 2013 dimaksudkan untuk mengembangkan karakter peserta didik agar menjadi insan-insan yang kompetitif dan berkarakter positif.

Hal baru yang ada dalam Kurikulum 2013 adalah peminatan bidang ilmu bagi siswa SMA dan SMK. Peminatan pada SMA bersifat lentur, sedangkan di SMK bersifat fix. Bagi siswa SMA, peminatan dilakukan lebih awal yaitu semenjak kelas X atau tahun pertama. Peminatan pada hakikatnya adalah metamorfosa dari penjurusan yang ada pada kurikulum sebelumnya. Peminatan bertujuan memberikan ragam pilihan bagi siswa agar potensi dan minatnya dapat optimalisasikan disamping minat utamanya. Dampak dari peminatan ini tidak saja terhadap pelaksanaan pendidikan di Sma/SMK, tetapi juga pada peran guru bimbingan dan konseling di SMP.

Bertumpu pada konsep tersebut maka peminatan di SMA dan SMK merupakan amanah baru bagi seluruh personil dan pemerhati pendidikan khususnya praktisi dan akademisi bimbingan dan konseling serta stake holder. Pola peminatan menuntut peran bimbingan dan konseling di SMA yang lebih intensif, proaktif dan progresif dalam memfasilitasi proses peminatan siswa agar sesuai dengan potensi dan minatnya.

Dalam tahap awal penerapannya, pola ini tentu perlu dipersiapkan dengan matang agar dapat terselenggara dengan baik. Karenanya, konsep ini perlu dipahami secara cermat dan komprehensif. Bagaimana ide pokok peminatan di SMA dan SMK dan kaitannya dengan pengembangan potensi peserta didik akan dibahas tuntas dalam seminar ini.

Tujuan:
1. Mengkaji hakikat peminatan dalam konteks kurikulum 2013
2. Mengkaji penyiapan peran dan fungsi guru BK
3. Mengkaji kiat sukses pengembangan potensi peserta didik dalam kurikulum 2013

Tema Kegiatan
Program peminatan dalam kurikulum 2013: kebijakan pengembangan dan implementasinya di sekolah serta peran strategis bimbingan dan konseling

Narasumber:
1. Surya Dharma, M.Pa. Ph.D (Direktur Pembinaan PTK Dikmen, Kemdikbud)
2. Prof. Dr. Mungin Edy Wibowo, M.Pd. (Ketua ABKIN, Dosen UNNES)
3. Dr. Muh. Farozin, M.Pd. (Pengembang Naskah Peminatan, Dosen UNY)
4. Prof. Dr. Abdul Munir, M.Pd. (Ketua Divisi IIBKIN, Dosen UNIMED)
5. Dr. M.Ramli, M.A. (Dosen UM)

Peserta:
Kegiatan ini terbuka bagi:
1. Kepala sekolah SMA dan SMK
2. Para Akademisi bimbingan dan konseling
3. Guru BK di sekolah
4. Pemerhati bimbingan dan konseling

Pelaksanaan
Minggu, 2 Juni 2013
Aula A3 UM

Kontribusi:
Mahasiswa S1 : Rp 50.000,-
Mahasiswa S2/S3 : Rp 75.000,-
Guru/Umum : Rp 150.000,-

Registrasi Peserta:
Jurusan BK FIP UM, Jalan Semarang 5, Malang
Gedung E2 Lantai 2, Telepon 0341 588100/588099

Pembayaran via transfer ke:
BRI Cabang Malang No. 3127-01-015247-53-1
a.n. Devi Permatasari

Contact Person:
Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes 08123351318
Devi Permatasari, S.Pd. 085649951233

3 tanggapan untuk “[selesai] SEMINAR NASIONAL PERAN STRATEGIS BK | 2 JUNI 2013

  1. Bertumpu pada konsep tersebut maka peminatan di SMA dan SMK merupakan amanah baru bagi seluruh personil dan pemerhati pendidikan khususnya praktisi dan akademisi bimbingan dan konseling serta stake holder.

  2. Siti Lukmiati, S.Pd, Guru BK SMAN 1 Garum Blitar Jl. Raya Bence Garum Blitar.
    Kami mohon untuk mengirimkan undangan resmi ke lembaga/sekolah, karena kami selaku ketua MGBK ada sekolah yang minta undangan secara resmi. Trima kasih.

Komentar ditutup.