[SELESAI] Kritik Saran Desain Website Baru UM 2013 Malang

Review Desain Website Baru UM 2013 Malang – Hai sahabat mahasiswa UM, sudah pada tau belum kalau website UM sekarang tampilan baru lo…. Belum ya? Na, kali ini coba kita review website baru UM.AC.ID dari segi desain, loading, dan navigasi tentunya. Halaman website sebelumnya yang sederhana dan proses loading yang cepat tentu menjadi hal yang sangat penting untuk di pertahankan pada halaman website baru ini.

Hasil review yang coba kita berikan masukan untuk desain baru website UM ini adalah sebagai berikut,

HEADER: Halaman website baru UM ini mengusung header yang besar dan lebar. Hal ini menjadi salah satu faktor loading website menjadi agak lambar dari website sebelumnya. Selain itu bulat-bulat pada slide foto yang merupahkan perwakilan dari masing-masing jurusan menjadi tidak nampak jelas dan menyulitkan pengunjung website dalam mencari jurusan di website UM.AC.ID

KONTEN BERITA: Kalau soal tampilan berita ini memang bagus dan elegan, yang perlu di berikan masukan adalah ukuran foto yang dijadikan hendaknya di usahakan sama sehingga tampilan jadi nampak menarik dan cantik.

AGENDA PENGUMUMAN DLL: Tampilan Agenda kali ini sangat bagus dengan jelas bentuk kalender dan tanggal. Lokasi pengumuman dan Agenda yang masih kurang lurus menjadikan kurang pas dan elegan. Selain itu layout arsip-arsip dibawahnya yang masih berantakan dan kurang tertata rapi.

FOOTER WEBSITE: Untuk footer website sudah bagus dan simple dalam memberikan navigasi ke beberapa sub situs dari website UM.

SARAN dan KRITIK: Website UM.AC.ID dengan tampilan baru ini tentu baik dan menjadi inovasi baru dalam website perguruan tinggi. Namun ada kiranya kita juga tetap memegang prinsip navigasi yang mudah dan jelas sebagai website dari perguruan tinggi yang mudah dan cepat dalam akses. Kenapa? Website kampus adalah website akademik yang tentu berisi informasi dan text yang di dominasi untuk kebutuhan mahasiswa. Semoga website baru ini menjadi kebanggan untuk kampus Universitas Negeri Malang dan mampu memberikan rasa bangga akan tampilan yang bagus dan juga konten website yang makin berkualitas.

Penulis: Mahasiswa TEP FIP UM 2009 – Dedi Mukhlas

Dedi Mukhlas

Seorang Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang Berkembang dari Mahasiswa TEP UM dan Bekerja Karena Kecintaan akan Lembaga Universitas Negeri Malang (UM). I Like Technology for Education | Master Konsultan Internet Pendidikan. Terima Kasih

4 tanggapan untuk “[SELESAI] Kritik Saran Desain Website Baru UM 2013 Malang

  1. @helmi
    (1) Benar yang Anda sebut sejumlah link belum sambung.
    (2) Sejumlah konfigurasi memang belum selesai.
    (3) Migrasi data base dari laman lama um.ac.id lama ke laman baru belum selesai. Perlu ketelitian dan kecermatan. Juga perlu waktu. Akibatnya, data-data dalam arsip juga belum bisa diakses. Untuk sementara, jika ingin lihat data-data arsip, silakan klik di laman lama.

    Terima kasih
    Supervisor Revitalisasi TIK
    Dawud

  2. Saya setuju dengan suara yang diposting oleh saudara Dedi. Selain itu juga, untuk link ke jejaring sosial resmi milik UM sepertinya masih tidak teratur. Saat saya mengklik link twitter di pojok kanan bawah situs baru ini, maka yang terlihat adalah suspended. Tolong dibenahi, apalagi banyak mahasiswa UM yang juga aktif di social network.

    Helmi A.
    Mahasiswa Fakultas Sastra

  3. (1) Masukann Pak Yoyok kami perhatikan dan kami diskusikan dengan teman-teman kemungkinan aplikasinya.
    (2) Menu Fakultas dan unit kerja kami letakkan di bawah untuk bisa mewadahi kepentingan mobile friendly.

    Terima kasih, Pak Yoyok.

  4. Sama seperti pendapat Saudara Dedi Mukhlas, bagian header, atau rotator terlalu besar ukurannya, sebab begitu terpampang maka seluruh screen langsung dipenuhi oleh header ini. Saran saya diperkecil menjadi separohnya.

    Saya usulkan sebaiknya bagian header diisi dengan hal-hal yang statis seperti visi dan misi UM, pengertian the learning university, prestasi, landmark UM (Graca), laboratorium, fakultas, jurusan, dan semacamnya, bukan dinamik berisi pengumuman cpns atau wisuda karena hal dinamik sudah ada tempatnya.

    Selain itu menu fakultas yang ditandai bulatan seharusnya tampil semua, bukan tampil saat mouse melayang diatasnya, jadinya kita harus mencar-cari menu yang tepat. Mungkin lebih tepat menunya berupa menu bar dengan nama Fakultas disamping menu bar Direktori.

    Demikian sedikit urun rembug terhadap tampilan website baru UM.

    Yoyok Adisetio Laksono
    Dosen Fisika FMIPA UM

Komentar ditutup.