[selesai] PERINGKAT WEBOMETRICS JULI 2013

Sekedar info. Peringkat Webometrics bulan Juli 2013 untuk peringkat 1 sampai dengan 10 PT di Indonesia: 1. Institute of Technology Bandung, 2. Universitas Gadjah Mada, 3. University of Indonesia, 4. Universitas Padjadjaran, 5. Gunadarma University, 6. Brawijaya University, 7. Bogor Agricultural University, 8. Petra Christian University, 9. Airlangga University, 10. Diponegoro University

Untuk periode Juli 2013, UM berada pada peringkat 23 Indonesia, peringkat 93 Asia Tenggara, dan peringkat 2.384 Dunia. Peringkat UM untuk periode Juli 2013 jauh merosot jika dibandingkan dengan peringkat bulan Januari 2013. Perhitungan untuk empat aspek yang dinilai oleh Webometrics untuk UM adalah: Presence 674, Impact 1616, Openness 70, dan Excellence 4440.

3 tanggapan untuk “[selesai] PERINGKAT WEBOMETRICS JULI 2013

  1. @dawud
    Pak Dawud, saya setuju dengan Anda, perlu upaya untuk menstabilkan peringkat Webo UM. Metodologi untuk pemeringkatan Webo sudah banyak berubah tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dan metodologi pemeringkatan Webo meliputi berbagai faktor baik itu berasal dari internal PT maupun dari ekternal PT. Saat ini hampir tidak mungkin untuk mengdongkrak peringkat Webo dilakukan dengan cara “rekayasa yang manipulatif”, yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan strategi yang benar dan alamiah dan apa adanya sebagaimana pendapat Anda. Tetapi tetap membutuhkan “strategi”.

    Jika dianalisis secara sederhana dari hasil pemeringkatan Webo periode Juli 2013 yang masih dirasa kurang untuk UM adalah pada Excellence rank dan Impacrt rank. Kedua aspek tadi tidak semata-mata bersifat teknis karena banyak ditentukan faktor ekternal dari PT. Sementara untuk Presence rank dan Openness rank UM relatif sudah cukup bagus khususnya untuk Openness rank UM berada pada peringkat 70. Kedua aspek terakhir ini lebih bersifat teknis karena yang dihitung adalah jumlah halaman web dan jumlah rich files (pdf, doc, docx, ppt).

    Semoga semua pihak bersemangat lagi untuk menaikkan peringkat Webometrics UM.

  2. @darmono
    Benar Pak Darmono. Inilah perkembangan peringkat webometrics UM 2 tahun terakhir:
    (1) Januari 2012 peringkat ke-14
    (2) Juli 2012 peringkat ke-16
    (3) Januari 2013 peringkat ke-12
    (4) Juli 2013 peringkat ke-23

    Namun, sebagai perbandingan, sebagai sesama eks LPTK, peringkat tertinggi selain UM adalah sebagai berikut.
    (1) Januari 2013 Universitas Negeri Semarang peringkat ke-15
    (2) Juni 2012 Universitas Pendidikan Indonesia peringkat ke-5
    (3) Januari 2013 Universitas Pendidikan Indonesia peringkat ke-15
    (4) Juli 2013 Universitas Pendidikan Indonesia peringkat ke-12

    Dari data tersebut, (a) UM masih pada peringkat kedua untuk eks-LPTK; (b) peringkat UM belum stabil.
    Perlu kerja keras untuk menstabilkan peringkat, dengan catatan tidak perlu ada “rekayasa yang manipulatif”. Harus peringkat apa adanya. Murni, supaya stabil.

    Sampai dengan saat ini, kami dari tim IT masih konsentrasi penuh pada pengembangan untuk layanan prima UM. Mungkin baru mulai 2014 kami konsentrasi untuk peningkatan Sistem Informasi Publik, termasuk di dalam pemeringkatan, antara lain, webometrics.

    Mohon dukungan semua pihak, termasuk Pak Darmono.

Komentar ditutup.